Wisata Air Terjun Grojogan Watu Purbo, Sleman Yogyakarta

Wisata Air Terjun Grojogan Watu Purbo Sleman merupakan objek wisata aliran Sungai Krasak di Dusun Bangun Rejo, Desa Merdikorejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta. Tempat tersebut diresmikan sebagai objek wisata pada 21 November 2020 oleh Bupati Sri Purnomo di Sleman.

Air terjun enam tingkat ini awalnya merupakan tempat bermain dan mandi. Namun seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang datang ke sana. Sehingga para pemuda setempat berpikir untuk menjadikan tempat ini sebagai objek wisata. Kemudian dibersihkan dan ditempatkan agar lebih bersih dan lebih cocok untuk orang-orang menghabiskan liburan mereka di sana.

Saat pembukaan, Bupati Sleman menginginkan agar objek wisata tersebut dikelola dengan baik. Selain itu, banyak pelanggan yang datang di akhir pekan. Pengelolaan yang profesional dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengunjung yang berkunjung.

Wisata Air Terjun Grojogan Watu Purbo, Sleman Yogyakarta terkenal dengan banyak fotonya yang instagramable.

Air terjun ini didirikan pada tahun 1975. Dibangun oleh pemerintah, air terjun ini merupakan proyek Merapi untuk membangun sabo (bendungan). Tujuannya, untuk meredam aliran jika ada pengaruh erupsi Merapi atau lahar dingin. Dalam proses pengembangannya, telah dikembangkan sebagai objek wisata sejak tahun 2017.

Pengunjung kawasan ini sangat menikmati pemandangan dari Grozogan ini hingga Gunung Merapi yang menjulang tinggi. Nama Grojogan Watu Purbo diberikan setelah Pokdarwis Bangunrejo menilai air terjun tersebut berpotensi sebagai destinasi wisata.

Dari awal menjadi grojogan (air terjun) dengan batu-batu besar di kedua sisinya. Namun, usia pasti Goseok (Goseok) tidak diketahui. Awalnya diberi nama Grojogan Watu Purbo. Air mengalir dari sungai Krasak dan Bebeng.

Keindahan alam Grojogan yang dimanfaatkan pengunjung untuk foto-foto Instagramable

Air terjun enam tingkat yang mengalir tanpa terlalu deras membuat Grojogan Watu Purbo menjadi indah dan asri. Pengunjung bisa merasakan dinginnya air langsung dari sungai. Pada 2019, tempat itu ramai dengan orang-orang yang mengambil gambar dari mulut ke mulut.

Mulai sekarang, semakin banyak foto dirinya yang diunggah ke media sosial Instagram-nya. Pengelola juga menawarkan jembatan sebagai spot foto terdekat dengan air terjun 6 anak tangga ini. Pengunjung juga bisa berfoto di beberapa tempat di sekitar air terjun di Yogyakarta ini. Salah satunya adalah taman bunga Instagramable di sebelah timur Grojogan Watu Purbo.

Baca Juga:  Tepian Aspal Purwakarta, Wisata Hutan Pinus, Gua & Air Terjun

Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi karena suasananya yang asri dan damai. Ada taman, toilet dan gazebo. Banyak orang datang ke tempat ini dengan bersepeda atau berhenti sejenak setelah istirahat, sementara yang lain meletakkan batu di sekitar sungai.

Tiket Masuk Tempat Wisata Air Terjun Grojogan Watu Purbo Sleman Yogyakarta

Tiket tidak ditentukan dan hanya dibayar dengan itikad baik.

  • Penerimaan: Serius
  • Parkir Sepeda: Rp 2000
  • Sepeda Motor: Rp 5.000
  • Kendaraan roda 4 : Rp 10.000 dan

Pengunjung bisa mengunjunginya setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Semua kendaraan bisa masuk langsung di dekat air terjun.

Tempat Wisata Menarik Lainnya : Sulawesi Selatan, Wisata Desa Kete Kesu dan Budaya Makam Tana Toraja

Lokasi Grojogan Watu Purbo Sleman

Alamat Grojogan Watu Purbo berada di Dusun Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Bagi pengunjung yang datang dari pusat kota seperti Malioboro, 0 km dan Kraton.

Ikuti rute menuju Jalan Lingkar Utara sejauh 10 km. Kemudian menuju ke Jalan Raya Magelang. Kemudian gunakan Google Maps agar tidak tersesat. Dibutuhkan 18 km atau 35 menit dari kota Yogyakarta ke objek wisata Yogyakarta.

Tempat wisata Yogyakarta antara lain tempat parkir, musholla, warung, spot memancing, dan spot foto.

Informasi Wisata Air Terjun Grojogan Watu Purbo Sleman Yogyakarta. Wisatawan datang ke sini setiap hari. Jika Anda mengunjungi tempat ini pada akhir pekan dan hari libur nasional, suasananya akan semakin ramai.

Tempat Wisata Menarik Lainnya : Wisata Santerra Flora – Wisata Taman Bunga Malang

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Wisata Air Terjun Grojogan Watu Purbo, Sleman Yogyakarta

Dari Situs Fikrirasy ID