Universitas Terbuka, Perguruan Tinggi Negeri Siap Masuk, Menunggu Peraturan Pemerintah

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Menunggu pengumuman Peraturan Pemerintah (PP), Universitas Terbuka (UT) resmi bertransisi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

7 Desember 2021 Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim Universitas Terbuka telah mengeluarkan Menteri Pendidikan dan Teknologi No. 0835/E.E3/KB.00/2021 tentang persetujuan untuk menjadi PTN berbadan hukum, yang memberikan wewenang kepada UT untuk menjadi PTNBH. UT dimulai di www.ut.ac.id berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 1984, dan merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984.

UT, PTN ke-45 di Indonesia, memiliki metode pembelajaran yang unik dengan menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh terbuka. Dimana pembelajaran menggunakan media daripada tatap muka, baik menggunakan media cetak (modul) dan media non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio dan televisi).

Pengungkapan tidak menyiratkan batasan usia, tahun kelulusan, durasi studi, jam pendaftaran, dan frekuensi ujian. Keterbatasan yang ada adalah semua mahasiswa UT harus lulus dari sekolah menengah atas (SMA atau sederajat) untuk program sarjana dan diploma.

UT sendiri memiliki empat fakultas, antara lain Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Sosial Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan satu program pascasarjana. . Pada tahun 2015, UT melaksanakan 34 program studi yang terdiri dari 28 program sarjana non-Pendas (25 program sarjana dan 3 program diploma), 2 program sarjana Pendas dan 4 program magister.

Berbeda dengan Program Non-Pendas FKIP yang hanya dapat ditempuh oleh guru, Program Sarjana Non-Pendas merupakan program pendidikan yang juga dapat diikuti oleh masyarakat umum. Program Sarjana Pendas merupakan program khusus untuk guru SD dan guru PAUD, dimana S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) saat ini masuk dalam program studinya.

Baca Juga:  Ahli Epidemiologi desak segera distribusi amandemen pedoman Mendagri ke daerah

Dengan visi menjadi lembaga pendidikan PTTJJ kelas dunia yang menghasilkan lulusan, pendidikan yang lebih tinggi Dengan teori dan praktik PTTJJ yang berdaya saing tinggi dan berkembang pada tahun 2021, Universitas Terbuka memenuhi misinya dengan memberikan akses pendidikan tinggi kelas dunia kepada seluruh lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing. .

Fuspita Amanda Sari

Baca: Hari ke-2 ujian online terbesar sepanjang sejarah universitas terbuka berjalan lancar

Selalu up-to-date dengan informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita terkurasi dari Fikrirasy.ID.co di saluran Telegram kami “Fikrirasy.ID.co Updates”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Universitas Terbuka, Perguruan Tinggi Negeri Siap Masuk, Menunggu Peraturan Pemerintah

Dari Situs Fikrirasy ID