Pakar ITB Tuntut Tolok Ukur Penetrasi Efektif untuk Menyerap Air

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Profesor Indratmo Soekarno, Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (ITB) sumur penetrasi Anda bisa membuatnya di mana saja. Lokasi mulai di pekarangan rumah, kantor, pusat perbelanjaan, jalan raya dan tepi sungai.

Saat dihubungi Fikrirasy.ID pada Selasa, 23 November 2021, dia mengatakan “kecuali di daerah rawan longsor.”

Menurut Indratmo, siapa saja dari penghuni, pemilik gedung besar, dan pemerintah bisa membangun sumur resapan. Departemen Pekerjaan Umum telah membuat standar sumur resapan dari tingkat rumah tangga hingga tingkat kota.

Seorang dosen dari Kelompok Keahlian Teknik Sumber Daya Air mengatakan, “Konsep awal pembuatan sumur rembesan adalah untuk mengelola air hujan yang jatuh secara lokal.” ITB itu.

Sumur tembus yang memenuhi keempat aturan atau syarat tersebut dinilai efektif menyerap aliran air. Secara teknis, daya serap air bisa mencapai 40-60 sentimeter per jam. hujan.

Di sisi lain, tablet penetrasi dianggap kurang efektif ketika air turun di bawah 20 cm per jam. “Kalau air tidak turun ke sumur, berarti ada masalah,” kata Indratmo.

Ia mengusulkan agar pemerintah daerah mewajibkan pembangunan sumur rembesan di rumah-rumah dengan kriteria tertentu. “Ini juga menggarisbawahi bahwa banjir adalah tanggung jawab bersama dalam proses IMB (izin membangun),” katanya.

Ada juga cara lain untuk menampung air hujan dalam wadah atau bak khusus, yang hasilnya dapat dipanen untuk menyiram tanaman atau membersihkan kendaraan serta air baku.

Baca Juga:  KRTI 2021 memperkenalkan robot terbang Az-zawra, IoT dan teknologi ekonomis

Program sumur tembus DKI Jakarta belakangan ini menuai kontroversi. Beberapa pihak menekankan lokasi manufaktur. Penolakan lainnya adalah sumur rembesan dianggap tidak efektif dalam mengendalikan masalah banjir.

Baca:
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Pakar ITB: Empat Syarat Harus Penuhi

selalu memperbarui memperbarui. mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. perlu kamu lakukaninstalasi Pertama, aplikasi Telegram.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pakar ITB Tuntut Tolok Ukur Penetrasi Efektif untuk Menyerap Air

Dari Situs Fikrirasy ID