Pada akhir Desember 2021, cadangan devisa turun menjadi $144,9 miliar.

Fikrirasy.ID – Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa Indonesia sebesar 144,9 miliar dolar hingga akhir Desember. Ini turun dari $145,9 miliar pada November 2021.

Erwin Haryono, Kepala Komunikasi BI, mengatakan penurunan cadangan devisa pada Desember 2021 antara lain didorong oleh kebutuhan pemerintah untuk membayar utang luar negeri.

Erwin mengatakan dalam keterangannya pada Jumat (1 Juli 2022) bahwa “posisi cadangan devisa sesuai dengan 8,0 bulan pendapatan atau 7,8 bulan pendapatan dan pembayaran utang pemerintah.”

Menurut Irwin, meski terjadi penurunan cadangan devisa pada akhir Desember, namun masih melebihi standar kecukupan internasional yakni pendapatan sekitar tiga bulan.

Baca juga:
Pada Desember 2021 Inflasi Kaltim 0,68%, Disebabkan Oleh Ini

Terkait hal tersebut, BI menilai cadangan devisa dapat mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Erwin menyimpulkan, “Ke depan, Bank Indonesia berkeyakinan bahwa cadangan devisa akan cukup terjaga dengan prospek ekonomi yang stabil dan terjaga serta berbagai respons kebijakan untuk mendorong pemulihan ekonomi.”



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pada akhir Desember 2021, cadangan devisa turun menjadi $144,9 miliar.

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Pamsimas menjangkau daerah terpencil

Leave a Comment