57 bendungan baru akan ditambahkan pada tahun 2024.

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin jumlah bendungan di Indonesia akan terus bertambah. Pada akhir kepemimpinannya, setidaknya 57 bendungan baru akan dibangun di seluruh negeri.

Hal itu dikatakan Jokowi saat peresmian Bendungan Bintang Bano di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (14 Januari 2022). Jokowi sendiri didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan rombongan.

“Insya Allah hingga akhir tahun 2024 total 57 bendungan akan selesai dibangun di seluruh Indonesia,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan keberadaan bendungan Bintang Bano merupakan bendungan ke-29 yang dibangun pemerintahannya sejak 2015. Untuk sisa masa jabatannya, Jokowi yakin akan ada tambahan bendungan baru.

Kemudian Jokowi berbicara tentang mengapa dia membangun bendungan secara agresif dalam beberapa tahun terakhir. Jokowi ingin menyelesaikan masalah yang dialami Indonesia.

“Kenapa kita membangun bendungan ini? Ketahanan pangan, swasembada pangan, kedaulatan pangan. Itu hanya mungkin jika ada air di seluruh benteng. Air adalah kuncinya,” katanya.

Bendungan itu sendiri dibangun dengan fungsi untuk meningkatkan kemanfaatan fungsi sumber daya air, konservasi air, pengendalian daya rusak air, dan pengamanan penyimpanan limbah atau lumpur tambang.

“Kami berharap bendungan ini dapat mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, mendukung ketahanan pangan di Provinsi NTB dan memenuhi kebutuhan air baku terutama di daerah gersang,” katanya.

[Gambas:Video CNBC]

(teh/teh)


Terimakasih Ya sudah membaca artikel 57 bendungan baru akan ditambahkan pada tahun 2024.

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Pelaku diduga anggota TNI, dan Pomdam IM menindaklanjuti dengan pembakaran rumah pelapor.