5 Persiapan untuk Membuat Magang Pertama Anda Tidak Bergaya – Zona Pelajar

Fikrirasy.ID – Halo Sobat Zona, para mahasiswa seringkali mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja, salah satunya adalah magang. Selain persiapan memasuki dunia kerja, beberapa kampus mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan magang sebagai syarat menyelesaikan tugas akhir. Bagaimana persiapan Anda untuk magang? Simak 5 tips ini:

Baca Selengkapnya: Tips Menulis Resume Untuk Mahasiswa Non-Kuliah, Gampang!

Temukan lokasi magang

Contoh mencari lokasi (Sumber: Nation Roar)

Mencari lokasi magang bukanlah tugas yang mudah. Padahal, jika Anda mempersiapkan diri dengan baik, John Buddy akan lebih nyaman. Misalnya jarak dari tempat tinggal Anda ke lokasi magang Anda, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan, dan banyak hal lainnya.

Bayangkan jika Anda belum pernah meneliti lokasi magang sebelumnya, Anda akan terburu-buru untuk mempersiapkannya. Lebih buruk lagi, Anda tidak akan datang tepat waktu dan akan membuat kesan pertama yang buruk di depan rekan kerja lainnya.

disiplin waktu

Angka waktu (sumber: IDN Times)

Kesan pertama Ini adalah hal yang paling penting untuk ditunjukkan ketika Anda pertama kali memasuki sebuah perusahaan. Seperti pada poin pertama, jika Zone Buddies datang terlambat ke ruangan, mereka akan melihat Anda sebagai orang yang tidak disiplin.

Untuk menghindarinya, Anda harus datang lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kemacetan, kemacetan, dll. Begitu juga saat pulang, jangan pulang dulu. Pastikan semuanya sudah selesai, lalu ucapkan selamat tinggal dengan sopan kepada rekan kerja Anda, terutama atasan Anda.

Baca juga: Cara Membuat Background Zoom PPT Anda Keren Dan Profesional

siap tampil

Ilustrasi pakaian kerja (Sumber: Inti Message)

Setiap perusahaan memiliki aturan tentang pakaian apa yang mereka kenakan setiap hari. Buddy Zone harus bisa memahami dan menyesuaikan penampilan setiap karyawan.

Misalnya, BUMN, bank, dan pemerintah mengenakan seragam rapi, sedangkan startup dan agensi kreatif mengenakan pakaian rapi dan gratis. Anda dapat menghubungi koordinator atau supervisor perusahaan Anda secara langsung.

Pastikan selalu aktif

Ilustrasi di tempat kerja (Sumber: Kaplan)

Pada hari pertama magang, John Buddy akan bingung harus berbuat apa. Selain perkenalan, jangan lupa untuk selalu aktif bertanya seputar pekerjaan hari ini. Semakin banyak pertanyaan yang Anda ajukan, semakin cepat Anda dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Namun, Anda harus melakukan yang terbaik untuk tidak mengganggu atasan Anda dengan terlalu banyak pertanyaan. Setelah selesai, proaktif dalam membantu rekan kerja lain sehingga mereka dapat menganggapnya serius di tempat kerja.

Memahami Pelaporan

Contoh penulisan laporan (Sumber: Wallpaper Flare)

Jangan lupa untuk belajar bagaimana menulis laporan harian setelah melakukan tugas harian Anda di magang Anda. Biasakan menulis laporan setiap akhir shift agar tidak lupa saat program magang berakhir. Catat aktivitas hari ini dalam folder yang rapi dan atur laporan Anda ke dalam laporan yang terorganisir.

5 langkah agar magang pertama Anda tidak ketinggalan zaman

Begitulah cara Zone Buddies tidak kehilangan gaya mereka di hari pertama magang. Jika Anda melakukan lima hal ini secara konsisten dan hati-hati, siapa tahu nanti perusahaan akan mengangkat Anda sebagai karyawan?

Kami berharap ulasan ini bermanfaat bagi Anda dan untuk pandangan baru. Itu benar. Jangan lupa aktifkan notifikasi website Student Zone untuk melihat informasi perkembangan tentang siswa Anda. Sampai jumpa lagi!

Baca selengkapnya: Cara yang tepat untuk mengatur data Anda di Excel, dalam waktu kurang dari 10 detik!

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 5 Persiapan untuk Membuat Magang Pertama Anda Tidak Bergaya – Zona Pelajar

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment