Sejarah pusat perbelanjaan legendaris di Garut, Funkolan

Pengkolan adalah salah satu pusat perbelanjaan bersejarah dan legendaris yang terletak di kabupaten Garut provinsi Jawa Barat.

Kolusi bagi orang luar Garut, terutama yang tidak mengenal pusat perbelanjaan, tentu saja akan dipahami sebagai pelintiran umum.

area budidaya kudzu
areal budidaya kudzu. Sumber: Kiki

Padahal, kawasan Pengkolan Garut justru merupakan pusat perbelanjaan yang sudah ada sejak masa penjajahan Belanda, tak lama setelah ibu kota daerah Garut dipindahkan dari Limbangan.

Lantas, apa daya tarik Fengkolan Garut? Ulasan ini telah disiapkan untuk Anda sebagai referensi awal untuk memutuskan tempat wisata mana yang akan dikunjungi di Garut.

Baca juga: Wajah Baru Instagramable Garut Square

Sekilas Objek Wisata Garut

Toko yang menjual berbagai macam siomay garut
Toko yang menjual berbagai macam siomay garut. Sumber: Kiki

Tempat wisata Garut didominasi oleh wisata alam, mulai dari pegunungan, air terjun atau air terjun hingga pantai yang Instagramable.

Banyak orang menyebut Kabupaten Garut sebagai kota kecil yang menyempurnakan kebaikan warganya. Tapi kemungkinan besar arti kota kecil bagi penulis bukan karena luas wilayahnya, tapi karena komunitasnya “lima kaki”, artinya lebih mudah untuk saling mengenal.

Baca Juga:  “Makanan Korea” di Favehotel Padjadjaran Bogor

Bahkan, sampai beberapa tahun yang lalu. Kabupaten Garut sudah terkenal puluhan tahun dan hanya memiliki dua lampu merah. Meski demikian, kondisi lalu lintas masih bisa berjalan lancar.

Sebuah tujuan wisata yang sangat populer dan terkenal di luar daerah, menawarkan pemandian air panas populer Garut, daerah Cipanas dan area hotel, resor atau penginapan yang nyaman.

Tempat wisata populer lainnya di Garut antara lain:

  • Gunung Guntur, Kota Kurug,
  • adegan tawar-menawar,
  • Pantai Hrang yang terhormat,
  • Kuil Changgwangsa,
  • tombak asam.
  • Makam Tuhan.

Padahal, tempat wisata di Garut sangat beragam dan lengkap, antara lain wisata religi, wisata gastronomi, dan wisata legenda. Jadi, Anda tidak akan kesulitan menentukan destinasi wisata selanjutnya di Garut.

Baca Juga : 29 Tempat Wisata Di Garut Terbaik dan Terbaru

Sejarah Konspirasi Garut

Jajanan kaki lima legendaris dari Pengkolan Garut
Jajanan kaki lima legendaris dari Pengkolan Garut. Sumber: Kiki

Sejarah wilayah Pengkolan Garut dimulai pada tahun 1813, tak lama setelah zaman penjajahan Belanda, ketika ibu kota Garut dipindahkan dari Limbangan. Kawasan Pengngkolan awalnya hanya difungsikan sebagai kawasan pemukiman.

Pengkolan Garut mulai menjadi pusat perdagangan yang ramai sekitar tahun 1920 ketika para pedagang Cina mulai melakukan perdagangan di wilayah tersebut.

Mungkin tidak banyak orang di Garut yang mengetahui bahwa daerah yang didiami oleh orang Tionghoa perantauan saat itu khususnya di daerah Sukastrek.

Namun lambat laun para saudagar Tionghoa mulai berpindah ke wilayah Pengkolan Garut. Bahkan, beberapa toko legendaris tersebut masih bisa dilihat hingga saat ini.

Dan tahukah Anda bahwa Garut adalah kota tempat lahirnya cokelat yang sangat terkenal yaitu Silverqueen?

Lihat juga: Review Wisata Chipanas Garut

Kurangi lokasi

Pusat perbelanjaan Pengkolan Garut terletak di sepanjang Jl. Ahmad Yani, Kecamatan Kota Garut, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga:  Air Terjun Sedudo, Objek Wisata Terkenal dan Mitos di Nganjuk, Jawa Timur

Lokasi Pengkolan sangat strategis karena berada di jantung Kabupaten Garut. Oleh karena itu, sangat mudah diakses dari berbagai daerah.

Jika Anda memilih opsi akses Enkot, hampir semua enkot akan melewati Alun-Alun Garut sebagai titik awal wisata kawasan Pengkolan Anda.

Dan jika Anda datang dari daerah lain, Anda bisa naik kereta api dan turun di stasiun kereta api Garut Kota. Tapi pertama-tama pastikan jalurnya berfungsi. Kamu tahu?

Baca juga: 4 Pemandian Air Panas Garut yang Bikin Betah

Harga Tiket Funkolan

Pengunjung tidak dipungut biaya masuk untuk berjalan di kawasan Pengkolan Garut yang terkenal gratis.

Jam Operasional Area Fungkolan Garut

  • Kawasan Pengkolan Garut buka dari pukul 08:00 – 20:00.
  • Hari bebas kendaraan setiap Minggu pagi.
  • Kawasan Pengkolan Garut buka setiap hari selama seminggu.

Fasilitas di Pengngkolan Garut

Fasilitas yang ada di kawasan Pengkolan Garut antara lain :

  • tempat parkir,
  • Mushola atau Masjid,
  • kamar kecil,
  • toko busana,
  • toko elektronik,
  • Memasak atau makanan jalanan
  • Area bermain anak di beberapa supermarket.
  • ATM.

Pesona Cranking

1. Pusat Perbelanjaan Bersejarah

ararut
koleksi kudzu. Sumber: Kiki

Pengkolan bukan hanya sekedar pusat perbelanjaan. Sementara itu, ternyata pesonanya adalah kawasan yang bernilai sejarah tinggi dan diselimuti budaya.

Pengunjung dapat melihat beberapa toko yang masih beroperasi dari zaman dahulu hingga saat ini. Meskipun fungsi beberapa toko telah berubah.

2. Makanan Jalanan

Wisata Kuliner di Pengkolan Garut
Wisata gastronomi Fungkollan Garut. Sumber: Kiki

Pengkolan juga terkenal dengan jajanan pinggir jalan yang sangat populer dan populer di Garut. Selain jajanan daerah Ceplak yang terkenal (dijelaskan dalam artikel khusus), juga terletak di dekat gedung KNPI Garut.

Berbagai macam makanan lengkap disajikan di area ini, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat hingga berbagai minuman dan jus.

Jajanan pinggir jalan di kawasan Pengkolan akan sangat ramai apalagi saat bulan Ramadhan. Pengunjung juga harus mengantre panjang untuk memesan makanan.

Street food memang menjadi salah satu tempat nongkrong favorit para milenial, namun banyak juga yang menjadikannya sebagai destinasi keluarga.

Ya, jangan lupa untuk mencari makanan khas Garut. Tepatnya di Jalan Siliwangi, ada toko khusus yang menjual Dodol Garut dengan berbagai variasi.

Jika ingin mencicipi makanan klasik dan legendaris, Anda juga bisa mencoba jajanan surabi yang hadir dalam berbagai rasa. Nah, biasanya untuk street food buka dari sore hingga malam hari.

3. Busana Berburu

suasana malam garut
Suasana malam garut pengngkolan. Sumber: Kiki

Pengkolan Garut terkenal sebagai tempat yang cocok bagi Anda yang ingin berbelanja pakaian, sepatu, sandal, jilbab atau pakaian yang dibutuhkan untuk Hari Raya Idul Fitri.

Harga yang ditawarkan tergantung dari masing-masing toko dan kualitas barang. Pada Minggu pagi, kawasan Pengngkolan rutin dijadikan kawasan car free day.

Di pinggir jalan banyak pedagang yang menjajakan baju dengan harga murah. Jadi Anda bisa berolahraga sambil berbelanja, dan Anda juga bisa berburu makanan.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Sejarah pusat perbelanjaan legendaris di Garut, Funkolan

Dari Situs Fikrirasy ID