Cara membuat akta kelahiran online, sekarang tidak perlu datang ke kantor Dukcapil.

Fikrirasy.ID – Kini, salah satu pemanfaatan teknologi dan internet yang dapat mempermudah kehidupan masyarakat Indonesia adalah cara membuat akta kelahiran. on line Ini sangat praktis. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Cara membuat akta kelahiran onlinee, silahkan baca artikel ini sampai habis!

Cara membuat akta kelahiran online

Berikut tata cara pembuatan akta kelahiran on line Menurut Permendagri No. 9: 2016:

  • Pelamar harus mendaftar di situs web Dukcapil setempat. Misalnya jika Anda tinggal di daerah Sleman Yogyakarta, Anda bisa mengaksesnya. https://dukcapilonline.slemankab.go.id/.
  • Gunakan nomor ponsel yang terdaftar pada NIK rumah tangga atau Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Kartu Keluarga (KK). NIK digunakan untuk verifikasi data sebelum memproses akta kelahiran anak.
  • Setelah itu, Anda akan menerima formulir yang harus diisi dengan benar.
  • Kemudian, sebagai pemohon, Anda akan menerima sertifikat pendaftaran, biasanya melalui email, dan akta kelahiran dalam bentuk kertas. on line.
  • Jika Anda telah menerima akta kelahiran dalam bentuk mengajukan, Kemudian Anda bisa mencetaknya sendiri di rumah.
  • Namun, jika Anda masih ingin mencetak akta kelahiran di kantor Dukcapil setempat, Anda harus membawa akta kelahiran yang Anda terima melalui email.

Sekarang jauh lebih mudah untuk membuat akta kelahiran!

Baca juga:
Cara mewarnai rambut Anda sendiri di rumah untuk berbagai tahap rambut keriting dan lurus!

Sebelumnya, pembuatan akta kelahiran anak hanya bisa dilakukan secara manual. offline Atau datang ke Disdukcapil. Sekarang Anda bisa melakukannya sendiri. on line di rumah. Hal ini tentunya akan sangat membantu para orang tua untuk mengurus dokumen kependudukan tanpa harus keluar rumah.

Proses pembuatan akta kelahiran harus dilakukan segera setelah anak lahir. Pasalnya, pengurusan akta kelahiran anak dikhawatirkan prosesnya akan lebih rumit dan memakan waktu lebih lama jika melebihi 60 hari setelah kelahiran.

Baca Juga:  NZR Sumbersari FC Malang Juara Men's League 3 MS Glow PSSI Jawa Timur 2021

Hal ini karena orang tua memerlukan keputusan tertulis dari Dukcapil setempat sebelum akta kelahiran dapat diproses, dan beberapa kantor Dukcapil di daerah tertentu mengenakan biaya keterlambatan pengisian akta kelahiran ini.

Ini adalah ulasan untuk Cara membuat akta kelahiran online. Semoga bermanfaat!

Kontributor: Rishna Maurina Pratama

Baca juga:
Cara download sertifikat vaksin standar WHO dari PeduliLindung, anda harus memperbaharui sertifikat anda sebelum pergi ke luar negeri.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Cara membuat akta kelahiran online, sekarang tidak perlu datang ke kantor Dukcapil.

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment