Mengapa seseorang bisa memiliki rambut keriting?

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Manusia memiliki berbagai macam warna, tekstur dan bentuk. rambut. tergantung jenis rambut orangnya gen apa yang dia warisi. bagaimana itu Rambut keriting?

Seperti dilansir laman ABC Science pada Kamis, 11 November 2021 rambut Ini terdiri dari dua komponen dasar: batang rambut dan folikel rambut, yang terletak di kulit kepala dan tidak terlihat. Folikel rambut bertanggung jawab untuk produksi rambut.

Sifat-sifat folikel rambut secara langsung mempengaruhi bentuk dan tekstur rambut yang dihasilkannya. Bentuk folikel ini dipengaruhi oleh gen yang diturunkan.

Gen ini mengontrol apakah rambut lurus atau keriting. Rambut keriting adalah sifat dominan autosomal.

Ini terjadi ketika satu orang tua membawa gen dominan dan orang tua lainnya tidak. Jadi gennya bermutasi. Terkadang orang menderita kelainan autosomal dominan dengan kemungkinan 50% memiliki anak dengan mutasi dan gen dominan.

Seperti yang telah disebutkan, rambut keriting adalah sifat dominan autosomal. Artinya, salah satu orangtua berambut lurus dan orangtua lainnya berambut keriting. Jadi, jika Anda memiliki rambut keriting, Anda akan memiliki gen untuk kedua jenis rambut tersebut, tetapi gen rambut keriting akan menang.

Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa 85% sampai 95% dari gen rambut keriting diwariskan. Ini berarti bahwa sembilan dari sepuluh kasus variasi bentuk rambut dapat dikaitkan dengan DNA.

Selain itu, sifat folikel rambut secara langsung mempengaruhi kelengkungan rambut. Folikel rambut simetris menghasilkan rambut lurus.

Sebaliknya, folikel rambut asimetris menghasilkan rambut oval yang cenderung melengkung saat tumbuh. Ini tentu saja merupakan kemungkinan produksi. Rambut keriting.

Amelia Lahima Sari

Baca juga: 7 Cara Menjaga Bentuk Rambut Keriting Anda

Selalu up to date dengan informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita pilihan Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Baca Juga:  Definisi, Peran, Tanggung Jawab, Perbedaan, Kualifikasi.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Mengapa seseorang bisa memiliki rambut keriting?

Dari Situs Fikrirasy ID