Prospek! Analis Berharap Mitratel Lebih Bersinar Tahun Depan

Fikrirasy.ID – Prospek PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) atau Mitratel diharapkan semakin cerah ke depan. Kinerja Tower Publisher berpotensi tumbuh pesat karena cakupannya yang luas di luar Jawa dan kedekatannya dengan Telkomsel.

Niko Margaronis, Analis BRI Danareksa Sekuritas, mengatakan kedua faktor tersebut akan menjadi kekuatan bagi Mitratel untuk mencapai pertumbuhan kinerja yang lebih tinggi.

Dia memperkirakan penjualan Mitratel tahun ini sebesar Rp 6,8 triliun, atau meningkat 10% dibandingkan tahun 2020. Sementara itu, laba bersih diperkirakan naik 116,4% year-on-year menjadi Rp 1,3 triliun. Tahun depan, penjualan dan laba bersih perseroan diperkirakan mencapai Rp 7,8 triliun dan Rp 1,78 triliun.

Seperti diketahui, Mitratel saat ini memiliki lebih dari 28.030 unit menara dan 42.016 unit sewa yang tersebar di seluruh Indonesia. 57% dari total tower berada di luar pulau Jawa.

Baca juga:
Saham Mitratel menargetkan Rp 1.200 per unit

“Mungkin sebelumnya captive market Mitratel non-Jawa untuk Mitratel hanya Telkomsel 10 tahun yang lalu karena area ini tidak menarik bagi operator lain. Silver akan lebih menarik karena tingkat penempatannya, yang akan meningkat di masa depan,” jelas Nico Kamis (23 Des 2021).

Peningkatan keselarasan ini akan terjadi terutama di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi, lanjut Niko. Jadi, karena Mitratel sudah memiliki menara di tiga pulau ini, keuntungan akan meningkat.

Sedangkan Telkomsel dikabarkan telah memindahkan 10.050 menara telekomunikasi ke Mitratel. Operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia ini masih memiliki ribuan menara yang akan diluncurkan di Mitratel.

Baca Juga:  UU Cipta Kerja Inkonstitusional Bersyarat, KSPI: Proses dimulai dari nol

Menurut Niko, elemen ini akan membuat Mitratel lebih atraktif karena sebelumnya menara ini bersifat single tenant atau hanya tersedia di Telkomsel. Namun, jika Anda mengakuisisi Mitratel, Anda dapat menjualnya untuk digunakan oleh operator lain.

Hal ini tentunya akan memberikan keuntungan yang besar bagi Mitratel, ujarnya.

Baca juga:
Mitratel memiliki 28.000 menara telekomunikasi untuk menjangkau daerah-daerah terpencil.

Danarexa Securitas mengharapkan penjualan Mitratel tumbuh 2-3% QoQ pada kuartal ketiga tahun 2021. Perkiraan ini berdasarkan laporan Telkom Group, dimana pendapatan menara eksternal mencatat pertumbuhan tahunan dua digit dan meningkat sekitar 2% dibandingkan kuartal kedua.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Prospek! Analis Berharap Mitratel Lebih Bersinar Tahun Depan

Dari Situs Fikrirasy ID