Indikator penelitian ITB dan BRIN berkaitan dengan letusan gunung berapi di medan magnet bumi.

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Tim peneliti Universitas Teknologi Bandung (ITB) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan kajian tanda-tanda letusan gunung berapi. Mereka akan mencoba metode baru sifat magnetik Bumi.

“Kapan gunung berapi Ketika gunung berapi akan meletus, sifat magnetiknya juga berubah.

Indikasi ini muncul dari sebuah studi baru yang dilakukan oleh mahasiswa PhD di ITB. Gunung yang dipelajarinya adalah Ijen, Batur dan Bromo. Menurut Mirzam, pendekatan ilmiah belum pernah dilakukan sebelumnya.

“Sangat menarik untuk menggabungkan meteorologi, magmatisme, dan magnetisme dengan cara baru,” katanya.

Menurut dia bumi Ini ada hubungannya dengan geofisika. Intinya, metode ini mempelajari magnet bumi sebagai indikator perubahan materi magma, termasuk perubahan suhu dan viskositas magma, kata Mirzam.

“Kami berharap model yang dibangun dengan metode baru ini lebih inklusif dan elegan,” ujarnya.

Tim ITB dan BRIN berencana mencoba metode ini untuk mempelajari gunung berapi lain, seperti Anak Krakatau di Selat Sunda. Mirzam mengakui, sebenarnya gunung itu tidak memiliki satu model yang bisa digunakan di tempat lain.

Tapi pendekatan dan pola pikirnya sama. “Kalau bisa mendeteksi, harus hati-hati saat mengamati gunung berapi,” ujarnya.

Pada tanggal 22 Desember 2018, terjadi letusan Fikrirasy.ID besar di Gunung Anak Krakatau yang disusul dengan tsunami yang menelan korban jiwa. Saat ini, menurut Mirzam, gunung tersebut sedang membangun kembali tubuhnya yang hancur akibat letusan gunung berapi dan tsunami di ketinggian sekitar 200 hingga 300 meter di atas permukaan laut.

Menurutnya, outlet magma tersumbat, memperlambat pertumbuhan asam. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Artinya, saat terjadi perubahan elevasi, terjadi pula perubahan viskositas magma saat muncul retakan berdasarkan data satelit. “Pemantauan tidak bisa menjadi satu parameter, harus dikombinasikan,” kata Mirzam.

Baca Juga:  Realme 9i Diluncurkan Dengan Snapdragon 680, Kamera 50MP

Untuk membaca:
Bukti Tsunami Banten 2018 Bukan Akibat Letusan Gunung Anak Krakatau

Selalu up-to-date dengan informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita terkurasi dari Fikrirasy.ID.co di saluran Telegram kami “Fikrirasy.ID.co Updates”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk mendaftar. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Indikator penelitian ITB dan BRIN berkaitan dengan letusan gunung berapi di medan magnet bumi.

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment