USA vs. Billie Holiday (Dir. Lee Daniels, dengan Andra Day. Hulu/Sky Movies) – Berita, ulasan, fitur, dan komentar tentang kancah jazz London dan sekitarnya

America vs. Billy Holiday
(Sutradara Lee Daniels, Dibintangi Andra Day. Film Hulu/Sky. 137 menit. Ulasan oleh John Bungie)

Akun naluriah perburuan penyanyi oleh FBI menampilkan penampilan utama yang luar biasa

Film ‘Amerika vs. Liburan Billy’. Courtesy of Sky

Dalam daftar artis hebat yang telah berurusan dengan tangan-tangan buruk kehidupan, jazz memiliki beberapa pendatang. Billy HolidayTapi itu melampaui segalanya: masa kecil yang mengerikan, rasisme era Jim Crow, kecanduan heroin, serangkaian penipu dan penipu dalam kehidupan pribadinya, penganiayaan FBI dan kematian dini. Ini adalah beban terbesar dari tragedi yang membayangi seninya. Dia bersaing dengan Sinatra, penyanyi dan artis jazz terbaik yang secara permanen mengubah cara musik diinterpretasikan.

Daniel Lee, sutradara film terbaru, terpesona oleh ceritanya (sekitar 40 tema), menempatkan keputusan Holiday untuk memulai pertunjukan Strange Fruits pada tahun 1939 di jantung film. Teriakan kemarahan lagu tersebut pada seorang black lynch di Selatan tampaknya merupakan seruan untuk “apa yang disebut gerakan hak-hak sipil” oleh pihak berwenang yang sudah berusaha menangkapnya atas tuduhan narkoba. Nyanyian klub malam tentang “tiba-tiba bau daging terbakar” tidak dapat ditoleransi. Musuh bebuyutannya adalah Harry Anslinger, kepala Administrasi Narkoba Federal, seorang rasis dan pembenci jazz yang terang-terangan (yang sepertinya pernah bermimpi untuk menggulingkan Charlie Parker dan Louis Armstrong juga). Dalam plot yang terinspirasi oleh buku nonfiksi Johann Hari tahun 2015 Chasing the Scream tentang perang narkoba, Anslinger menugaskan agen FBI kulit hitam junior Jimmy Fletcher tugas untuk memenjarakan Holiday. Dalam sebagian besar biografi Holiday, Fletcher adalah sosok yang cukup marjinal, tetapi di sini Fletcher menjadi pusat perhatian dalam reinterpretasi gaya The Crown, menjadi kekasih Holiday. “Ini rumit.” Ketika skrip mencoba menyelesaikan semua ini, katanya.

Film ‘AS vs. Liburan Billy’. Courtesy of Sky

penyanyi amerika Hari Andra (Atas) Setelah kehilangan 40 pon dan mulai merokok dan minum, dia menjadi Billie Holiday. Dan dia luar biasa. Ini mungkin pekerjaan akting pertamanya, tetapi itu mengundang nominasi Oscar. Jarang tanpa gelas atau rokok, dia mengerutkan kening, bersumpah, dan mengabaikan pria yang tertipu dengan campuran kekuatan dan kerentanan yang mati-matian berusaha menjaga karier, kesehatan, dan kewarasan mereka tetap pada jalurnya. Yang dia butuhkan adalah pusat rehabilitasi dan yang dia dapatkan adalah penjara. Pertunjukan panggung yang terlahir kembali adalah intinya. Day adalah lambang glamor dengan lipstik merah darah, gardenia di rambutnya. Tidak seperti penampilan flamboyan Diana Ross di Lady Sings the Blues tahun 1972, yang tidak banyak meniru Holiday, Day terdengar autentik. Sama seperti Holiday, dia melayangkan beberapa baris di belakang irama dan menggunakan Fikrirasy.ID serak itu untuk tepi suaranya. kami mendengar Tuhan memberkati anak itu, segalanya bagiku, kekasih pria, itu bukan urusan siapa-siapa (Bernyanyi sambil tersenyum bersama dengan lirik muram itu: “Saya bersumpah saya tidak akan menyanyikan lagu tembaga jika saya dipukuli oleh ayah saya”). ekspresi penuh buah yang aneh Dua pertiga lulus dan tulang belakang saya kesemutan.

Baca Juga:  7 Film Petualangan Terbaik Dari The Hobbit hingga The Lord of the Rings

Konon, pada 2 jam 17 menit, film ini terlalu panjang dan terkadang ceroboh. Set piecenya kuat. Pertunjukannya, saat Holiday menyaksikan kejadian setelah Lynch (OK, itu tidak terjadi dalam kehidupan nyata), saat seorang reporter kulit hitam bertanya mengapa dia tidak bisa berada di lokasi syuting “Seperti Ella Fitzgerald dan Marian Anderson” Contoh rasnya tidak melihat. Tapi mengambil langkah mundur dari hubungannya dengan Tallulah Bankhead tidak menambah banyak, dan ada teka-teki pahlawan / penjahat Fletcher. Dalam satu adegan yang hidup, Fletcher (Trevante Rose) mencoba heroin untuk pertama kalinya dan membayangkan dirinya dibawa pulang ke Bordello masa kecil Holiday, tetapi itu tidak cocok dengan gaya bercerita yang sederhana dan seringkali naluriah di sekitarnya. Daniels tidak membatasi pukulan, seks, atau jarum suntik.

Tetap saja, temukan filmnya. Andra Day saja sepadan dengan waktu. Kemudian cari catatan Holiday dari tahun-tahun awal, seperti lagu tahun 1930-an dengan rombongan Duke Ellington, dan ingatkan mereka bahwa ada juga kegembiraan dalam kisahnya.

America vs. Billy Holiday Mulai 27 Februari di Sky Cinema

Tautan: Ulasan Tessa Souter tentang film James Erskine Billy
America vs. Billy Holiday di sky.com

Terimakasih Ya sudah membaca artikel USA vs. Billie Holiday (Dir. Lee Daniels, dengan Andra Day. Hulu/Sky Movies) – Berita, ulasan, fitur, dan komentar tentang kancah jazz London dan sekitarnya

Dari Situs Fikrirasy ID