Perekonomian nasional masih perlu mendorong pertumbuhan yang lebih cepat

Javaforce.com – Purbaya Yudhi Sadewa, Ketua Direksi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), menilai perekonomian nasional saat ini yang mulai pulih dari dampak pandemi COVID-19 (pandemi global), perlu didorong untuk tumbuh lebih cepat. .

“Ini merupakan tahapan untuk menjaga suku bunga penjaminan LPS pada level dimana ada ruang untuk menurunkan suku bunga simpanan sehingga suku bunga pinjaman dapat melanjutkan tren penurunan yang ada saat ini. Tentunya hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan stabilitas sistem keuangan dan perkembangan likuiditas perbankan,” kata Purbaya dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (1/1).

Di masa pandemi, LPS menurunkan suku bunga penjaminan (TBP) ke level terendah sepanjang sejarah.

Penurunan TBP diharapkan dapat membantu bank mengurangi biaya dana, yang akan berkontribusi pada penurunan suku bunga kredit.

“Suku bunga turun menjadi 10,6% untuk dana konsumen, 8,85% untuk modal kerja, dan 8,5% untuk investasi. Pantauan kami menunjukkan grafik terus menurun setiap bulannya,” kata Purbaya.

Hal ini juga sejalan dengan kebijakan bank sentral yang dikoordinir secara kuat oleh seluruh anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) untuk menciptakan kondisi keuangan terkini yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Kami akan terus melakukannya agar tren penurunan suku bunga bisa berlanjut. Kuncinya, sistem keuangan memiliki suplai uang yang cukup,” kata Purbaya.

Editor: Mohammad Noor Ashkin

Reporter: Antara



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Perekonomian nasional masih perlu mendorong pertumbuhan yang lebih cepat

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Harga Daging Capai Rp 140.000, Imbas Tingginya Permintaan Jelang Ramadhan