Merah Putih Fund Menunjukkan Kemitraan Dengan Startup Lokal

Fikrirasy.ID – Toto Pranoto, pengamat BUMN Universitas Indonesia, menilai Dana Merah Putih yang merupakan inisiatif Departemen BUMN dapat menginspirasi dan menanamkan semangat bagi startup atau startup lokal.

Seorang pejabat Toto mengatakan, “Ini adalah upaya positif untuk mendorong dan mendorong perusahaan publik domestik untuk mendorong dan mendorong startup domestik. Tentu saja, ada peluang perusahaan publik domestik untuk berinvestasi di startup global yang menjanjikan. Dapat dilihat,” katanya. Rabu (15/15). /12/2021).

Toto juga menambahkan, karena pemerintah menjamin pengembangan bisnis melalui perusahaan publik, Red Back Fund dapat menginspirasi semangat dan motivasi serta membentuk ekosistem startup lokal yang lebih baik.

“Kita perlu model bisnis yang lebih resiprokal antara kedua perusahaan. Perusahaan publik tidak boleh sembarangan melakukan investasi, karena bisa menimbulkan potensi kerugian. Oleh karena itu, opsi pembiayaan bagi startup yang sudah memasuki fase pertumbuhan bisa menjadi pilihan,” ujarnya. .

Baca juga:
Erick Thohir: Dana Merah Putih Akan Membentuk Ekosistem Baru

Dana Merah Putih merupakan inisiatif Kementerian BUMN untuk mendukung percepatan startup lokal yang berpotensi menjadi unicorn melalui kerjasama bisnis dan permodalan. Ini juga membangun sinergi potensial untuk solusi digital di berbagai bidang.

Dana Merah Putih akan dikelola oleh lima pemodal ventura milik negara dan akan mengumpulkan $300 juta untuk tahap pertama dari sejumlah perusahaan milik negara. Dana Merah Putih juga memenuhi syarat untuk pembiayaan dari perusahaan publik Indonesia dan investor lainnya.

Baca Juga:  Turis miliarder Jepang dari ISS membagikan video selang waktu Bumi

Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya mengatakan Dana Merah Putih akan memfokuskan dananya baik pada sunnikons (yang akan segera menjadi unicorn) atau startup yang belum menjadi unicorn.

Menurut Erick Thohir, Sunnikons memiliki banyak potensi, tetapi tanpa pendanaan, startup tidak akan memiliki potensi lagi. [Antara]

Baca juga:
Erick Thohir mengandalkan INA untuk membuat unicorn baru



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Merah Putih Fund Menunjukkan Kemitraan Dengan Startup Lokal

Dari Situs Fikrirasy ID