Pantai Mbuluk Gunung Kidul Yogyakarta Wisata Alam Wisata Alam Banyak Yang Belum Diketahui Wisatawan

Pantai Mbuluk, Gunung Kidul, Yogyakarta merupakan wisata alam yang indah dan tersembunyi. Pantai ini belum banyak dikunjungi oleh pengunjung. Jadi akan nyaman untuk menikmati ketenangan di pantai yang sepi.

Pantai Mbuluk terletak di sebelah timur Pantai Baron. Dibutuhkan sekitar 2 jam dari kota Yogyakarta ke lokasi pantai. Akses menuju pantai Mbuluk juga sangat mudah. Wisatawan dapat melakukan perjalanan dengan mobil atau sepeda motor.

Kondisi jalan cukup baik dan nyaman. Tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan yang berbatu. Bahkan jika Anda hanya berada di area pembelian tiket parkir. Dari tempat parkir Anda dapat berjalan kaki ke pantai dalam 5 menit.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Mbuluk, Gunung Kidul, Yogyakarta

Pantai Eumbuluk yang sepi di Yogyakarta memungkinkan wisatawan untuk menikmati aktivitas dengan nyaman di sana. Selain itu, belum banyak yang mengetahuinya, sehingga akan lebih banyak aktivitas di kawasan pesisir.

Pantai Mbuluk menawarkan beberapa hal menarik untuk dilakukan. Mari kita periksa:

  1. Nikmati sembari memandang suasana pantai yang gelap dengan deburan ombak pantai yang lembut tempat pandangan Anda tertuju. Wisatawan dapat melihat pemandangan laut yang unik dari pantai, dua karang besar yang mengelilingi pantai. Salah satu karang memiliki gua yang terdiri dari bebatuan keras dan tajam. Bermain di sana bisa menjadi pengalaman yang menarik.
  2. Bermain dengan pasir putih yang lembut. Sangat bersih saat Anda menginjaknya, dan saat terkena sinar matahari, pasirnya berkilau, memberi Anda kenyamanan bermain pasir berlama-lama di rumah.
  3. Ombak yang relatif tenang menjadi pemandangan yang menyejukkan di Pantai Mbuluk Yogyakarta. Ombak yang tenang memiliki dua bongkahan batu besar, sehingga dapat berfungsi sebagai pemecah gelombang agar ombak besar tidak menerjang.
Baca Juga:  Merci Waterboom Deli Serdang Atraksi Bermain air bersama anak

Pantai indah dengan garis pantai hanya 25 meter

Tahukah Anda bahwa Pantai Mbuluk memiliki garis pantai sepanjang 25 meter? Selain bermain air, wisatawan juga bisa menemukan biota laut di terumbu karang. Pantai ini sebenarnya sangat cocok bagi mereka yang mencari ketenangan di pantai dan ingin menjelajah.

Pasir putih Pantai Mbuluk Gunung Kidul Yogyakarta terlihat sangat indah saat terkena sinar matahari. Wisatawan juga dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti bermain air atau memancing di dekat terumbu karang. Namun, pengunjung tetap perlu berhati-hati, karena ombak di pantai selatan terkenal dengan pengebiriannya, terutama pada sore hari.

Jika Anda tertarik untuk mencari biota laut, Anda bisa menemukan bintang laut, ikan kecil, rumput laut dan ekosistem laut lainnya di sekitar permukaan karang. Bagi yang suka nongkrong di pinggir pantai, tersedia meja dan kursi di dekat area tebing serta tempat nongkrong asik yang menyediakan lookout point.

Wisatawan dapat melihat pemandangan laut dari atas tebing dengan biaya Rp. Anda hanya perlu membayar 30 juta. Anda bisa menikmati pemandangan yang indah dan banyak spot selfie dan sangat Instagrammable.

Lokasi Pantai Mbuluk, Gunung Kidul, Yogyakarta

Alamat pantai Mbuluk di Gunung Kidul Yogyakarta adalah Desa Kemadang di Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul, daerah Tanjungsari. Tur ini memakan waktu 2 jam dan Anda akan terus melihat pemandangan khas Gunung Kidul yang berkelok-kelok.

Tidak ada angkutan umum yang disediakan pemerintah jalur ini untuk menuju Pantai Mbuluk. Oleh karena itu, hanya dapat dicapai dengan kendaraan pribadi. Dari Pantai Baron, sebelum memasuki Pantai Kukup, ada jalan setapak di sebelah kanan menuju Pantai Mbuluk. Jalan menuju pantai ini belum sepenuhnya beraspal, namun masih berupa daratan, sehingga nyaman untuk dilalui.

Baca Juga:  Kolam renang paragon di depok tanpa panas dan hujan

Pantai Mbuluk tergolong pantai eksotis yang belum banyak dijamah wisatawan. Fasilitas yang tersedia masih minim. Ada satu atau dua kios yang menjual berbagai jajanan dan kopi. Ada juga toilet umum jika ingin buang air kecil. Biaya parkir ditentukan oleh kendaraan yang Anda gunakan untuk memasuki kawasan pantai ini. Mobil 2 Rp. Sebuah mobil seharga 3.000 rupiah. 50 juta.

Artikel menarik lainnya: Aplikasi e-ticket Cara pesan tiket travel Surabaya online melalui ticketwisata.surabaya.go.id

Menginap di Pantai Mbuluk Yogyakarta

Bagi pengunjung yang ingin bermalam dan menikmati pantai, ada tempat menginap yang menarik dan menonjol di Pantai Mbuluk. Namanya Ayu Panginapan Akaya. Kamar-kamarnya adalah bangunan kayu dan terletak di tebing bukit karst.

Penginapannya unik dan menarik karena sengaja dibuat dari bahan ramah lingkungan seperti kayu dan bambu. Membuka pintu dari kamar memungkinkan pengunjung untuk menikmati hamparan pantai Mbuluk. Dari arah timur Anda bisa melihat Pantai Ngrawe atau yang dikenal masyarakat sekitar sebagai Pantai Mesra.

Acaya Ayu Inn memiliki 6 kamar. 5 kamar umum, 1 ruang keluarga. 3 kamar memiliki kamar mandi konsep terbuka tetapi dengan pintu. Pemandangan di depan cottage menghadap ke Samudera Hindia dan Anda bisa berfoto selfie.

Acaya Ayu inn menawarkan tarif kamar sebagai berikut:

  1. ruang umum
  • Pada hari biasa, harga sewa kamar adalah Rp. 400.000 per malam
  • Hari libur/akhir pekan, sewa kamar Rp. 500.000 per malam
  1. ruang keluarga
  • Pada hari biasa, harga sewa kamar adalah Rp. 800.000 per malam
  • Hari libur, sewa kamar sekitar Rp. 1.000.000 per malam

Biasanya terdapat penginapan bergaya pendopo di Pantai Mbuluk, Gunung Kidul, dan Yogyakarta, namun harga sewanya tidak jauh berbeda. Bagi yang menyukai wisata pantai, Pantai Mbuluk bisa menjadi pilihan. Tetap jaga protokol kesehatan dan kebersihan selama pandemi. Selamat berlibur dan menikmati pemandangan pantai.

Baca Juga:  7 Tempat Wisata Belitung & Hits Terbaru

Artikel menarik lainnya: Teras Kaca di Pantai Nguluran, Jogja, Tempat Wisata di Yogyakarta yang Instagrammable

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pantai Mbuluk Gunung Kidul Yogyakarta Wisata Alam Wisata Alam Banyak Yang Belum Diketahui Wisatawan

Dari Situs Fikrirasy ID