dingin! Google Maps membantu polisi Italia menangkap buronan mafia.

Jakarta, CNBC Indonesia – Google Maps tidak hanya akan membantu Anda menemukan jalan ke tujuan Anda, tetapi juga membantu Anda menangkap penjahat.

Baru-baru ini, polisi Italia telah berhasil menangkap buronan mafia terkemuka yang telah buron selama hampir dua dekade. Penangkapan dilakukan dengan bantuan aplikasi Google Maps.

Setelah dua tahun penyelidikan, Gioacchino Gamino yang berusia 61 tahun ditemukan di Galapagar, Spanyol, salah satu kota yang dekat dengan ibu kota Madrid. Di sana, Gamino hidup dengan nama samaran.

Gambar Google Maps Street View yang menunjukkan seorang pria yang tampak seperti Gamino di depan toko buah adalah kunci untuk memicu penyelidikan yang lebih dalam.

“Foto-foto tersebut membantu mengkonfirmasi penyelidikan yang kami lakukan dengan cara tradisional,” Nicola Altiero, wakil direktur Badan Kepolisian Anti-Mafia Italia (DIA) mengatakan kepada Reuters, Rabu (1 Mei 2022).

Gamino, anggota kelompok mafia Sisilia yang dijuluki Stidda, melarikan diri dari penjara Levivia Roma pada tahun 2002. Pada tahun 2003, dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas pembunuhan yang dia lakukan beberapa tahun sebelumnya.

Altiero mengatakan Gamino saat ini sedang berlangsung di Spanyol dan berharap untuk membawanya ke Italia pada akhir Februari 2022.

Ini bukan pertama kalinya Google membuat aplikasi. Membantu menangkap penjahat. Pada tahun 2017, di Milwaukee, Wisconsin, AS, seorang wanita berhasil menemukan dua penjahat yang memukul dan memperkosanya.

Baca Juga:  Wartawan Palopo divonis penjara karena UU ITE, pengacara banding

Menurut NBC News, penggunaan Google Maps dan aplikasi pelacakan data digital semakin populer di kalangan petugas polisi yang mencari bantuan dalam semua kasus yang belum terpecahkan, mulai dari perampokan hingga pembunuhan.

Sejauh ini, polisi telah menggunakan aplikasi ini untuk menemukan tersangka dalam serangkaian pemboman di Texas dan menangkap mereka dalam invasi rumah Minnesota dan perampokan San Francisco.

[Gambas:Video CNBC]

(tfa/tfa)


Terimakasih Ya sudah membaca artikel dingin! Google Maps membantu polisi Italia menangkap buronan mafia.

Dari Situs Fikrirasy ID