Hari ini kita akan belajar bagaimana mengamati gerhana bulan total.

  • Share

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Ini akan dilihat oleh para astronom dan pengamat langit amatir. gerhana bulan sebagian Hari ini, Jumat, 19 November 2021. Selama hampir enam abad, fenomena langit terpanjang ini dapat disaksikan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia.

Lembaga Penelitian Penerbangan dan Antariksa Nasional (baut) menjelaskan bahwa siapa pun dapat melihat gerhana bulan sebagian selama langit cerah di tempat mereka berada. Ini berarti bahwa pengamat harus menemukan lokasi yang tepat.

gerhana bulan Ini adalah fenomena di mana cahaya matahari terhalang oleh bumi dan tidak semuanya mencapai bulan. Gerhana bulan parsial terjadi ketika bagian dari piringan bulan memasuki umbra bumi (bayangan utama).

Di Indonesia, Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG) mencatat waktu dan fase gerhana bulan sebagian. Gerhana dimulai pada pukul 13.00 WIB atau pukul 14.00 WIB dan pukul 15.00 WIB, berlanjut pada fase bulan sebagian pada pukul 14.18 WIB atau 15.18 WIB dan 16.18 WIB, serta puncaknya pada pukul 16.02 WIB atau pukul 12 WIB dan 17.02 WIB.

Gerhana bulan sebagian ini akan berakhir pada pukul 17.47 WIB atau 18.47 WIB dan 19.47 WIB, serta gerhana matahari berakhir pada pukul 19.05 WIB atau 20.05 WIB dan 21.05 WIB. Gerhana bulan sebagian ini dimulai pada 18 Februari 1440, dengan durasi 6 jam 1 menit 29 detik, dengan total total terlama.

Pengamatan langsung, seperti melihat bulan purnama, dimungkinkan. Namun, alat seperti teleskop memungkinkan pengamat untuk secara langsung membandingkan timbulnya fenomena dengan kondisi setelah bulan purnama biasa.

Menggunakan teleskop akan lebih membantu pengamat untuk melihat kawah bulan. Jika ingin memotret dengan kamera, Anda bisa menggunakan jenis kamera apa saja, baik itu kamera digital, kamera mirrorless, atau kamera ponsel.

Baca Juga:  Tanggal pencetakan! Ini adalah astronot NASA kulit hitam pertama yang bergabung dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional

Gadget NDTV | sekrup | NPR

Baca:
Gerhana bulan sebagian besok, gerhana matahari akan segera muncul, catatan waktu

selalu memperbarui memperbarui. mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. perlu kamu lakukaninstalasi Pertama, aplikasi Telegram.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *