Temukan Souvenir Mutiara Lombok di Secarbella

Jika Anda mencari oleh-oleh mutiara Lombok, carilah di Sekarbela. Bukan rahasia lagi bahwa Lombok tidak hanya terkenal dengan pantai dan puranya, tetapi juga memiliki banyak oleh-oleh untuk dibawa pulang. Tenun, keramik, kerajinan tangan dan berbagai souvenir lainnya.

Salah satu sentra souvenir ada di Desa Sekarbela, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ada banyak kerajinan mutiara yang menarik untuk dibeli dan dibawa pulang. Lokasinya berjarak 4 km dari Mataram. Masuki area di sepanjang Jalan Sultan Kaharudin dan Anda akan menemukan deretan toko perhiasan yang menarik.

Aneka mutiara Lombok dari Secarbella yang akan membuat mata anda berbinar

Desa Sekarbela dulunya adalah desa persawahan. Namun, kemudian dikenal sebagai pusat penjualan mutiara Lombok. Kerajinan mutiara dan emas menjadi sumber utama ekonomi lokal.

Wisatawan dapat memilih dari berbagai macam perhiasan dengan desain yang berbeda dalam bentuk gelang, kalung, anting-anting, bros dan aksesoris lainnya. Bahan mutiara dipadukan dengan perak atau emas. Namun, perhiasan yang banyak dipesan pembeli adalah campuran emas dan mutiara.

Mutiara yang diperdagangkan di Secarbella adalah mutiara budidaya yang diperoleh dari air asin dan air tawar. Untuk budidaya laut, ia hadir dalam tiga warna: putih, emas, dan perak, yang dikenal sebagai “mutiara Laut Selatan”.

Dapat dikatakan mutiara asli Lombok karena memiliki tekstur yang berbeda dengan mutiara Lombok biasa. Mutiara jenis ini memiliki warna krem ​​atau susu dan merupakan warna emas yang dikenal sebagai “mutiara Laut Selatan emas”. Sedangkan mutiara air tawar biasanya didapatkan di luar Lombok.

Mutiara Lombok asli biasanya berbentuk bulat sempurna dan beberapa tampak tidak beraturan dan semi mutiara. Harga mutiara air asin tentu saja dua kali lebih mahal dari mutiara air tawar. Jadi Anda harus mengeluarkan uang yang cukup banyak di dompet Anda dan harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Jika tidak membawa uang tunai, wisatawan dapat melakukan pembayaran non tunai, sehingga Anda dapat membayar secara non tunai.

Baca Juga:  Curug Cina Cocok Untuk Penyembuhan, Wisata Alam Subang yang Instagramable

Pengrajin Mutiara Lombok otodidak Sekarbela

Penduduk desa Sekarbela belajar secara otodidak dan belajar seni membuat perhiasan. Meski demikian, produk perhiasan Sekarbela mampu bersaing secara internasional. Pengelolaan usaha juga dilakukan secara lokal dan kekeluargaan di antara penduduknya.

Secara historis, kemampuan menjual warga Sekarbela dimulai dari pedagang Arab ratusan tahun lalu. Kemudian imigran Arab menetap di desa-desa dan menikah dengan penduduk setempat. Tak heran, sebagian besar pengrajin perhiasan di Sekarbela adalah warga keturunan Arab.

Orang-orang Arab datang ke Sekarbela karena merupakan pusat persinggahan para pedagang dari seluruh nusantara karena letaknya yang sangat strategis di dekat pelabuhan Ampenan.

Kegembiraan menemukan perhiasan mutiara adalah berjalan-jalan di sekitar toko. Tetapi jika Anda tidak kuat, Anda harus menyewa mobil atau menggunakan mobil Anda sendiri. Untuk membantu Anda mengambil perhiasan Anda dengan cepat di setiap outlet. Jasa perjalanan atau travel tour biasanya menyarankan kunjungan ke Desa Mutiara Sekarbela.

Kampung Mutiara Lombok Sekarbela sangat mudah untuk dikunjungi karena hanya 30 menit dari pusat kota. Rute menuju ke sana adalah melalui rute Mataram-Pagesangan-Sekarbela. Saat Anda membeli mutiara Lombok di Secarbella, Anda harus menegosiasikan harga untuk mendapatkannya lebih murah.

Jadi harganya lebih murah dari galeri perhiasan di kawasan Senggi. Jangan terburu-buru karena Anda dapat membeli dengan harga terbaik setelah menawar di beberapa toko.

Artikel Menarik Lainnya: 5 Tempat Wisata Terdekat Sirkuit Lombok Mandalika

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Temukan Souvenir Mutiara Lombok di Secarbella

Dari Situs Fikrirasy ID