Menjaga kelancaran arus penumpang dan prosedur yang ketat di Pelabuhan Nataru

Fikrirasy.ID – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menginstruksikan staf dan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk memastikan kelancaran arus penumpang dan barang di pelabuhan selama liburan Natal dan Tahun Baru 2022. Pasalnya, pergerakan penumpang dan barang cenderung meningkat saat Natal dan Tahun Baru atau musim Naru.

Untuk itu, sangat penting bagi seluruh pemangku kepentingan di bidang transportasi untuk menjaga keselamatan secara memadai, menjaga kelancaran arus penumpang dan barang, serta memperkuat prosedur, kata Budi di Nusantara Penumpang memimpin Siaga Kesiapan Angkutan Laut untuk Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. . Minggu (12 Desember 2021) Terminal Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Budi juga mengingatkan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem, termasuk badai yang baru saja terjadi yang dapat membahayakan kapal layar. Ia selalu meminta petugas pelabuhan untuk mengupdate informasi dan kondisi cuaca BMKG saat memberikan surat kuasa pelayaran atau SPB.

Dia berkata, “Penyesuaian terkait cuaca dan navigasi pelayaran harus dilakukan dengan benar.

Baca juga:
Jelang Lebaran Nataru, Menteri Perhubungan menginstruksikan pegawai untuk mengecek kelaikan udara pesawat.

Terkait penguatan prosedur kesehatan, Menhub meminta aparat kepolisian memastikan penumpang yang berlayar telah divaksinasi lengkap dan diuji antigennya.

“Jika belum ada vaksin atau uji antigen, kami meminta PT Pelindo dan PT Pelni, Direktur Perhubungan Laut, untuk mengoordinasikan penyediaan fasilitas vaksinasi dan pengujian antigen,” ujarnya.

Selain itu, dia mengimbau kepada seluruh pejabat pelayaran agar tidak lalai mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan guna mencegah lonjakan jumlah kasus COVID-19 pasca libur Natal dan Tahun Baru Imlek.

“Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan kita untuk merawatnya dengan baik. Saya berharap ini akan mengarah pada ekonomi yang lebih baik dan lebih banyak kebebasan bagi kita.”

Baca Juga:  Bawa payung. Hujan diperkirakan akan turun di beberapa kota besar.

Dalam kasus yang sama, Panglima Komando Transit Maritim atau Kolinlamil Panglima TNI AL Erwin S Aldedharma menjelaskan, pihaknya siap menjaga keamanan lalu lintas laut selama liburan dan siap membantu pelaksanaan vaksinasi di pelabuhan. Untuk mencegah lonjakan jumlah kasus COVID-19.

Baca juga:
Menhub Pastikan Liburan Nataru Tidak Ada Isolasi: Prokes Diperkuat

Sementara itu, Pj Direktur Angkutan Laut Arif Toha mengatakan, selama libur tahun ini, jumlah pengguna kapal diperkirakan meningkat 1,2% dibandingkan tahun sebelumnya.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Menjaga kelancaran arus penumpang dan prosedur yang ketat di Pelabuhan Nataru

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment