Ini adalah syarat dan cara mengubah nama STNK.

Apakah Anda masih tahu cara mengubah nama STNK Anda? Saat membeli mobil, Anda perlu memperhatikan BPKB dan STNK mobil yang akan Anda terima tentunya. Karena kedua hal ini sangat penting.

Jika Anda membeli sepeda motor bekas, Anda perlu mengetahui cara mengubah STNK dan BPKB Anda. Proses perubahan nama STNK sendiri cukup rumit dan melibatkan beberapa langkah dan persyaratan yang cukup panjang yang harus dipenuhi.

Sertifikat plat nomor atau transfer nama di STNK merupakan peralihan dari pemilik kendaraan pertama ke pemilik kendaraan berikutnya. Transisi ini juga penting dalam korespondensi BPKB. Kedua surat tersebut sangat penting untuk membuktikan kepemilikan mobil tersebut.

Fungsi STNK sangat penting sebagai kelengkapan mobil dan dokumen yang harus Anda bawa saat berkendara atau bepergian. Dengan STNK, masyarakat akan mengetahui bahwa hasil sepeda motor tersebut benar-benar milik Anda dan bukan hasil curian. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengganti nama STNK sepeda motor saat membeli sepeda motor bekas dari orang lain.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengubah nama STNK

Sebelum menerapkan metode perubahan nama STNK, Anda disarankan untuk menyiapkan beberapa dokumen persyaratan yang harus dipenuhi agar perubahan nama STNK dapat berjalan dengan lancar. Berikut beberapa dokumen yang harus Anda siapkan.

  • Salinan STNK yang ada dan pemilik sepeda motor lama
  • Asli dan copy KTP pemilik baru
  • BPKB asli dan copy
  • Invoice asli dan copy
  • Tanda tangani struk pembelian sepeda motor Anda dengan menggunakan materai.

Tentu saja, Anda harus mempersiapkan dokumen yang diperlukan terlebih dahulu agar Anda tidak melupakannya. Dengan berkomunikasi dengan pemilik motor tua, Anda dapat mengubah nama registrasi mobil dengan cepat.

pergi ke tiga

Untuk proses transfer nama STNK, Anda bisa mengunjungi Samsat terdekat atau one stop universal system dengan membawa dokumen persyaratan yang sudah disiapkan terlebih dahulu dan langsung diproses. Kantor Samsat yang Anda kunjungi akan disesuaikan dengan alamat yang tertera pada KTP atas nama pemilik baru.

Jika wilayahnya berbeda harus melalui proses pembatalan berkas terlebih dahulu, misalnya jika ingin mengubah nama dari Jakarta menjadi Tangerang harus memproses berkas pembatalan sebagai Samsat Jakarta dan dilanjutkan dengan transfer nama. Tang dan Samsat.

Baca Juga:  Erajaya Digital Memulai Pre-Order Huawei Nova 9 dan MateBook 14 Series 3

melakukan pemeriksaan fisik

Cara mengganti nama STNK sepeda motor sendiri adalah dengan melakukan tes fisik. Di sini, Anda membawa sepeda motor Anda ke pos pemeriksaan fisik dan petugas polisi melakukan pemeriksaan fisik kendaraan Anda. Akibatnya, Anda akan menerima daftar periksa sepeda motor asli dengan nomor sasis dan nomor mesin kendaraan.

Setelah itu, Anda dapat melaporkan berkas kelengkapan yang telah diisi dan membayar biaya verifikasi pemeriksaan fisik. Pengamatan pemeriksaan fisik dan file dapat diperoleh lebih awal setelah melakukan validasi sebelumnya. Pastikan untuk membuat salinan struk pembelian dan hasil verifikasi yang sebenarnya dan simpan dengan baik untuk transfer BPKB berikutnya.

transfer kepemilikan

Cara mengurus STNK selanjutnya adalah dengan mendaftarkan nama kamu di belakang gedung Samsat. Tentunya Anda harus membawa persyaratan yang diperlukan, mulai dari STNK dan fotokopi asli, KTP dan fotokopi asli, BPKB dan fotokopi asli, hasil pemeriksaan fisik yang telah diverifikasi dan kwitansi pembelian sepeda motor.
Harap membawa semua perlengkapan agar dapat dengan mudah mengganti nama STNK.

Setelah staf memeriksa dokumen, Anda menerima formulir untuk diisi, lalu menyerahkannya ke staf loket lainnya. Tunggu beberapa saat hingga panggilan dijawab dan Anda akan diminta untuk membayar biaya pendaftaran. Anda biasanya akan mendapatkan notifikasi setelah 2-5 hari.

Pemberitahuan dan pembayaran pajak

Nantinya Anda harus kembali ke kantor Samsat dengan membawa kwitansi dan BPKB asli dan menunjukkannya di loket pendaftaran yang lama. Jangan lupa untuk membawa kembali dokumen-dokumen seperti fotokopi kwitansi pembelian dan hasil cek sepeda motor yang sebenarnya. Selanjutnya, Anda akan menerima pemberitahuan pajak dengan rincian jumlah pajak terutang Anda dan kemudian membayarnya.

mengambil STNK

Jika Anda membayar pajak sesuai dengan jumlah yang ditentukan, Anda akan menerima sertifikat STNK yang berganti nama atau berganti nama dan STNK sepeda motor.
Cara mengganti nama SIM sepeda motor yang dikenali. Sekalipun rumit, Anda harus melakukannya dengan benar untuk mempercepat prosesnya.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ini adalah syarat dan cara mengubah nama STNK.

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment