Menciptakan budaya mekanisasi pertanian melalui platform digital

zawafos.com – PT Terra Agro Digital (Terra) memajukan budaya mekanisasi pertanian Indonesia melalui platform digital TERRA. Hal ini dilakukan untuk menjawab tantangan Era Pertanian 4.0.

Dhimas Rangga Saputra, Operation Manager PT Terra Agro Digital, mengatakan sejak Januari hingga November 2021, TERRA melakukan mekanisasi di lahan seluas lebih dari 1.300 hektar untuk mendukung proses panen padi dan jagung.

Dhimas mengatakan untuk menguasai proses mekanisasi di seluruh proses pertanian di Indonesia, TERRA mendemonstrasikan pengolahan lahan menggunakan proses mekanis (traktor roda empat) di wilayah Madiun (Dusun Tulung Rejo) yang luasnya mencapai 2,3 hektar ( Dusun Tulung Rejo).

Ia mengatakan dalam keterangannya, Sabtu (11/12), “Dengan proses percontohan ini, kami berharap petani dapat melihat secara langsung kemudahan, kecepatan dan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan penanganan lahan secara manual.”

Menurutnya, dengan terus mengedukasi dan mengimplementasikan proses pertanian disertai mekanisasi, dapat menjadi solusi permasalahan pertanian Indonesia. Kami juga berharap dengan pelaksanaan proses mekanisasi yang tepat, kemajuan mekanisasi pertanian akan berkembang dengan baik.

Ia menyimpulkan, “Memungkinkan industri pertanian di Indonesia, khususnya Jawa Timur, untuk memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah dan langsung kepada petani”.

Editor: Eddie Pramana

Reporter: Romeis Vinekasri



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Menciptakan budaya mekanisasi pertanian melalui platform digital

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  RI 2060 tidak menggunakan batubara sebagai listrik.