Banjir dan longsor masih membanjiri Jayapura, Nunukan, dan Aceh Timur.

Fikrirasy.ID.CO, Jayapura – Daerah yang terkena banjir semakin meningkat. Yang terbaru adalah Jayapura dari Papua. Hujan deras sejak Kamis malam, 6 Januari 2022, akhirnya menyebabkan banjir dan tanah longsor yang meluas di beberapa titik. Sedikitnya tujuh orang tewas dan enam luka-luka.

Banjir dan tanah longsor memaksa 160 keluarga, termasuk 80 anak-anak dan 8 bayi, harus dievakuasi ke Desa Gurabe di wilayah Jayapura Selatan.

Jonathan Koirewoa, Administrator Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua, mengatakan, “Wilayah Jayapura Selatan serta Jayapura Utara, Heram, Abepura dan Muaratami juga terkena dampak banjir.” Koirewa. di antara Jumat, 7 Januari 2022 di Jayapura.

Dikatakannya, banjir merendam kawasan pemukiman, sejumlah fasilitas umum, RS Marthen Indey dan kompleks perkantoran Gubernur Jayapura Dok II. Ketinggian air sekitar 2,0 meter, bahkan ada yang mencapai 3,0 meter.

Jonathan menambahkan, BPBD Kota Jayapura telah menerima informasi kejadian longsor di wilayah Jayapura Utara, namun belum bisa mengumpulkan data. Itu karena staf BPBD masih fokus mengevakuasi warga terdampak banjir di kawasan Abepura.

Sebelumnya, Wakil Kapolres Jayapura Suprapto mengatakan longsor menewaskan tiga orang di Kecamatan Nirwana, dua orang di Kecamatan Bayangkara dan masing-masing satu orang di APO Benkel dan Kecamatan Klopkam.

Tanah longsor yang melanda rumah warga Kota Jayapura, Papua, diguyur hujan lebat sejak Kamis malam, 6 Januari 2022. (ANTARA/HO)

Suprapto mengatakan, jenazah warga yang tewas akibat longsor dievakuasi ke beberapa rumah sakit di Kota Jayapura, termasuk RS Bhayangkara.

Baca Juga:  ONIC Kiboy Lakukan Ini Untuk Mencapai Indonesia Terbaik

Sementara itu, kami memiliki berita banjir untuk wilayah lain hingga Kamis malam.

Nunukan, Kalimantan Utara

Dua belas desa di sub-wilayah Sembakung dan Sembakung Atula masih terendam banjir akibat banjir di hulu sungai di Sabah, Malaysia. Kompol Sembakung, Inspektur Polisi Dua Isak Panggala, mengatakan: “Ketinggian air sekarang 4,7 meter dan 13 desa di kedua wilayah terendam.”

Banjir yang berbatasan dengan Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Sabah, Malaysia mencapai ketinggian 4,3 meter pada Rabu sore, 5 Januari 2021. ANTARA/HO – Kabupaten Sembakung.

Aceh Timur, NAD

BPBD Kabupaten Aceh Timur mencatat, 22 gampon atau desa di enam kecamatan di wilayah itu masih terendam. Banjir lebih dari satu meter berdampak pada 2.169 rumah dan 7.598 penduduk. 2.471 orang dari 668 rumah tangga dievakuasi.

Pada Senin, 3 Januari 2022, banjir melanda kota Loksukorn di Aceh, Aceh Utara, menenggelamkan banyak kendaraan barang bukti polisi. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara menunjukkan ada 14 kecamatan yang terendam banjir dan rusak akibat banjir. 2.278 orang. Antara/Ramad

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur juga melaporkan bahwa banjir pekan lalu telah merusak ribuan sarana atau fasilitas sekolah di berbagai tingkatan di wilayah tersebut, baik ringan maupun parah. Termasuk damage yang diterima 61 unit TK/PAUD. Kerusakan fasilitas sekolah akibat banjir diperkirakan mencapai Rp 2 miliar.

Baca juga:
Banjir dan longsor tahun 2014 menewaskan 11 orang di Jayapura


selalu memperbarui memperbarui. Mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Dari saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Anda perlu melakukanInstall Aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Banjir dan longsor masih membanjiri Jayapura, Nunukan, dan Aceh Timur.

Dari Situs Fikrirasy ID