RI WARNING Omicron, Menkes Gak Mau Ketinggalan Seperti Delta!

Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Kesehatan Budi Gundi Sadikin menjelaskan bahwa pemerintah telah memperkuat semua jalur transportasi melalui udara, laut dan darat untuk mencegah masuknya strain Omicron ke Indonesia.

“Kami juga melihat risiko bagi orang-orang yang memiliki banyak penerbangan ke Indonesia dan kami melakukan ini tidak hanya di bandara, tetapi juga di pelabuhan dan perbatasan darat. Dalam pengalaman kami, varian delta sebenarnya berasal dari laut, jadi kami melindunginya. itu,” kata Budi dalam keterangannya. Konferensi pers tentang tanggapan pemerintah terhadap varian Omicron, efektif Minggu (28 November 2021).

Untuk mencegah strain Omicron yang saat ini menyebar ke banyak negara, pemerintah juga melarang warga negara asing (WNA) dari negara-negara di Afrika dan negara-negara yang berpotensi menyebarkan virus Omicron.

Budi mengatakan pemerintah telah belajar banyak selama epidemi dan tidak ingin ketinggalan lagi, sehingga setiap rute harus dipantau secara ketat. Semua stasiun karantina yang berdekatan dengan jalur udara, darat dan laut juga akan mengeluarkan peringatan untuk mendeteksi siapa pun yang datang.

“Kami akan memastikan semua stasiun karantina di pelabuhan laut dan darat bekerja keras. Kebijakan kami adalah semua kedatangan internasional akan diuji PCR, dan jika positif, kami harus mengkondisikan mereka untuk mengetahui apakah mereka memiliki mutasi baru. Tidak,” kata Budi.

Timurfoto: timur
Timur

Sejauh ini varian Omicron masih dalam kajian lebih lanjut, sehingga segala kemungkinan harus dipersiapkan sejak dini. Varian Omicron juga telah menyebar ke 13 negara, antara lain Afrika Selatan, Inggris, Hong Kong, dan Italia, serta beberapa negara Afrika, dan semua kontak dengan negara-negara tersebut mulai dibatasi.

Indonesia belum masuk dalam daftar negara dengan kasus Omicron, meskipun penyelidikan lebih lanjut masih berlangsung, potensi paparan strain baru cukup tinggi karena tingkat penularan Omicron diperkirakan akan jauh lebih cepat.

Baca Juga:  Gibran ingin membuat ulang THR di Lokananta kali ini.

[Gambas:Video CNBC]

(tidak diketahui/tidak diketahui)


Terimakasih Ya sudah membaca artikel RI WARNING Omicron, Menkes Gak Mau Ketinggalan Seperti Delta!

Dari Situs Fikrirasy ID