6 Fitur Menarik OPPO Reno 4: Desain, Kamera, dan Performa

Fikrirasy.ID, Jakarta – Smartphone terbaru OPPO Reno 4 mulai dijual di Indonesia pada awal Agustus 2020. Smartphone ini menawarkan sejumlah pembaruan fitur dari seri Reno 3 generasi sebelumnya.

Berikut detail fitur menarik dari OPPO Reno 4, mulai dari desain dan tampilan, kamera dan performa hingga sistem operasinya.

1. Desain dan penampilan

Seri Reno 4 dibangun berdasarkan penelitian dan pengembangan (R&D) OPPO dengan mengoptimalkan desain untuk meminimalkan ukuran dan berat perangkat. OPPO tidak hanya fokus pada perangkat yang ramping, namun mengoptimalkan detail dimensi dengan bobot 165g dan tebal 7.7mm, serta mewujudkan desain yang cukup ergonomis saat digenggam.

Bagian belakang Reno 4 diperkuat dengan baja tahan panas, membuat bodinya lebih tipis 0,15 mm. Reno 4 juga memiliki komponen tertentu pada motherboard yang dapat mengurangi ketebalan perangkat sebesar 0,3 mm.

Merk China ini juga menggunakan Hidden Fingerprint Unlock 3.0 yang tebalnya hanya 0.27mm. Di bagian belakang juga terdapat bingkai kamera quad yang sedikit terangkat yang menggabungkan dua tekstur berbeda.

Bingkai kamera dirancang sebagai persegi panjang untuk menampung empat lensa dengan hasil akhir yang mengkilap. Tata letak kamera quad ini memberi Reno 4 tampilan futuristik dan menawarkan desain yang lebih modern. Tampilan penampang belakang perangkat ini diperkuat dengan tiga lapis Corning Gorilla Glass.

Dari segi warna, Reno 4 memiliki dua pilihan warna: Space Black dan Galactic Blue. Warna hitam ruang memiliki bintik-bintik terang yang membuatnya tampak seperti ruang misterius. Bagian belakangnya berwarna gelap, namun tetap berkilau saat terkena efek cahaya.

Sementara itu, Galactic Blue adalah warna unik dari Reno 4 yang diaplikasikan dengan teknik Reno Glow yang diperkenalkan pada seri Reno 4 dan difinishing dengan tekstur matte. Detail shimmernya juga sangat halus, memberikan kesan mewah. Bagian ini terdiri dari beberapa lapisan biru yang dicampur untuk menciptakan warna perak dengan transisi alami.
2. Kamera

OPPO Reno dibekali dengan kamera utama beresolusi tinggi 48MP, 4 kamera belakang dengan lensa utama kamera ultra-wide 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera mono 2MP. Itu juga di kamera tunggal 32MP depan. Kamera ini juga memiliki sejumlah mode menarik.

OPPO dilengkapi dengan kamera Reno 4 dengan mode potret warna kecerdasan buatan (AI), mode video hitam putih, potret suar malam yang didukung oleh algoritma HDR cahaya rendah dan algoritma bokeh, gerakan lambat pintar 960fps. Juga tersedia di ColorOS adalah Ultra Steady Mode, Ultra Night Selfie Mode, Ultra Dark Mode, Ultra Clear 180MP Image dan SoLoop.

3. Performa dan daya tahan

Reno 4 dilengkapi dengan SoC Qualcomm Snapdragon 720G dan semikonduktor DDR4X berdaya rendah yang dibangun di atas proses 8nm. Dibandingkan dengan MTK P95 Reno 3 Pro, menurut hasil tes Geekbench, kinerja CPU single-core meningkat sekitar 46%, kinerja CPU multi-core meningkat sekitar 26%, dan kinerja GPU meningkat sekitar 40% menurut Manhattan tes. hasil.

OPPO juga menawarkan teknologi pengisian cepat VOOC 4.0 yang mendukung pengisian hingga 5V/6A 30W. Dengan teknologi ini, baterai Reno 4 dengan daya 4015mAh dapat diisi hingga 50% dalam 20 menit dan 100% dalam 57 menit.

4. Fitur keamanan

OPPO memutuskan untuk menerapkan sensor pintar yang disempurnakan dengan AI untuk kemampuan anti-mata-mata pintar yang dibangun menggunakan kombinasi sensor berdaya rendah dan algoritme pengenalan cerdas. Sensor tidak hanya digunakan untuk melindungi privasi, tetapi juga untuk memperluas kemampuan fitur Smart AirControl, Smart Rotation, dan Smart Always On.

Dengan fitur smart anti-spy, saat Reno 4 menerima pesan, sensor pintar dengan kecerdasan buatan di ponsel hanya bisa mengidentifikasi pemilik ponsel yang bisa membuka layar. Jika tidak, konten pemberitahuan akan disembunyikan untuk melindungi privasi pengguna.

Baca Juga:  Ulasan Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 Inch

Lebih khusus lagi, algoritma privasi ini dibangun secara sinkron dengan perangkat keras dalam bentuk sensor Fikrirasy.ID yang secara otomatis menganalisis banyak wajah dalam situasi dan Fikrirasy.ID yang berbeda. Ketika satu wajah terdeteksi, kamera menyala untuk mengidentifikasi wajah pemilik dan kemudian menampilkan pesan lengkapnya. Dan jika ada lebih dari satu wajah, notifikasi akan tetap muncul, tetapi konten tidak.

5. ColorOS 7.2

OPPO Reno 4 sudah menjalankan sistem operasi ColorOS 7.2, yang berbasis Android 10. Pada sistem operasi ini, ponsel sudah mendukung fitur mode gelapnya sendiri, terutama untuk beberapa aplikasi pihak ketiga yang tidak mendukung fitur ini.

Didukung oleh algoritme AI, ColorOS secara cerdas memprediksi aplikasi mana yang akan digunakan pengguna dan kemudian memuatnya, memungkinkan mereka untuk membuka lebih cepat. Dengan AI APP Preloading, semakin lama pengguna menggunakan perangkat, semakin cepat kecerdasan buatan mempelajari kebiasaan pengguna.

Selain itu, AI APP Preloading memiliki konsumsi baterai nol, sehingga pengguna dapat menggunakan ponsel lebih cepat tanpa konsumsi baterai tambahan.
ColorOS juga memiliki mesin anti-fragmentasi yang menggunakan kombinasi pengukuran untuk mengoptimalkan fragmentasi memori fisik dan virtual. Ini memastikan pengalaman sistem operasi bebas lag bahkan setelah berjam-jam digunakan.

Ada juga mode super sleep yang mengambil pendekatan seluruh sistem (seperti menyesuaikan frekuensi CPU dan menyesuaikan lampu latar) dan menyesuaikan penghematan daya untuk aplikasi individual. Dengan fitur ini, pengguna OPPO Reno4 dapat mengirim pesan WhatsApp selama 1,5 jam dan berbicara lebih dari 1 jam dengan baterai 5%.

Lalu ada Super Night Time Standby, yang mempelajari kebiasaan tidur Anda dan mengoptimalkan masa pakai baterai hingga hanya 2% selama sekitar 8 jam semalam. Ada juga ikon gerakan pull-down untuk membuka aplikasi yang sulit dijangkau di layar beranda saat menggunakan ponsel dengan satu tangan.

Ini menampilkan informasi dari permainan dan dikombinasikan dengan gelembung kembali cepat, gelembung ikon mengambang yang berjalan di latar belakang. Misalnya, saat pengguna menunggu respawn di game Anda (aksi pemain yang mati dan hidup kembali), Anda dapat melihat waktu respawn melalui gelembung dan beralih ke layar lain.

Dari segi tampilan, OPPO juga memasang Gravity Wallpaper, yang secara dinamis mengubah wallpaper di layar beranda tergantung cara pengguna memegang perangkat. Dan menggunakan OPPO LAB, sebuah platform di mana para insinyur perangkat lunak dan pengguna OPPO dapat berkolaborasi untuk menciptakan fitur-fitur inovatif.

6. Lebih banyak fitur

OPPO juga menawarkan Smart AirControl, yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat Reno 4 tanpa menyentuh layar. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggulir halaman ke atas dan ke bawah di beberapa aplikasi populer seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok.

Ada pula Smart AirControl yang memungkinkan pengguna menjawab panggilan tanpa menyentuh layar. Fitur ini sangat berguna dalam mengurangi intensitas kontak dengan layar di situasi epidemi saat ini.

Dan dalam hubungannya dengan Smart Always On Display, fitur ini dapat mengidentifikasi wajah pengguna yang terus-menerus melihat ke layar perangkat sehingga layar tidak pernah mati. Fitur ini juga membuat Reno 4 lebih pintar dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 6 Fitur Menarik OPPO Reno 4: Desain, Kamera, dan Performa

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment