Fujian Toru, bangunan melingkar Cina yang dapat menampung hingga 800 orang

Pelajari tentang Fujian Tulu, rumah tradisional Tionghoa. Foto: Shutterstock
Cina Dikenal memiliki banyak bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Selain Tembok Besar China, Anda akan menemukan: bangunan unik Bentuk bulat menjadi ciri khas Tirai Bambu.

dilaporkan berita antik, bernama Fujian Tulou, unik karena bentuknya yang bulat, seperti benteng besar. Anda dapat menemukan panorama unik ini ketika Anda mengunjungi wilayah Fujian, salah satu provinsi di pantai selatan Cina.

Rumah tradisional Tionghoa berbentuk lingkaran, Fujian Tulu. Foto: Shutterstock

Fujian Tulou adalah salah satu bangunan tradisional khas Tiongkok. Basketan, yang juga muncul di film versi Mulan. aksi langsung Ini terkenal dengan sejarahnya yang panjang.

gundukan Fujian. Sejarah putar

Bangunan yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-12 ini digunakan oleh keluarga Hakka yang tinggal di dataran tinggi Pegunungan Fujian.

Bangunannya berbentuk bulat atau persegi panjang, berdinding tanah tebal, dan dapat menampung hingga 800 orang. Wow!

Fujian Toru, rumah tradisional Tionghoa berbentuk lingkaran. Foto: Shutterstock

Tolu memiliki lima hingga enam lantai, beberapa di antaranya cukup besar. Ada gundukan bundar di daerah Yongding, dan gundukan terbesar ada di Chengqi Lou.

Dindingnya sendiri terbuat dari campuran batu dan bambu dan ketebalannya bisa mencapai 1,8 meter. Sebagai penguat tambahan, ranting, potongan kayu, dan potongan bambu sering diletakkan di dinding.

Bangunan ini hanya memiliki satu pintu depan, biasanya dilindungi oleh pintu kayu setebal 4-5 inci, dengan semacam lubang pertahanan di atasnya.

Tata letak turu sendiri mengikuti tradisi hunian Tionghoa, tertutup di luar dan terbuka di dalam.

Tulou sendiri tersebar di berbagai wilayah di China. Selain Fujian, bangunan juga dapat ditemukan di Nanjing, Yongding dan Hua’an. Karena sejarahnya yang kaya, sekitar 46 Toulouse terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2008.

Toulouse terbesar ada di Yongding.

Gundukan terbesar adalah The Chengqi lou di daerah Yongding dengan diameter 62,5 meter. Namun, diyakini ada gundukan terbesar lain yang pernah ditemukan di kawasan Nanjing, dengan diameter hingga 74,1 meter.

Fujian Toru, rumah tradisional Tionghoa berbentuk lingkaran. Foto: Shutterstock

Sedangkan gundukan terkecil adalah Cuili Lou yang terletak di Distrik Nan Keng, Nanjing, dengan diameter sekitar 14 meter. Di sisi lain, gundukan tertua dibangun pada 1371 di Desa Xiazen, Kabupaten Hua’an, dan disebut Chiunrou Oval Mound.

Selama bertahun-tahun, penduduk setempat telah mempertahankan tradisi mencuri, dan sektor pariwisata berkembang pesat.

Menurut laporan pemerintah daerah, pada 2019, Yongding menarik total 11,82 juta wisatawan, menghasilkan 13,46 miliar yuan, atau 1,96 miliar dolar AS pendapatan pariwisata.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Fujian Toru, bangunan melingkar Cina yang dapat menampung hingga 800 orang

Dari Situs Fikrirasy ID