Ulasan POCO M3, Jutaan Spesifikasi Utama

Fikrirasy.ID – Di awal tahun 2021, POCO meluncurkan smartphone terbarunya yang bisa jadi pembunuh HP dengan harga yang terjangkau. Ya, ponsel ini adalah POCO M3 terbaru. Warna dan desain yang paling ikonik cenderung unik, dan faktanya, POCO dikenal dengan harga terjangkau, harga terjangkau, dan berfungsi penuh. Poco M3 tampaknya dirancang sebagai ‘pembunuh level pemula’ pada awal 2021.

Kebanyakan orang Indonesia mencari HP yang terjangkau, tetapi mereka menuntut spesifikasi yang baik dan fitur yang sempurna. Saat ini tidak sulit untuk menemukan smartphone murah dengan spesifikasi dan fitur yang bagus. Salah satunya adalah smartphone Poco. POCO meluncurkan seri baru di awal tahun yang disebut POCO M3, yang diharapkan menjadi ponsel murah dengan spesifikasi yang baik.

POCO M3 yang kami review adalah seri POCO murah yang sebelumnya telah resmi diluncurkan di Indonesia, POCO adalah POCO F2 di seri atas, POCO X3 NFC di lini tengah, dan POCO M3 entry level. Berikut adalah beberapa hal utama yang membuat Poco M3 ini berbeda dari smartphone lain dalam kisaran harganya: Memiliki kualitas layar yang bagus, baterai yang besar, fitur kamera yang menarik dan chipset yang digunakan.

Spesifikasi Poco M3

POCO M3 memiliki dua pilihan warna: Poco Yellow, Cool Blue dan Power Black. Dimensi ponsel ini adalah 162,3 x 77,3 x 9,6 mm atau 6,53 inci. tampilan titik jatuh Beratnya sekitar 198 gram. Di sebelah kanan adalah tombol power dan pemindai sidik jari, ada tombol volume atas/bawah, dan di atas ada mikrofon dan jack audio 3,5 mm yang tampaknya terintegrasi dengan IR blaster. Di sebelah kiri adalah baki SIM yang mendukung dua slot Nano SIM + microSD. POCO M3 ini sudah dilengkapi dengan USB type-C. Klik tautan ini untuk melihat spesifikasi lengkap POCO M3.

Menariknya, ponsel ini memiliki dua speaker stereo di bagian atas dan bawah, dan HP jarang menggunakan speaker stereo pada titik harga ini. Layar yang digunakan di Poco M3 adalah panel IPS dan memiliki resolusi Full HD+. Dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3 untuk perlindungan, dan layar ini juga bersertifikat TÜV Rheinland Low Blue Light. Di bagian atas layar terdapat kamera selfie 8MP pada f/2.1.

Pindah ke belakang, ada kamera utama Poco, yang mereka sebut kamera triple AI 48MP untuk konfigurasi. Berfungsi sebagai kamera 2MP dan 1. Memiliki lampu kilat LED dengan kamera makro dan 1 kedalaman. Untuk perekaman video sudah mendukung Full HD, 30 FPS, dan untuk slow motion juga mendukung 720p dan 120 FPS.

SOC yang digunakan oleh POCO M3 adalah Snapdragon 662 dari manufaktur 11nm, untuk CPU menggunakan Kryo 260 dengan GPU Adreno 610, dan ISP adalah Spectra 340T dan DXP Hexagon 683. Lalu ada opsi RAM dan penyimpanan yang ditawarkan oleh ponsel ini. Varian pertama adalah 6 GB + 128 GB dan varian lainnya adalah 4 GB + 64 GB yang dapat didukung oleh MicroSD dengan kapasitas hingga 512 GB. Tidak buruk.

Oke, kita lanjut ke salah satu nilai jual Poco M3: baterai. Pada titik harga ini, Anda bisa mendapatkan baterai 6000mAh yang sangat besar. Mendukung pengisian daya hingga 18W untuk pengisian daya. Kemudian untuk UI, kami menggunakan MUI 12 untuk Poco (khusus Poco) dan defaultnya adalah Android 10. Sensor yang diambil dari Poco M3 termasuk accelerometer, proximity, dan ambient light sensor. Sayangnya, bagaimanapun, tidak ada perangkat keras yang tersedia untuk Gyro, Virtual Gyro Salt, yang dapat menjadi masalah bagi pemain PUBG yang menggunakan Gyro. Dilengkapi dengan Wi-Fi 5 dan Bluetooth 5 untuk konektivitas, dan ada juga radio FM.

Performa terbukti

Salah satu bagian yang paling dinanti siapa yang akan membeli HP adalah review terkait performa. Tes dengan AnTuTu 7 mencetak 140898 dan AnTuTu 8 mencetak 182735. Tes benchmark menggunakan 3DMark dan GFXBench menunjukkan bahwa hasilnya masih sedikit lebih rendah, tetapi mirip dengan Snapdragon 665.

Kami ingin menguji game untuk menemukan performa aslinya untuk penggunaan di dunia nyata. Ini disajikan dalam format tabel agar mudah dibaca.

tipu Pengaturan Grafik FPS
medan pertempuran Halus-Ekstrim 50-60fps
PES 2021 Tinggi 50-60fps
Dampak Genshin terendah 18-33fps
legenda seluler High-HD-HFR 58-60fps
Minecraft 12 potong 42-60fps

kamera

Tinjau Kamera - POCO-M3
Kamera Poco M3

Review POCO M3 berikut ini adalah bagian kamera untuk kamera selfie pertama. Kamera selfie ini dapat merekam video Full HD 30fps, dan untuk mikrofon POCO M3, kualitas gambarnya cukup bagus, tetapi kamera depan tidak mendukung stabilisasi seperti EIS, jadi agak goyang. Jika ingin vlog dengan ponsel ini, sebaiknya gunakan tripod agar video tidak goyang.

Untuk kamera utama Poco M3 terdapat tiga kamera utama beresolusi 48MP yang mampu merekam video hingga Full HD 30fps. Jadi mereka tidak terguncang. Untuk fungsi fokus, cukup bagus.

Kami juga tidak bisa masuk dan mengatur kamera makro, yang ternyata mampu merekam video dan fokus tetap untuk kamera ini. Kamera makro 2MP dapat merekam video 720p 30fps. Untungnya, ponsel ini masih menyertakan fitur Pro Video, jadi mungkin ada di sini bagi yang ingin membuat konten dengan pengaturan manual. Anda dapat mengatur keseimbangan putih, kecepatan rana, ISO, dll.

Melihat fitur dan hasil jepretan kamera POCO M3, saya rasa ponsel di kisaran 1 hingga 2 jutaan sudah cukup. Seperti kata pepatah, ada harga dan ada jalan, jangan berharap terlalu banyak.

baterai

Salah satu faktor yang kami beli untuk smartphone adalah kapasitas baterai dan daya tahan. Kali ini, mari kita lihat daya tahan baterai POCO M3. Seperti biasa, untuk menguji daya tahan baterai, saya tidak menggunakan SoT (Screen on Time), saya menggunakan pemutaran video. Untuk video Full HD, 1080p, 30fps, dapatkan hasil pemutaran video dalam 21 jam 8 menit. Ini cukup bagus untuk baterai 6000mAh.

Pada test game berikut, saya memainkan Genshin Impact selama 1 jam dan baterai saya berkurang 11%. Tapi untuk PUBG Mobile, beta 30 menit hanya berkurang 5-6%, jadi jika kamu pemain PUBG Mobile, kamu bisa bermain dalam waktu yang sangat lama. Jadi bagaimana Anda mengisi ulang?

Saya mencoba mengisi daya POCO M3 saya dari 0% hingga 100%, dan dibutuhkan sekitar 3 jam 15 menit untuk mengisi daya. Meskipun kecepatan pengisian tidak terlalu cepat, tidak apa-apa. Atau hanya tidur sambil mengisi daya dan itu tidak masalah. Dalam penggunaan sehari-hari, baterainya penuh dari pagi hingga malam. Ini juga sempurna untuk bepergian karena Anda tidak perlu mengisi daya beberapa kali sehari.

harga poco m3

POCO adalah sub-merek dari POCO M3 baru Xiaomi. Sub-brand Xiaomi ini kerap menawarkan ponsel murah dengan spesifikasi bagus. Lalu bagaimana dengan harganya?

Di Indonesia, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 1,8 juta (4/64 GB) dan Rp 2,3 juta (6/128 GB). Harganya cukup menarik dibandingkan dengan spesifikasinya. Menurut pengamatan dari toko online dan offline, harganya naik sedikit dari harga peluncuran.

kekurangan

Setiap smartphone pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, maka dari itu berikut kami rangkum beberapa kekurangan yang ada pada POCO M3 ini. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli ponsel ini karena mungkin Anda membutuhkannya. Salah beli dan tidak menyesal nantinya.

Yang pertama adalah bahwa tidak ada giroskop khusus. Hal ini menjadi masalah bagi pemain PUBG yang terbiasa menggunakan gyro, namun mungkin tidak menjadi masalah bagi pemain PUBG yang tidak menggunakan gyro. Penyertaan NFC juga tidak didukung pada POCO M3, jadi bagi mereka yang menginginkan NFC, ini bukan yang mereka inginkan.

Poin kedua adalah tentang pengisian daya karena dengan pengisi daya 18W dan baterai yang sangat besar tentu saja akan memakan waktu lebih lama, tetapi Anda dapat mengisinya saat Anda tidur di malam hari.

Poin ketiga adalah hanya 1 kamera tiga yang akan berfungsi karena 2 lainnya adalah sensor kedalaman dan makro. Perekaman video hanya dimungkinkan pada Full HD 30fps dan tidak ada opsi 60fps, tetapi cukup baik untuk penggunaan normal. Sayangnya, kamera ini tidak memiliki EIS, jadi jika Anda menggunakannya saat berjalan atau vlogging, Anda perlu perbaikan ekstra, seperti tripod kecil.

berlebihan

Selalu ada kelebihan dibalik kekurangan. POCO M3 memiliki lebih banyak keuntungan daripada kerugian. Khusus untuk HP, budget berkisar antara 1 juta hingga 2 juta. Jadi, mari kita beralih ke bagian favorit kita dari Poco M3.

Yang pertama adalah desain yang unik dan pilihan warna yang menarik memberikan kesan berbeda. Layar ini memiliki kualitas yang cukup baik untuk kisaran harganya, Anda mendapatkan Full HD, dan disertifikasi oleh TÜV Rheinland. Hal menarik lainnya adalah POCO M3 ini sudah widebar L1, jadi sudah Full HD bagi yang suka nonton Netflix. Keunggulan lainnya adalah fungsi time-lapse untuk perekaman video.

Poin selanjutnya adalah bobot yang relatif ringan dibandingkan baterai 6000mAh. Ini juga memiliki beberapa fitur menarik seperti IR blaster dan speaker stereo, tetapi Anda tidak dapat mengharapkan kualitas yang sama dengan flagship. Kemudian ia masih memiliki audio jack 3.5mm, SIM tray juga non-hybrid dan juga memiliki radio FM jika diperlukan.

kesimpulan

Demikian ulasan singkat tentang Poco M3 berdasarkan hasil pengujian benchmark serta kelebihan dan kekurangannya. Ini adalah ponsel pilihan bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas tetapi mencari spesifikasi dan fitur yang cukup bagus dan lengkap. . Menurut kami, ini adalah smartphone yang sangat menarik, terutama di kisaran harganya.

POCO M3 termasuk dalam pertanyaan yang meminta rekomendasi smartphone di kisaran 1,5 hingga 2 juta won, dan POCO berjanji akan meluncurkan produk terbaru pada tahun 2021. Kita tunggu saja terobosan yang akan dibawa POCO ke Indonesia, biasanya dengan spesifikasi khusus dan harga yang sangat terjangkau.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ulasan POCO M3, Jutaan Spesifikasi Utama

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment