5 Cara Merawat Baterai Mobil Listrik Supaya tetap Awet

Fikrirasy.id – Merawat baterai mobil listrik juga harus dilakukan agar tahan lama sehingga kamu dapat mengendarai mobil listrik kapan saja tanpa hambatan. Memang, bentuk perawatan mobil listrik ini tampak tidak rumit, tetapi sebenarnya ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Selanjutnya, terapkan langsung ke baterai yang kamu punya.

Seperti yang kita semua pahami bahwa kendaraan satu ini tidak membutuhkan penggantian oli. Bahkan ketika service, kamu juga tidak perlu membersihkan bagian injector. Justru yang perlu kamu pertimbangkan adalah baterai sebagai sumber bahan bakar mobil listrik satu ini.

Meskipun setiap mobil listrik maupun jenis PHEV mayoritas mendapat garansi sampai 10 tahun, menjaga kondisi baterai tetap saja hal terpenting yang perlu kamu pertimbangkan dengan baik. Jangan sampai performa baterai menjadi berkurang karena kesalahan dalam pemberian perawatan.

Sementara itu, Hyundai memberikan 5 hal penting yang harus kamu terapkan sebagai salah satu bentuk perawatan pada mobil listrik. Apakah kamu tahu apa saja tindakan yang perlu kamu terapkan terhadap baterai mobil mu? Yuk simak langsung melalui beberapa bab berikut!

Cara Merawat Baterai Mobil Listrik

Jika kamu memiliki mobil listrik sendiri di rumah, sebaiknya terapkan hal-hal penting pada baterai tersebut:

1. Isi Ulang Daya ketika sisa 20%

Cara Merawat Baterai Mobil Listrik yang pertama adalah melakukan pengisian ketika sisa daya <20%. Tidak ada salahnya memeriksa daya baterai secara berkala. Hal ini berguna untuk mengontrol daya baterai itu sendiri. Ketika kamu mendapati daya baterai di bawah 20%, sebaiknya lakukan tindakan pengisian ulang sesegera mungkin.

Jangan sampai membiarkan daya menjadi semakin terkuras dan habis. Jika kamu membiarkan hal itu terjadi dan terus berulang, dalam waktu dekat baterai akan mengalami penurunan performa. Kasus yang sering terjadi adalah, baterai akan lebih cepat terkuras.

Baca Juga:  Kenali Lebih Jauh Mengenai Mobil Listrik dan Manfaatnya Bagi Kelestarian bumi

2. Atur Jadwal Pengisian Daya Sesuai Rekomendasi Hyundai

Informasi yang saya dapatkan adalah, waktu terbaik untuk mengisi daya pada baterai yaitu setiap hari. Tetapi jika mobil yang kamu punya jarang terpakai, maka pengisian dapat kamu lakukan setiap dua atau tiga hari sekali.

Di sisi lain, perhatikan pula tips pertama di atas. Jika baterai masih tersisa cukup banyak, maka sebaiknya abaikan tips perawatan baterai mobil listrik bagian kedua ini. Mari, pahami cara merawat baterai mobil listrik selanjutnya berikut ini!

3. Hindari Akselerasi Berat Berkelanjutan

Supaya baterai mobil listrik yang kamu punya tetap berpeforma baik dari waktu ke waktu, sebaiknya hindari pula aktivitas Akselerasi berat yang berlebihan.

Hal ini perlu kamu terapkan karena mobil Ioniq Electric dan Kona Electric tidak begitu unggul dari segi akselerasinya layaknya jenis Tesla Model S Performance.

4. Pilih Tempat Parkir yang Teduh

Cara merawat baterai mobil listrik selanjutnya yakni dengan memilih tempat parkir yang tak terkena sinar matahari langsung. Hal ini perlu kamu terapkan akibat adanya komponen, seperti baterai lithium-ion yang akan mudah mengalami degradasi.

Nah yang perlu kamu ingat adalah, degradasi ini mungkin saja terjadi jika mobil yang kamu punya terkena sinar matahari secara langsung dan terus menerus.

5. Menurunkan Batas Pengisian Daya Maksimum

Semua baterai, termasuk mobil memiliki daya maksimal 100%. Jika kamu menggunakan mobil itu setiap hari, maka kamu perlu mengisinya maksimal 80% sampai 90% saja. Jangan sampai menyentuh batas maksimal 100%. Tujuan mengurangi daya pada saat melakukan pengisian ulang ini berguna agar baterai tidak mudah mengalami degradasi.

Demikian lah informasi dari fikrirasy.id terkait cara merawat baterai mobil listrik yang dapat kamu baca. Nantikan panduan teknologi lainnya dari situs ini, sampai jumpa.