Dengan BRIlian Village, BRI membangun ekonomi yang kuat di level terkecil.

Jakarta, CNN Indonesia —

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus berupaya mendorong integrasi keuangan di tingkat terkecil pemerintahan – Desa – untuk menciptakan nilai ekonomi dan sosial melalui Program Desa Cemerlang 2021.

Program Inkubasi Desa bertujuan untuk menghasilkan panutan bagi pembangunan desa melalui penerapan praktik kepemimpinan desa yang baik. Brilliant Village 2021 juga mewujudkan semangat kolaborasi untuk mengoptimalkan potensi desa berdasarkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Selasa (14/12) lalu, BRI menggelar acara Brilliant Indonesia Village Show 2021 bertajuk Brilliant Village Talk, yang di dalamnya terdapat diskusi interaktif tentang perspektif pembangunan desa dan malam apresiasi untuk Desa Cemerlang Nugraha Karya.

Deputi Direktur BRI Catur Budi Harto menegaskan peran BRI tidak terbatas pada financial intermediaries. Namun juga berfungsi sebagai pemberdayaan atau pemberdayaan individu, pelaku korporasi hingga instansi desa. Menurutnya, mengingat pembangunan desa yang relatif belum merata di Indonesia, pemberdayaan desa menjadi isu yang perlu mendapat perhatian.

Untuk itu, sejak tahun lalu, BRI telah berpartisipasi di desa-desa di negara berkembang melalui program Brilliant Village. Desa-desa yang menjadi bagian dari program ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan desa yang dapat direplikasi di daerah lain,” ujarnya. dikatakan.

Desa Cemerlang Pada tahun keempat, BRI menyeleksi 2.062 desa calon. Puncak acara Brilliant Village yang menghadirkan diskusi terkait potensi pariwisata dan industri kreatif, inklusi keuangan desa, perspektif media pengamatan pembangunan desa, dan tahapan inovasi desa, juga dihadiri oleh pakar keuangan dan pengembangan usaha kecil dari masyarakat. lotre perusahaan. Srinaita Ginting, Direktur Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa – Dinas Desa dan PDTT Harlina Sulistyorini, Asisten Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya, Wakil Direktur BRI Catur Budi Harto, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, Finalis Desa Desa Brilian Indonesia.

Baca Juga:  DPR: Larangan Ekspor Batubara Bagus, Tapi Tidak Benar

Dalam hal yang sama, BRI juga menampilkan desa-desa inspiratif yang selamat dari dampak pandemi Covid-19, antara lain Desa Penggarit Pemalang, Desa Tebara Waikabubak, dan Desa Klangon Malang. Catur mengatakan keberhasilan ini tidak lepas dari peran pemberdayaan BRI dalam menciptakan ketahanan ekonomi desa melalui edukasi dan literasi kepada staf BRI untuk berperan sebagai penasihat keuangan tingkat desa dan penasihat keuangan digital bagi masyarakat. .

“Diharapkan desa peserta program Brilliant Village terus menciptakan nilai sosial dan ekonomi.
Ini adalah semangat dan inspirasi bagi desa-desa lain di seluruh Indonesia,” kata Catur.

(burung unta)




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Dengan BRIlian Village, BRI membangun ekonomi yang kuat di level terkecil.

Dari Situs Fikrirasy ID