Air Terjun Sedudo, Objek Wisata Terkenal dan Mitos di Nganjuk, Jawa Timur

Air Terjun Sedudo adalah objek wisata populer di wilayah Nganjuk Jawa Timur. Lokasinya berada di lereng Gunung Wilis dan beralamat di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Bagian hulu air terjun ini dapat dilihat pada ketinggian 1.438 m di atas permukaan laut. Kondisinya mirip dengan Air Terjun Sewoo di Tawangmangu Grojogan.

Air terjun meluncur dari ketinggian 105 m. Dari kejauhan, jalan menuju destinasi wisata ini terlihat menarik. Udara pegunungan yang sejuk dari Gunung Willis dan air terjun yang menerjang membuat suasana sangat damai dan santai. Untuk membuat wisatawan merasa lebih nyaman. Tepat di bawah air terjun terdapat kolam renang tempat Anda bisa mandi dan berenang.

Pada hari biasa, area resor Air Terjun Sedudo tidak terlalu ramai. Akhir pekan dan hari libur, pengunjung semakin banyak. Namun, pengunjung biasanya sangat ramai pada hari pertama Sura. Sura adalah bulan pertama dalam penanggalan Jawa. Untuk suraman pertama dilakukan upacara siraman. Objek penyiraman adalah patung. Ritual ini disebut Parna Prahista.

Asal Usul Air Terjun Sedudo Nganjuk

Berdasarkan legenda Air Terjun Sedudo diciptakan oleh salah satu tokoh masyarakat bernama Sanak Pogalan. Ia bekerja sebagai petani tebu yang menelan kekecewaan para penguasanya. Kecewa, ia menjadi pertapa di sekitar sumber Air Terjun Sedudo. Akibat pertapaan tersebut, ia berniat membuat sumber air yang sangat besar untuk menenggelamkan Kota Nganjuk.

Baca Juga:  Tepian Aspal Purwakarta, Wisata Hutan Pinus, Gua & Air Terjun

Saking sakralnya keluarga Pogalan, sebagian warga meyakini bahwa sumber Air Terjun Sedudo memiliki beberapa manfaat. Salah satunya adalah narkoba remaja.

Pada masa kerajaan kuno, seseorang bernama Reshi Kurigonoto diasingkan ke lokasi Air Terjun Sedudo. Dia berencana untuk mengubah hutan menjadi kebun rempah-rempah. Karena menurutnya hutan bisa menjadi media terbesar untuk budidaya rempah-rempah. Pada saat itu, itu menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Resi Curigonoto segera meminta raja kerajaan Kediri untuk mengirimnya ke daerah pengasingannya.

Namun, hasilnya jauh dari sasaran, dan tiba-tiba sebuah gerobak berisi rempah-rempah jatuh di antara sumber air. Rempah-rempah ini kemudian tumbuh subur hingga memenuhi hutan yang menjadi sumber Air Terjun Sedudo. Pastikan air yang mengalir ke Air Terjun Sedudo banyak mengandung bumbu.

Khasiat rempah ini bisa menjadi obat serbaguna salah satunya untuk membuat wajah terlihat bersih. untuk terlihat lebih muda.

Pintu masuk Air Terjun Sedudo

Air Terjun Kebanggaan Nganjuk ini berjarak sekitar 30 km dari kota. Lokasi dapat ditempuh dalam waktu 45 menit dengan sepeda motor. Sedangkan Nganjuk terletak ±110 km dari Surabaya dan ±200 km dari Yogyakarta.

Akses jalan menuju Air Terjun Sedudo Nganjuk sudah baik namun kondisi jalan masih didominasi oleh lereng yang curam. Pengemudi harus berhati-hati ketika datang ke sini dan memeriksa kondisi mesin dan rem kendaraan untuk menghindari bahaya.

Tiket Masuk Cedudo Falls: Rp11.000-Rp16.000

Jam Operasional: 07.00 – 17.00

Alamatnya Jalan Raya Sedudo, Hutan, Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia, 64475.

Artikel menarik lainnya: Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar Sukabumi dan Kehidupan di Tatanan Leluhur

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Air Terjun Sedudo, Objek Wisata Terkenal dan Mitos di Nganjuk, Jawa Timur

Dari Situs Fikrirasy ID