Ulasan Samsung Galaxy S21 FE – Edisi Penggemar Terlambat

Samsung Galaxy S21 FE

Samsung menurut saya meluncurkan Galaxy S21 FE pada time frame yang agak janggal, yaitu terlalu jauh dari Galaxy S21 dan terlalu dekat dengan Galaxy S22 yang akan diluncurkan Februari lalu.

Untuk model termurah Rp. Di harga 8.999.000, tidak jauh berbeda dengan Galaxy S21 biasa yang kini turun drastis.

Namun di luar itu, Galaxy S21 FE sebenarnya adalah ponsel yang bagus, sama seperti Galaxy S series versi budget. Beberapa aspek ponsel seperti teknologi layar dan chipset yang digunakan masih sama dengan pendahulunya.

Samsung Galaxy S21 FE

  • layar – 8/10
  • Pertunjukan – 8/10
  • kamera – 8/10
  • baterai – 8/10
  • perangkat lunak – 8/10
  • desain – 8/10

8/10

Ringkasan

Galaxy S21 adalah ponsel seri flagship yang memuaskan dan terjangkau dengan performa luar biasa dan layar menakjubkan. Sayangnya daya tahan baterai tidak memuaskan dan datang agak terlambat.

Keuntungan

  • layar yang bagus
  • kinerja terburu-buru
  • Harga ekonomis andalan
  • kamera yang kuat

kerugian

  • Baterai tidak memuaskan pada 120Hz.
  • datang telat

Samsung Galaxy S21 FE

Galaxy S21 FE memiliki desain yang mirip dengan Galaxy S21, terutama pada tonjolan kamera belakang. Hal ini dikarenakan tonjolan kamera pada Galaxy S21 FE terlihat lebih menyatu dengan bagian belakang ponsel dan warna terlihat lebih seragam.

Bagian belakang Galaxy S21 FE menggunakan material plastik, dan rangka ponsel menggunakan material aluminium. Meski menggunakan bahan plastik, Galaxy S21 FE di tangan saya tetap mewah.

Bagian sampingnya tetap nyaman saat digenggam menggunakan model lengkung. Faktanya, ada tren yang berkembang untuk ponsel dengan sisi datar saat ini, tetapi menurut saya mereka terlihat lebih baik di mata, tetapi tidak di tangan.

Tombol daya dan kontrol volume juga dipasang di samping. Di bagian bawah Galaxy S21 FE terdapat lubang speaker, slot USB C, dan slot kartu SIM ganda.

Galaxy S21 FE hadir dalam empat varian warna untuk dipilih, dan dalam ulasan ini kami akan menggunakan varian hitam yang terlihat menarik dengan warna matte di seluruh ponsel. Dalam pencahayaan tertentu, warna hitam ini sebenarnya terlihat seperti abu-abu gelap.

Samsung Galaxy S21 FE

Layar Galaxy S21 FE berukuran 6,4 inci dan memiliki desain datar. Teknologi tersebut menggunakan Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi 2340 x 1080 piksel dan refresh rate 120Hz.

Di bagian atas layar terdapat lubang untuk kamera depan. Untungnya, Samsung tidak memiliki lingkaran perak di sekitar kamera seperti Galaxy S20 FE. Pengalaman saya dengan Galaxy S20 FE agak mengganggu di lingkaran perak.

Kualitas tampilan layar sangat memuaskan. Selain itu, layarnya cerah, jadi Anda tidak akan kesulitan menggunakannya di bawah sinar matahari. Kecepatan refresh 120Hz yang disediakan membuat animasi di layar ponsel menjadi lebih mulus.

Namun entah kenapa refresh rate ini bukan model adaptif seperti Galaxy S21, jadi layarnya masih menggunakan refresh rate 120Hz untuk berbagai konten. Ini bisa menjadi alasan baterai sedikit tidak memuaskan selama Anda menggunakan Galaxy S21 FE dalam mode kecepatan refresh 120Hz.

Di dalam layar terdapat pemindai sidik jari optik daripada ultrasonik Fikrirasy.ID seperti Galaxy S21 biasa. Proses pengenalan sidik jari terasa cepat dan tidak ada masalah.

Samsung Galaxy S21 FE

Mereka yang menginginkan Galaxy S21 FE dengan chipset Snapdragon mungkin akan kecewa karena ponsel mereka saat ini di Indonesia menggunakan chipset Exynos 2100 yang sama dengan Galaxy S21 biasa.

Di atas kertas, Exynos 2100 mengungguli Snapdragon 888, tetapi selama Anda menggunakannya, Anda akan senang dengan kinerjanya yang cepat saat menjalankan berbagai aplikasi.

Namun, saya telah memperhatikan dua kali bahwa ponsel saya tiba-tiba melambat atau melambat. Saya tidak tahu mengapa ini terjadi, tetapi sepertinya karena implementasi refresh rate yang tidak optimal. Jika saya mengubah kecepatan refresh ke 60Hz dan kemudian kembali ke 120Hz, kinerjanya lancar lagi.

Tolok Ukur Samsung Galaxy S21 FE

Kiri: Skor AnTuTu; Kanan: Skor Geekbench Skor

Jumlah RAM yang ditawarkan oleh Galaxy S21 FE adalah 8GB dan penyimpanan internal 128GB atau 256GB tergantung pada variannya. Sebagai catatan, Galaxy S21 FE tidak menawarkan slot microSD, sehingga Anda tidak dapat menambah penyimpanan internalnya.

Kelemahan lain yang saya temukan adalah ponsel ini mudah panas saat digunakan. Padahal, saya hanya menggunakan ponsel untuk browsing dan jejaring sosial.

Di sisi audio, Galaxy S21 FE menggunakan speaker stereo dengan volume yang cukup tinggi. Kualitas output audio terdengar cukup bagus bahkan pada level volume tinggi.

Baca Juga:  Cara Mudah Aktivasi dan Registrasi Kartu Telkomsel Prabayar 2022

Samsung Galaxy S21 FE

Galaxy S21 FE dilengkapi dengan kamera belakang utama 12 megapiksel, kamera ultra lebar 12 megapiksel, dan kamera telefoto 8 megapiksel. Untuk kamera depan, resolusi tinggi 32MP akan semakin memuaskan penggemar selfie.

Kamera utama Galaxy S21 FE sebenarnya merekam objek foto dengan baik. Gambarnya jelas dan warnanya sangat akurat. Fitur portrait yang disediakan juga dapat menghasilkan foto bokeh yang menarik. Sayangnya entah kenapa sisi-sisi foto sering terlihat buram.

Lensa sudut ultra lebar baik-baik saja, tetapi lensa sudut lebar biasa. Untungnya, saya tidak menemukan masalah ini dengan lensa telefoto. Saya tidak tahu apa yang salah dengan sisi perangkat lunak atau sisi perangkat keras. Pemecahan masalah lebih rumit untuk menentukan apakah masalahnya ada di sisi perangkat keras.

Untuk pembesaran foto, Galaxy S21 FE dapat memperbesar hingga 3x optical dan hingga 30x digital zoom. Resolusi kamera Galaxy S21 FE terlihat jauh lebih kecil dibandingkan dengan kamera telefoto Galaxy S21, namun ponsel ini menggunakan optical zoom.

Kamera Samsung Galaxy S21 FE

Kamera Samsung Galaxy S21 FE

potret

Kamera Samsung Galaxy S21 FE

sangat lebar

Kamera Samsung Galaxy S21 FE

3x zoom

Kamera selfie Galaxy S21 mampu memotret wajah saya dengan baik. Saya dapat melihat dengan jelas detail pakaian dan permukaan wajah yang saya gunakan. Anda juga dapat menggunakan fitur Potret untuk mendapatkan efek bokeh yang rapi.

Kamera Samsung Galaxy S21 FE

selfie

Kamera Samsung Galaxy S21 FE

potret selfie

Meski dalam kondisi minim cahaya, Galaxy S21 FE tetap bisa menghasilkan foto yang memuaskan. Ada mode malam yang bisa Anda gunakan untuk membuat foto malam Anda lebih jernih dan cerah.

Fitur night mode biasanya memakan waktu sedikit lebih lama dari mode normal, tetapi pada Galaxy S21 FE proses ini memakan waktu lebih lama dan terkadang agak membuat tangan saya sakit sehingga saya harus memastikan kamera ponsel saya tidak goyang.

Kamera Samsung Galaxy S21 FE

mode malam

Kamera Samsung Galaxy S21 FE

Mode Malam – Zoom x3

Kamera Samsung Galaxy S21 FE

Mode Malam – Ultrawide

Mengingat baterainya cukup memuaskan pada review Galaxy S21 Ultra sebelumnya dengan chipset Exynos, kami memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap daya tahan baterai Galaxy S21 FE.

Namun nyatanya, daya tahan baterai Galaxy S21 FE sedikit mengecewakan. Saya biasanya hanya mendapatkan layar rata-rata dalam waktu sekitar 3 jam 45 menit dalam mode kecepatan refresh 120Hz dari baterai 100% menjadi 10%.

Samsung Galaxy S21 FE

Dalam pengujian menggunakan PC Mark, hasilnya tidak memuaskan: 10 jam 50 menit dalam mode layar 60Hz, kecerahan layar 50%, dan baterai 100%. Skor tes yang sama dalam mode 120Hz terjun bebas hanya dalam 7 jam dan 58 menit.

Padahal, kapasitas baterai Galaxy S21 FE cukup besar yakni 4.500mAh. Ini mungkin karena layar Anda tidak mendukung kecepatan refresh adaptif. Kecepatan refresh adaptif menyesuaikan kecepatan refresh berdasarkan konten yang ditampilkan untuk menghemat masa pakai baterai.

Untuk pengisian baterai, Galaxy S21 FE mendukung teknologi fast charging 25W. Sayangnya Samsung tidak menawarkan pengisi daya di dalam kotak lagi, jadi Anda harus menggunakan pengisi daya yang berbeda.

Mengisi daya baterai Galaxy S21 FE menggunakan pengisi daya Samsung 25W Butuh waktu sekitar 1 jam 15 menit dari sisa baterai 10% hingga 100%. Galaxy S21 FE tidak hanya mendukung pengisian baterai menggunakan kabel, tetapi juga mendukung pengisian nirkabel dengan daya 15W.

Samsung Galaxy S21 FE

Saya sebenarnya senang dengan apa yang ditawarkan Galaxy S21 FE. Namun yang saya rasakan kurang memuaskan seperti saat menggunakan Galaxy S20 FE. Mungkin karena Galaxy S20 FE mengusung desain yang lebih segar saat itu dan dirilis di waktu yang lebih tepat.

Selain itu, Galaxy S21 adalah ponsel seri flagship dengan harga terjangkau yang memuaskan dengan kinerja yang mumpuni dan layar yang luar biasa. Sayangnya, daya tahan baterainya kurang memuaskan dengan refresh rate yang tinggi.

Jika saya bisa memilih Galaxy S21 FE atau Galaxy S21 biasa pada saat menulis ulasan ini, sejujurnya saya lebih suka Galaxy S21 biasa, yang sudah lebih murah dan memiliki desain yang lebih baik.

Harga dan spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE

Dimensi dan berat 74,5 x 155,7 x 7,9mm, 177g
warna Zaitun, grafit, lavender, putih
layar Dinamis AMOLED 2X 6.4″
2340 x 1080 piksel, 120Hz
sistem operasi Satu UI 4.1 (Android 12)
Penyimpanan RAM 8 GB, ROM 128/256 GB
chipset Exynos 2100
kamera belakang Sudut lebar 12MP, f/1.8
12MP ultrawide, f/2.2
Telefoto 8MP, f/2.4, zoom optik 3x
kamera depan 32MP, f/2.2
baterai 4.500mAh, pengisian cepat 25W, pengisian nirkabel cepat 15W
Konektivitas 4G, 5G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, NFC, Bluetooth 5.0
penyambung USB Tipe-C
sensor Akselerometer, Barometer, Pemindai Sidik Jari Optik, Giroskop, Geomagnetisme, Sensor Hall, Sensor Cahaya, Sensor Jarak
GPS GPS, GLONASS, Galileo, QZSS, BeiDou
pembicara pengeras Fikrirasy.ID stereo
Ciri IP68
harga Rp 8.999.000 (128 GB), Rp 9.999.000 (256 GB)

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Ulasan Samsung Galaxy S21 FE – Edisi Penggemar Terlambat

Dari Situs Fikrirasy ID