Ulasan Prolink Smart IR Controller DS-3301 – Membuat Peralatan Rumah Tangga Lebih Cerdas

Prolink Smart IR Controller DS-3301 - 1

Fikrirasy.ID – Prolink juga memiliki produk bernama Smart IR Controller DS-3301 yang dapat menjadi pusat kendali tidak hanya untuk lampu pintar, tetapi juga perangkat elektronik tradisional.

Saat ini masih banyak peralatan rumah tangga yang mengandalkan sinar infra merah sebagai metode transmisi antara alat dan remote control. Penyejuk udara (AC), televisi, dekoder, dan pembersih udara adalah salah satu perangkat pilihan yang sering digunakan untuk perabotan rumah.

Memanfaatkan kesempatan ini, Prolink Smart IR Controller DS-3301 berfungsi sebagai jembatan untuk melengkapi peralatan rumah tangga serbaguna ini dengan fitur-fitur dasar yang membuatnya lebih pintar. Pemrosesan sinyal perangkat rakitan juga dapat dipelajari di pusat kendali inframerah ini.

Ulasan Prolink Smart IR Controller DS-3301

  • desain – 8/10
  • Karakteristik – 9/10
  • perangkat lunak – 9/10

8.7/10

kesimpulan

Prolink Smart IR Controller DS-3301 dapat menjadi jembatan untuk berbagai peralatan rumah tangga yang dapat dilengkapi dengan fungsi pintar dan otomatisasi.

Keuntungan

  • Pairingnya sangat mudah
  • FITUR OTOMATIS YANG TERSEDIA
  • Dukungan untuk beberapa merek dan kategori
  • mudah digunakan

kerugian

  • Harus terhubung ke listrik
  • Desain glossy kurang menarik.

Dengan Prolink Smart IR Controller DS-3301, Anda dapat sedikit mengubah perangkat rumah tradisional ini menjadi perangkat rumah pintar. penasaran? Untuk lebih jelasnya berikut ulasan kami mengenai Prolink Smart IR Controller DS-3301.

Perangkat dengan fungsi sederhana, Prolink Smart IR Controller DS-3301 juga tersedia dalam desain sederhana yang serupa. Terbuat dari plastik, bodinya berukuran 64,7 x 64,7 x 20mm dan cukup rata serta beratnya hanya 68g.

Prolink Smart IR Controller DS-3301 - 3

Bagian depan memiliki penutup bertekstur hitam glossy dengan lampu LED kecil sebagai indikator perangkat. Memiliki dudukan karet di bagian belakang untuk mencegahnya bergerak dengan mudah saat diletakkan di permukaan yang datar dan memiliki tombol reset untuk mengatur ulang ke pengaturan pabrik.

Pada bagian samping unit utama terdapat port micro USB untuk power menggunakan kabel DC 5V 1A dan adaptor yang juga terdapat dalam paket penjualan. Sayangnya, penempatannya lebih terbatas karena perangkat ini harus berada dekat dengan stopkontak karena harus terhubung ke sumber listrik.

Jadi, jika Anda ingin menempatkan Prolink Smart IR Controller DS-3301 di lokasi yang sulit dijangkau atau tempat colokan listrik terbatas, Anda harus sedikit lebih pintar, seperti menggunakan baterai cadangan jika mau.

Prolink Smart IR Controller DS-3301 - 2

Untungnya, jangkauan sinyal perangkat ini cukup luas sehingga dapat mengontrol perangkat lain meski dengan sedikit penyumbatan, sehingga Anda tidak perlu memusatkannya di dalam ruangan.

Juga sangat mudah untuk menggunakan Prolink Smart IR Controller DS-3301. Tentu saja, pada tahap awal, Anda harus memasangkannya dengan ponsel Anda melalui jaringan WiFi terlebih dahulu. Saya menambahkan Prolink Smart IR Controller DS-3301 dengan cara download aplikasi mEzee, centang lampu LED berkedip, pilih menu IR Controller, lalu pilih Smart IR Remote.

Baca Juga:  Review Realme GT Neo2 - Performa Hebat, Desain Menarik

Ketika informasi WiFi dimasukkan sebagai SSID dan kata sandi, maka secara otomatis diproses dan terdaftar di menu utama mEzee. Proses pairing selesai dan perangkat siap digunakan.

Sebagai hub, Prolink Smart IR Controller DS-3301 tidak berdiri sendiri secara default karena perangkat lain perlu bekerja. Ada banyak merek perangkat yang mendukung kontrol, termasuk TV, dekoder, AC, kipas angin, lampu, proyektor, dan audio.

Memasangkan Prolink Smart IR Controller DS-3301

Proses penambahan perangkat juga terbilang mudah. Cukup pilih kategori perangkat lalu sesuaikan merek Anda dari daftar. Selanjutnya, sebagai bentuk sinkronisasi, Anda perlu mengarahkan remote control asli perangkat ke Prolink Smart IR Controller DS-3301.

Selanjutnya, sistem melakukan beberapa pengujian, seperti menyalakan, mematikan, dan mengubah pengaturan perangkat. Jika tampaknya berhasil, tekan saja. dapat mengontrol Selesaikan proses sinkronisasi. Perangkat ini juga dapat dikontrol secara langsung melalui ponsel.

Tentu saja, kontrolnya jauh lebih terbatas daripada perangkat dengan kemampuan rumah pintar asli. Misalnya pada AC, hanya tersedia pengaturan yang mengubah suhu, kecepatan kipas, dan mode pendinginan. Selain itu, pengaturan ini tidak mengubah pengaturan awal yang disimpan pada remote control.

Namun, saya rasa fitur Prolink Smart IR Controller DS-3301 sudah cukup untuk kebanyakan orang yang ingin dapat mengontrol perangkat yang ada dengan ponsel mereka. Dan jika Anda ingin mengotomatisasi sistem Anda, Anda masih dapat menggunakan dukungan otomatisasi dari aplikasi mEzee.

Prolink Smart IR Controller DS-3301 mEzee

Misalnya, jika aplikasi mendeteksi bahwa suhu udara saat ini di atas 30°C, AC dapat secara otomatis menyala dan masuk ke mode pendinginan. Sementara itu, Anda dapat beralih ke mode otomatis saat suhu mulai turun hingga batas tertentu.

Hal ini menjadi keunggulan utama jika Prolink Smart IR Controller DS-3301 digunakan sebagai pusat kendali perangkat yang masih menggunakan sinyal infra merah. Sebenarnya ada ponsel dengan sensor inframerah, tetapi perangkat ini memiliki fitur yang jauh lebih fleksibel.

Dan karena Anda terhubung ke jaringan WiFi, Anda dapat mengatur perangkat Anda tanpa harus menginstruksikan ponsel Anda secara langsung, sehingga Anda dapat memesan dari mana saja. Jangan lupa bahwa ponsel Anda juga dilengkapi dengan bantuan kontrol Fikrirasy.ID melalui Alexa, Siri, dan asisten virtual Google.

Prolink Smart IR Controller DS-3301 memiliki batasan sinyal yaitu satu ruangan besar mencakup jangkauan lebih dari 10 meter atau kurang. Tentu saja, Prolink Smart IR Controller DS-3301 dapat menjadi pilihan entry-level bagi mereka yang ingin membuat peralatan rumah tangga mereka lebih pintar.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ulasan Prolink Smart IR Controller DS-3301 – Membuat Peralatan Rumah Tangga Lebih Cerdas

Dari Situs Fikrirasy ID