Menko PMK menargetkan penyaluran bantuan sosial 100% pada akhir Maret

Madiun (ANTARA) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menargetkan penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada keluarga penerima manfaat 100% pada akhir Maret 2022.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Muhadjir mengatakan dalam rangkaian kunjungan kerja ke Kabupaten Madiun Jawa Timur, penyaluran bantuan sosial berupa Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di seluruh tanah air kini telah mencapai 90%.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, penyaluran bansos harus dipercepat. Dalam kasus PKH, 90% capaian penyaluran saat ini ada di rekening penerima, tetapi hanya 80% penerima bansos yang harus memenuhi. Sesuai arahan Presiden, Presiden Pada awal Maret, bantuan sosial ini sudah ada.” Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir mengatakan, Jumat, saat memantau penyaluran bansos di Desa Ngadirejo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Wonoasri.

Baca juga: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan optimistis penyaluran bansos akan selesai pada Maret.

Menurut dia, untuk mengantisipasi lonjakan harga pangan dan inflasi saat ini, percepatan penyaluran bantuan sosial harus dipercepat.

“Kami juga selamat dari perang Rusia yang sedang berlangsung dengan Rusia sebagai akibat dan dampak dari COVID-19 yang sedang berlangsung, sehingga keluarga miskin ini dibebaskan dari beban dengan dukungan sosial yang lancar,” katanya.

Baca Juga:  Ada peringatan 'seram' tentang Omicron di Uni Eropa, apa itu?

Situasi saat ini merupakan hasil terbaik dari penyaluran subsidi sosial, yaitu lebih dari 90%, dan diharapkan dapat berjalan lancar sesuai rencana.”

Bupati Madiun Ahmad Dawami mengaku siap mendukung kelancaran penyaluran bansos bagi keluarga penerima manfaat di wilayah tempat tinggalnya.

Bupati Ahmad Dawami mengatakan, “Kami siap mendukung kelancaran penyaluran bansos di bawah arahan pemerintah pusat bersama instansi yang ditunjuk Pos Indonesia dan perbankan.”

Data menunjukkan, penyaluran bansos Kabupaten Madiun saat ini telah mencapai 98% dari 51.000 KK sasaran.

Sementara itu, dalam kegiatan pemantauan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir menyempatkan diri mengunjungi beberapa keluarga penerima manfaat dan berbincang tentang pembagian bantuan sosial. Warga mengaku senang mendapat bantuan, terutama di masa pandemi yang belum selesai ini, dan mereka menerima bantuan yang signifikan.

Selain memantau penyaluran bansos di wilayah Wonoasri dalam kunjungannya ke Kabupaten Madiun, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir juga menghadiri acara dies natalis online dan peresmian fasilitas kampus UNS oleh Presiden. Kabupaten Madiun di Jalan Imam Bonjol, Sumbersoko, Pandean, Kecamatan Mejayan, Republik Indonesia di Kampus PSDKU UNS. .

Menko Muhadjir juga berbicara dengan para pemangku kepentingan tentang percepatan stunting anak atau pengurangan stunting di Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun.

Baca Juga: Kemensos Terbitkan Petunjuk Teknis Percepatan Pembayaran Bantuan Sosial

Reporter: Louis Rica Stevani
Editor: Triono Subagyo
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Menko PMK menargetkan penyaluran bantuan sosial 100% pada akhir Maret

Dari Situs Fikrirasy ID