Kepulauan Derawan sebagai tujuan wisata di Indonesia dari Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan adalah salah satu dari sekian banyak pulau di Kalimantan. Ada juga pulau-pulau kecil yang membentuk kelompok Kepulauan Derawan. Pesona kondisi lautnya yang istimewa menjadikan Derawan salah satu destinasi wisata favorit Kabupaten Berau di Kalimantan Timur.

Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia dan terbesar ketiga di dunia setelah Greenland dan New Guinea. Kata “Kalimantan” berasal dari kata Melayu kuno yang berarti “sungai berlian”. Bagian utara Kalimantan meliputi wilayah Malaysia, Sarawak dan Brunei Darussalam.

Kalimantan merupakan pulau yang melintasi garis khatulistiwa. Musim hujan biasanya terjadi pada bulan November hingga April dan musim kemarau berlangsung pada bulan Mei hingga Oktober. Namun, di sekitar Kalimantan terkadang turun hujan sebelum dan sesudah musim kemarau. Suhu rata-rata di Kalimantan Timur berkisar antara 25 hingga 35 derajat Celcius.

Kota persinggahan untuk dikunjungi sebelum menuju ke Pulau Derawan

Berkunjung ke Pantai Derawan tidak akan lengkap rasanya tanpa mampir ke berbagai penjuru Kota Kalimantan Timur yang menjadi rumah bagi tempat wisata terkenal lainnya. Kota yang direkomendasikan untuk dikunjungi antara lain Balikpapan, Beau, dan Tarakan. Kapan waktu terbaik untuk pergi ke Derawan? Sebaiknya berlibur ke Kepulauan Derawan pada bulan April, Mei dan Juni. Juga, datang dari September hingga Desember.

Balikpapan Tahukah Anda bahwa Balikpapan terkenal dengan produksi minyaknya sama seperti Pertamina yang mendominasi perusahaan? Kota ini menghasilkan porsi yang signifikan dari total produksi minyak Indonesia. Banyak ekspatriat dan tenaga kerja asing yang berdomisili di Balikpapan, dan sebagian besar bekerja di perusahaan minyak lokal atau perusahaan minyak asing.

Baca Juga:  Apa yang istimewa dari Danau Toba, tujuan wisata utama Indonesia?

Di manakah lokasi Pulau Derawan? Untuk menuju Balikpapan, Anda bisa menggunakan jasa travel agent untuk singgah di beberapa tempat wisata, antara lain penangkaran buaya Territip, kebun sayur, pasar tradisional yang menjual kerajinan kayu jati asli, dan tempat wisata kota lainnya di Balikpapan. . Jangan lupa untuk bersantap di restoran seafood yang menyajikan kepiting saus sambal atau kepiting bawang putih goreng.

Vera. Kota ini memiliki filosofi perkotaan yang berkembang dengan perdagangan dan industri kayu sebagai tulang punggung ekonomi lokal. Verau adalah salah satu yang paling dekat dengan hutan yang membentang di wilayah Kalimantan. Setelah transfer di Verau, wisatawan bisa naik perahu menyusuri Sungai Verau menuju Pulau Derawan.

Kedua sisi sungai adalah hutan bakau dengan berbagai vegetasi bakau tropis, dan jika Anda beruntung Anda mungkin melihat bekantan merah dan ular bakau. Perjalanan memakan waktu sekitar 50 menit. Kemudian berkendara satu jam lagi di sepanjang pantai bakau Kalimantan ke Pulau Derawan.

Tarakan. Daerah ini adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah timur Kalimantan Timur dekat Tawao, Malaysia. Wilayah ini telah menjadi kota persinggahan yang terkenal untuk perdagangan internasional antara Indonesia dan Malaysia. Banyak hotel baru didirikan karena kondisi ini. Kemudian naik perahu ke Tarakan dan akan memakan waktu sekitar 3 jam lagi ke pantai Derawan.

Pulau kepulauan Derawan bisa melihat beberapa

Sebagai gugusan pulau yang menarik, Derawan memiliki beberapa pulau yang sayang untuk dilewatkan. Setidaknya ada empat pulau di Kepulauan Derawan: Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, dan Pulau Maratua.

Di Pulau Derawan, wisatawan dapat menemukan penyu saat menyelam di Pulau Derawan. Penyu biasanya datang pada malam hari untuk produksi. Pulau Kakaban berbentuk seperti danau besar di tengah laut. Danau raksasa diyakini telah ada puluhan ribu tahun yang lalu melalui proses geologis. Pulau ini memiliki banyak tempat menyelam, yang paling terkenal adalah Barracuda. Juga ditemukan ubur-ubur di laut di banyak pulau.

Baca Juga:  Desa wisata Edelweiss Wonokitri di mana Anda dapat membeli bunga abadi dan membawa pulang wisatawan.

Pulau Maratua menawarkan pertunjukan seperti Colosseum Romawi. Barakuda, hiu biru, karang emas, karang merah, dll. Jenis biota laut yang menghuni pulau ini. Wisatawan ke Pulau Sangalaki biasanya dapat melihat koloni pari manta. Ikan ini umumnya tidak terpengaruh oleh keberadaan penyelam. Namun Anda tetap harus berhati-hati, karena kehadirannya bisa mengejutkan. Ukuran ikannya bisa sangat besar, dari 3,5 meter hingga 6 meter.

Jalan dari Jakarta ke Pulau Derawan

Dari Jakarta, terbang ke Balikpapan dan lanjutkan perjalanan ke Tanjung Redep di Berau. Kemudian naik mobil tour dari Tanjung Redeep sampai perempatan Tanjung Batu Crossing. Anda bisa naik speed boat dari Tanjung Batu menuju Pantai Derawan. Speed ​​boat adalah transportasi menuju Derawan. Jadi apa yang menanti Anda, pergi berlibur ke pulau Derawan dan nikmati keindahannya.

Artikel Menarik Lainnya: 10 Tempat Wisata Museum Jakarta Dari Hemat hingga Wayang

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kepulauan Derawan sebagai tujuan wisata di Indonesia dari Kalimantan Timur

Dari Situs Fikrirasy ID