Kaspersky mencari ratusan ribu file berbahaya di Internet setiap hari hingga tahun 2021.

Fikrirasy.ID – Sebuah sistem deteksi dari perusahaan keamanan siber Kaspersky menemukan ratusan ribu file berbahaya yang beredar setiap hari di Internet pada tahun 2021.

“Ini tidak terduga,” kata Denis Staforkin, pakar keamanan di Kaspersky, dalam siaran pers Senin (3/1/2022). Aktivitas online tetap tinggi karena kerja jarak jauh diadopsi di seluruh dunia.

Sistem Kaspersky menemukan rata-rata 380.000 file berbahaya per hari selama 12 bulan terakhir. Jumlah itu lebih banyak 20.000 dari survei tahun lalu.

Sebagian besar ancaman datang melalui file WindowsPE, format file dari sistem operasi Windows. Kaspersky membenarkan bahwa penyebaran ancaman melalui sistem operasi Linux meningkat dibandingkan periode sebelumnya. Mereka mendeteksi pertumbuhan 57% dengan Linux.

Baca juga:
Catatan 2021: File berbahaya meningkat 5,7% per hari

Lebih dari setengah (54%) ancaman penyebaran file adalah Trojan yang tidak dikenal. Meski banyak jenis ancaman yang menurun pada tahun 2021, Trojan Dropers justru meningkat sebesar 2,24% dibandingkan tahun 2020.

Malware Trojan Droppers dianggap sangat berbahaya karena dapat mengirimkan malware lain yang lebih Fikrirasy.ID ke perangkat Anda.

Penyebaran file berbahaya ini juga merupakan hasil dari peningkatan aktivitas di jaringan. Semakin banyak aktivitas yang Anda lakukan secara online atau online, semakin banyak perangkat yang digunakan.

Semakin banyak perangkat yang terhubung ke Internet, semakin besar ancaman dan permukaan serangan.

Untuk mengatasi hal tersebut, literasi digital perlu ditingkatkan, seperti tidak mengklik link dari sumber yang tidak dikenal dan tidak mendownload aplikasi dari sumber yang tidak resmi.

Baca juga:
Genshin Impact dan YouTube telah menjadi konten online favorit anak-anak.

Pengguna perangkat harus diperingatkan, terutama pada perangkat yang mereka gunakan untuk bekerja, di mana mereka diperintahkan untuk mematikan perangkat lunak sistem keamanan. [Antara]

Baca Juga:  CEO BRIN mengumumkan tiga strategi untuk menciptakan nilai tambah melalui kegiatan penelitian



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kaspersky mencari ratusan ribu file berbahaya di Internet setiap hari hingga tahun 2021.

Dari Situs Fikrirasy ID