Pemerintah memperketat karantina dan mempercepat vaksinasi terhadap Omicron.

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah memperketat aturan karantina dan percepatan vaksinasi COVID-19, khususnya bagi lansia dan anak-anak, guna mencegah penyebaran virus corona jenis Omicron.

Sekretaris Komunikasi dan Informasi Johnny G. Plate mengatakan dalam siaran persnya, Selasa, “Pemerintah terus berupaya untuk mempercepat vaksinasi serta memajukan vaksinasi untuk mengurangi lonjakan kasus dan mencegah terjadinya gelombang ketiga.” ujarnya.

Menurut Johnny, per 26 Desember 2021, jumlah pasien aktif COVID-19 mencapai 4.655 (0,11% dari total pasien), dan rata-rata jumlah kasus terkonfirmasi setiap hari selama 7 hari mencapai 200 orang. tren menurun.

“Perkembangan kasus COVID-19 masih di bawah rata-rata global 8,6%, turun 99,19% dari puncaknya 24 Juli 2021,” kata Johnny.

Selengkapnya: Epidemiolog UI optimistis Indonesia masuk tahap endemis pada 2022.

Dikatakannya, saat ini terdapat 46 kasus infeksi Omicron di Indonesia. Strain virus ini diketahui telah datang dari 115 negara sehingga menyebabkan total 184.625 kasus dan 31 kematian.

Hingga 26 Desember 2021, Indonesia mengalami penambahan 27 kasus baru dengan rincian 26 WNI dan 1 WNA (terutama Turki, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab).

Selain itu, Johnny mengatakan tingkat imunisasi rata-rata telah meningkat selama seminggu terakhir sejak imunisasi anak dimulai, mencapai sekitar 1,2 juta dosis per hari. Sementara itu, anak usia 6-11 tahun telah divaksinasi sekitar 2,3 juta kali.

Angka vaksinasi di luar Jawa dan Bali meningkat, mencapai 55,6% dari rata-rata angka imunisasi harian nasional.

Saat ini, Menkominfo mengingatkan bahwa perpanjangan PPKM (Cakupan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dari 24 Desember 2021 menjadi 3 Januari 2022 tetap mengikuti sistem PPKM Nataru. Mendagri Nomor 62 Tahun 2021.

Baca juga: COVID-19 Australia memuncak saat Omicron ganggu politik.

Baca Juga:  AJI desak kejaksaan banding atas persekusi terhadap dua jurnalis di Surabaya

Baca Selengkapnya: Kemenkes: Penurunan mobilitas di akhir tahun akibat penularan di wilayah Omicron

BACA JUGA: Evakuasi Pasien Omicron dari Apartemen Pluit Sesuai SOP.

Reporter: Pastor Lockman
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2021

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pemerintah memperketat karantina dan mempercepat vaksinasi terhadap Omicron.

Dari Situs Fikrirasy ID