Cara memindahkan tanaman dari petik ke batang

  • Share

Fikrirasy.ID – Okulasi merupakan teknik menanam tanaman yang banyak diterapkan dalam kehidupan. Jadi, bagaimana cara transplantasi tanaman yang tepat?

Perlu diingat bahwa Anda dapat memperbanyak tanaman dengan memotong dahan pohon kemudian menanamnya di tanah gembur yang telah diolah terlebih dahulu. Lihat Cara transplantasi tanaman di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang proses okulasi.

1. Pemilihan Batang Tanaman

Cara transplantasi tanaman, hal pertama yang harus dikuasai adalah mengetahui cara memilih batang tanaman yang sehat untuk ditanam. Selain itu, tidak semua jenis tanaman dapat dicangkok. Pastikan untuk memilih jenis tanaman yang tepat, seperti jambu biji dan mangga. Tanaman seperti tomat dan terong tidak bisa dicangkok.

Baca juga:
Startup Budidaya Bersinar, Budidaya Ikan Menang Tiga Kali

Hal utama yang harus diperhatikan saat memilih batang adalah memilih batang dengan diameter minimal 2 cm. Poin penting kedua adalah pemilihan batang kambium. Tujuan dari kambium adalah untuk memiliki batang yang berkayu dan bercabang. Jangan memilih batang muda dulu.

2. Kupas batang tanaman

Cara okulasi selanjutnya adalah dengan mengupas batang sekitar 10 cm persegi. Setelah menerapkan kulit:

  • Bersihkan batang yang sudah dikupas untuk mengeluarkannya dari getahnya.
  • Diamkan beberapa saat untuk menghilangkan kambium yang menempel pada permukaan.

3. Siapkan air dan tanah

Untuk teh okulasi tersier, siapkan air dan tanah sambil menunggu batang mengering setelah dikupas batangnya. Aduk hingga air dan tanah merata dan tidak tumpah.

Baca juga:
Tipologi Budidaya Pertanian dalam Pengelolaan Pangan Kasepuhan Ciptagelar

Buat adonan tanah liat menjadi keras. Setelah Anda memiliki campuran yang tepat, oleskan tanah ke batang pohon yang dipotong.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Cara memindahkan tanaman dari petik ke batang

Baca Juga:  7 pilihan perawatan kulit untuk mencerahkan kulit Anda

Dari Situs Fikrirasy ID

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *