Pentingnya Asuransi Mobil Saat Musim Hujan

Menjelang akhir tahun, negara-negara tropis seperti Indonesia umumnya mulai memasuki musim hujan. Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan akan mengalami awal musim hujan pada Oktober dan November 2021. Puncaknya diperkirakan pada Januari dan Februari 2022 di sebagian besar wilayah.

Musim hujan agak mempengaruhi mobilitas masyarakat. Sebagian besar masyarakat mengandalkan kendaraan bermotor khususnya mobil untuk mempermudah mobilitas sehari-hari. Sementara itu, peningkatan curah hujan juga meningkatkan risiko banjir, sehingga pemilik kendaraan perlu ekstra waspada. Pemilik mobil perlu memahami bahwa ada berbagai risiko yang harus dihadapi kepemilikan mobil setiap saat.

Asuransi kendaraan memiliki sejumlah manfaat yang dapat melindungi pemilik kendaraan dari dampak finansial yang mengancam kendaraannya jika rusak atau hilang. Sayangnya, meningkatkan kesadaran akan pentingnya persiapan perlindungan kendaraan bukanlah tugas yang mudah.

“Mobil, seperti mobil dan sepeda motor, merupakan salah satu aset pengguna yang bernilai ekonomis. Mobil merupakan salah satu aset yang bisa cepat dijual atau dipinjam jika suatu saat dibutuhkan mendesak. Alwin Jasim, kepala pengembangan, mengatakan dalam sebuah keterangan resmi, Sabtu (11), segala sesuatu yang terjadi pada kendaraan sama dengan rusak atau hilang dan sama dengan kehilangan banyak uang (/12).

Karena nilai ekonominya yang signifikan, kendaraan yang Anda miliki harus dilindungi oleh asuransi, tambahnya. Hal ini penting untuk memungkinkan pemilik untuk mengurangi kerugian finansial jika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah kerugian finansial akibat kerusakan kendaraan akibat banjir.

Ada dua jenis asuransi mobil, komprehensif dan total kerugian, tergantung pada cakupan cakupan. Jenis asuransi komprehensif ini mencakup kerusakan ringan dan besar yang ditentukan dalam polis. Sebaliknya, tipe total loss hanya mengkompensasi bila kendaraan hilang atau dinilai rusak 75%, dan diganti sesuai dengan nilai kendaraan yang dihitung dari masa pakai.

Kedua jenis asuransi mobil memberikan manfaat dasar, tetapi tidak mencakup kerusakan yang disebabkan oleh bahaya khusus seperti banjir, gempa bumi, letusan gunung berapi, aksi kolektif dan kerusuhan. Oleh karena itu, pemilik kendaraan harus mempertimbangkan untuk memperluas manfaat perlindungan banjir ke asuransi kendaraan untuk menambah ketenangan pikiran, terutama mengingat banjir rawan terjadi selama musim hujan.

Membeli asuransi mobil tidak bisa sembarangan dan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. “Anda harus memperhatikan cakupan dan memeriksa reputasi perusahaan asuransi Anda. Besaran premi umumnya disesuaikan berdasarkan risiko yang ditanggung dan besarnya tanggungan. Jadi jangan hanya melihat asuransi yang murah, risiko yang dijamin tidak maksimal. Perhatikan juga risiko yang Anda tanggung jika terjadi klaim dan workshop multiple partner,” tutup Alwin.

Baca Juga:  Survei Charta Politica: 40.3 Responden Semoga Bisa Dilangsungkan Pemilu 2024

Memasuki akhir tahun 2021, pemerintah kembali meningkatkan mobilitas masyarakat untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19. Masyarakat dihimbau untuk tetap berada di rumah sebelum libur Natal dan Tahun Baru serta tidak bepergian atau mengambil liburan panjang. Fitra Eri dari Naravlog Otomotif Indonesia membagikan nasehatnya tentang cara merawat kendaraan agar tetap aman dan nyaman serta terhindar dari berbagai risiko kerusakan yang mungkin terjadi selama periode tersebut.

“Mobil dirancang untuk menjadi benda bergerak, sehingga setelah beberapa lama tidak aktif, beberapa bagian tidak akan bekerja secara maksimal. Rem tangan, oli, dan aki mobil adalah beberapa bagian terpenting dalam sebuah mobil,” kata Pitra.

Untuk alasan ini, saat parkir dalam jangka waktu yang lama, jangan gunakan rem tangan sebanyak mungkin, sesuaikan gigi untuk mempertahankan kondisi gigi yang stabil, dan selalu parkir di permukaan yang datar. Anda juga bisa menggunakan car-back jack stand dengan 4 sisi di setiap roda agar ban Anda tidak menyentuh permukaan jalan. Ini dapat memberikan daya tahan yang lebih lama seiring bertambahnya usia ban.

Selain itu, menurut Fitra, asuransi mobil merupakan perlindungan yang selalu dapat memberikan ketenangan pikiran untuk melindungi mobil Anda dari berbagai risiko yang mungkin timbul, namun tidak terbatas pada perawatan yang tepat. Sejalan dengan itu, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama Indonesia) yang merayakan hari jadinya yang ke-32 pada akhir Desember, terus meningkatkan layanan perlindungan bagi nasabah di seluruh Indonesia dengan memberikan solusi asuransi umum yang komprehensif.

Di era yang semakin matang ini, Allianz Utama Indonesia berkomitmen untuk memberikan produk dan layanan perlindungan terbaik sesuai kebutuhan nasabah dan masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan memperluas manfaat asuransi kendaraan banjir untuk melindungi pemilik kendaraan saat musim hujan. . Temukan informasi produk asuransi kendaraan sesuai kebutuhan Anda di https://www.allianz.co.id/product/asuransiumum/asuransi-kendaraan.html. (OL-14)




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pentingnya Asuransi Mobil Saat Musim Hujan

Dari Situs Fikrirasy ID