Menteri ESDM berjanji menambah dan mengupgrade peralatan monitoring Semeru

Fikrirasy.ID.CO, Bandung – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif berjanji menambah peralatan pengamatan Gunung Semeru. Di luar itu, itu akan menjadi peningkatan dari apa yang dia sebut ‘standar’.

Dia mencontohkan kamera thermal imaging. Fasilitas atau alat ini akan ditambahkan di masa depan untuk membantu menentukan arah potensi. awan panas Rontok. “Saat ini baru bekerja di area yang terlihat spot-spotnya saja,” kata Aripin dalam keterangannya, Jumat, 17 Desember 2021.

Arifin mengatakan beberapa lokasi yang akan dipasang kamera thermal imaging antara lain di kawasan Besuk Kobokan. Jika Anda mengalami luncuran awan panas, Anda ingin suhunya segera diketahui.

“Jaraknya hanya 13 kilometer karena puncaknya tertutup kabut,” kata Arifin. “Kami sedang mencari cara. Bagaimana kami bisa sampai ke titik pengamatan yang lebih dekat?” Saya melakukannya. – Peta wilayah yang rentan.

Arifin menegaskan, sistem peringatan dini sudah berjalan sesuai mekanisme di setiap titik pemantauan gunung api. Setiap pemantauan menunjukkan tanda-tanda peningkatan aktivitas gunung berapi, segera dikomunikasikan kepada publik melalui saluran komunikasi yang tersedia.

Di Gunung Semeru dan Gunung Merapi misalnya, mereka menggunakan grup chat WhatsApp yang terdiri dari BPBD, wakil kepala desa, tokoh masyarakat, dan relawan. Soalnya erupsi gunung berapi bisa sangat dinamis dan mendadak, kata Arifin.

Oleh karena itu perlu ditetapkan suatu kawasan yang tidak boleh ada aktivitas masyarakat di sekitarnya. “Harus aman,” kata Arifin.

Arifin mengunjungi Observatorium Gunung Api Semeru di Lumajang, Jawa Timur, pada Jumat, 17 Desember 2021. Dia menaikkan status aktivitas Gunung Semeru menjadi Siaga mulai pukul 23.00 WIB pada Kamis, mengingatkan masyarakat untuk mengikuti anjuran yang diberikan.

Baca Juga:  Upacara Pengibaran Bendera Nasional Hari Guru Nasional 2021, Keputusan Menteri Nadiem.

Wakil Perdana Menteri Lumajang Indah Amperawati Masdar mengapresiasi rencana penambahan alat pemantau Gunung Semeru. “Menteri berjanji.meningkatkan Modernisasikan alat-alat di sini,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat, 17 Desember 2021.

Baca lebih lajut:
Erupsi Semeru, Para Ahli Tak Mengira Awan Panas Sebesar Ini


selalu memperbarui memperbarui. Mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Anda perlu melakukanInstall Aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Menteri ESDM berjanji menambah dan mengupgrade peralatan monitoring Semeru

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment