Siapkan Google Family Link untuk perangkat Android untuk anak-anak. (Google Family Link Bagian 2) – Orang Tua Digital Cerdas

Dalam artikel sebelumnya, kami menunjukkan cara membuat akun Gmail khusus untuk anak Anda untuk mempersiapkan mereka menggunakan Google Family Link. Dalam tutorial ini, kami akan melanjutkan dengan langkah selanjutnya dalam menyiapkan perangkat Android anak Anda untuk dikendalikan oleh aplikasi Google Family Link.

Untuk memudahkan anak Anda menyiapkan perangkat smartphone atau tablet berbasis Android untuk digunakan, kami sarankan Anda mengatur ulang perangkat Android Anda atau menyetelnya ke setelan pabrik. Tolong ingat! Menyetel ulang atau menyetel ulang setelan pabrik akan menghapus data sebelumnya di perangkat Android Anda. Ini terutama berlaku untuk perangkat yang digunakan sebelumnya. Jadi, sebelum melakukan reset, Anda perlu melakukan beberapa persiapan:

  1. Pertama pindahkan atau simpan data seperti foto, video, atau data apapun yang terdapat pada perangkat ke perangkat lain.
  2. Pastikan baterai terisi setidaknya 80% sebelum mengatur ulang.

Untuk perangkat baru, tidak perlu mengatur ulang atau mengatur ulang pengaturan pabrik.. Jika Anda perlu mengatur ulang, Anda dapat masuk ke menu “Pengaturan” atau “Pengaturan” dan ketik “Reset” atau “Reset” di kotak pencarian. Klik menu yang muncul dan ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar perangkat.

Setelah perangkat Android Anda kembali ke setelan pabrik atau disetel ulang, Anda dapat mulai menyiapkan perangkat Android untuk digunakan anak-anak Anda. Untuk contoh dalam tutorial ini, kami menggunakan perangkat tipe Samsung Galaxy A5. Pada perangkat baru atau yang disetel ulang, sistem Android akan meminta Anda untuk memasukkan akun Gmail Anda. Masukkan akun Gmail anak Anda yang Anda buat sebelumnya dan klik “Next” atau “Next”.

Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan kata sandi Anda. Kemudian masukkan kata sandi akun Anda di kolom yang disediakan dan klik “Berikutnya” atau “Berikutnya”.

Karena Google mengakui bahwa akun gmail adalah akun Gmail anak yang terhubung ke akun Gmail orang tua, Google meminta akun Gmail untuk bertindak sebagai pengontrol untuk perangkat Android ini. Klik akun Gmail yang Anda gunakan sebagai akun induk.

Kemudian masukkan kata sandi akun Gmail Anda dan klik “Berikutnya” atau “Berikutnya”.

Selanjutnya, Google akan meminta izin untuk memasang Family Link di perangkat Android untuk anak-anak. Klik tombol “Saya Setuju” atau “Saya Setuju” di bagian bawah layar.

Di layar berikutnya, Anda dapat mengatur beberapa hal, seperti kategori atau peringkat usia aplikasi, video, ebook, atau lagu yang dapat diakses di perangkat Android anak Anda.

Geser ke bawah pada menu untuk menyetel filter Google Chrome sehingga Google Chrome memblokir situs web yang berisi konten dewasa.

Gesek ke bawah pada tampilan layar lagi untuk mengatur filter untuk mesin pencari Google. Pastikan Google TelusurAman dalam posisi “Aktif”. Setelah semuanya selesai, Anda dapat mengklik tombol “Next” atau “Next”.

Selanjutnya, Google akan meminta Anda untuk menentukan pengaturan kontrol orang tua lanjutan untuk perangkat Android anak Anda. Klik tombol “Next” atau “Next” untuk melanjutkan.

Google akan meminta izin untuk menginstal aplikasi Family Link Manager di perangkat Android anak Anda. Klik tombol “Instal” atau “Instal” di kanan bawah layar.

Lalu masuk ke tampilan download atau download aplikasinya.

Setelah mengunduh atau mengunduh aplikasi, klik tombol “Instal” atau “Instal” di kanan bawah layar.

Selanjutnya, Google akan meminta Anda untuk memberi nama perangkat Android anak Anda untuk memudahkan identifikasi. Masukkan nama yang diinginkan dan klik tombol “Next” atau “Next”.

Anda kemudian dapat mengatur aplikasi mana yang dapat digunakan anak-anak di perangkat Android Anda. Jika Anda mengizinkan anak-anak menggunakan aplikasi, biarkan tombol di sebelah kanan nama aplikasi aktif. Jika Anda ingin mencegah anak-anak mengakses aplikasi, Anda dapat menonaktifkan tombol di sebelah kanan aplikasi. Gesek ke bawah pada layar untuk meninjau semua aplikasi yang mungkin atau mungkin tidak digunakan anak-anak.

Setelah Anda memutuskan aplikasi mana yang dapat digunakan anak Anda, klik tombol “Lainnya” di kanan bawah layar.

Google juga menyediakan opsi untuk mencadangkan perangkat Anda ke media penyimpanan Google Drive. Anda dapat menonaktifkan opsi tersebut karena hanya untuk perangkat anak-anak dan media penyimpanan Google Drive lebih tersedia di Google Classroom. Kemudian geser ke bawah tampilan.

Anda juga dapat menonaktifkan opsi “Aplikasi bantu untuk menemukan lokasi”. Anda masih dapat mengaktifkan “Tingkatkan akurasi lokasi” untuk fitur pelacakan lokasi perangkat Android Anda. Kemudian geser lagi tampilan layar ke bawah.

Anda dapat menonaktifkan opsi “Kirim data penggunaan dan diagnostik”. Setelah mengatur semua opsi, klik tombol “Lainnya” di kanan bawah layar.

Google tidak menemukan cadangan sama sekali karena saya baru saja membuat akun Gmail untuk anak ini dan mematikan opsi “Cadangkan ke Google Drive”. Cukup klik tombol “Berikutnya” atau “Berikutnya”.

Selanjutnya Google akan menawarkan opsi untuk fitur keamanan perangkat berupa keamanan sidik jari atau pembuatan PIN. Namun, karena ini adalah perangkat anak-anak, Anda dapat memilih “Tidak” dan mengklik tombol “Lewati” atau “Lewati”.

Sekarang setelah Anda melewati langkah-langkah keamanan perangkat, Google akan meminta Anda untuk mengonfirmasi. Tekan saja tombol “Lewati saja”.

Dalam contoh ini, ini adalah perangkat Samsung, sehingga perangkat akan meminta Anda untuk masuk menggunakan akun Samsung Anda. Untuk melewati, cukup tekan tombol “Lewati”.

Setelah semuanya selesai, Google akan menunjukkan kepada Anda status bahwa perangkat anak Anda telah disiapkan. Cukup tekan tombol “Next” atau “Next” di kanan bawah layar.

Kemudian penyiapan perangkat Android selesai dan anak-anak siap menggunakannya. Klik tombol “Selesai” untuk menutup layar pengaturan.

Nah, itulah tutorial cara setting Google Family Link di perangkat Android yang digunakan oleh anak-anak. Pada tutorial berikutnya, kami akan menunjukkan cara mengatur Google Family Link di perangkat orang tua Anda dan menu pengaturan “Google Family Link untuk Orang Tua”. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga:  5 cara merenovasi rumah lama dengan budget terbatas

Jangan lupa untuk mengikuti kami di akun Twitter kami dan menyukai kami. @smartdigiparent dan facebook kami orang tua digital cerdas Informasi dan tutorial dapat bermanfaat untuk lebih banyak orang sehingga lebih banyak teman, saudara dan orang lain dapat mengetahuinya. Terima kasih!!



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Siapkan Google Family Link untuk perangkat Android untuk anak-anak. (Google Family Link Bagian 2) – Orang Tua Digital Cerdas

Dari Situs Fikrirasy ID