Mahasiswa ini berhasil menjadi pelaksana JKN. Apa pekerjaannya?

Jakarta, CNBC Indonesia – Umi Elistika, 25 tahun, mahasiswi aktif di salah satu perguruan tinggi swasta di Tegal, merupakan salah satu mitra Penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan Cabang Tegal. Ellis, panggilan Ellis, telah bekerja sebagai pelaksana JKN sejak September 2018, tiga tahun lalu.

Sebagai pelaksana JKN, Elis memiliki pengalaman mulai dari yang pahit hingga yang menyenangkan. Meski masih berstatus mahasiswa, Elis sudah memutuskan menjadi pelaksana JKN.

“Waktu itu saya melihat iklan di media sosial tentang lowongan menjadi Kader BPJS Kesehatan JKN. Awalnya saya tidak tahu Kader JKN itu apa, tapi saya tertarik jadi anggota BPJS, jadi saya daftar. iseng-iseng. Kesehatan waktu itu namanya BPJS Kesehatan. Karena lumayan populer,” kata Elis, Sabtu (12/11/2021).

Diakuinya banyak suka dan duka selama menjadi pelaksana JKN, mulai dari lokasinya di Desa Yangyang, jauh dari rumah, hingga ditolak peserta, dan banyak kerabat baru dari peserta JKN-KIS dan sesama pelaksana JKN. .

Peserta yang awalnya hanya diberikan status kepesertaan seringkali meminta bantuan pengurus untuk layanan pengelolaan seperti pengurusan pencetakan kartu atau sekadar membantu peserta JKN-KIS mengunduh dan menggunakan fitur Mobile JKN.

“Jadi Kader JKN membuat saya bisa mengenal banyak orang baru. Saya juga belajar berkomunikasi dengan orang yang berbeda tipe. Mungkin saya juga orang yang mudah bergaul, jadi menjadi Kader JKN sangat menyenangkan. Apalagi jika saya bisa membantu. . Banyak orang, kalau ada, saya senang. Kalau orang sudah bilang saya nyaman jadi pelaksana JKN, saya juga jadi lebih paham regulasi dan manajemen pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan,” kata Elis.

Ia berharap peserta JKN-KIS membayar iuran lebih tertib dan tepat waktu untuk lebih menjaga keberlanjutan program. Peserta JKN-KIS juga bisa lebih tenang dalam mengakses pelayanan kesehatan jika kepesertaannya dikelola dengan baik.

Baca Juga:  hari demi hari! WHO kembali membawa kabar buruk tentang Omicron.

[Gambas:Video CNBC]

(Hei/Hei)


Terimakasih Ya sudah membaca artikel Mahasiswa ini berhasil menjadi pelaksana JKN. Apa pekerjaannya?

Dari Situs Fikrirasy ID