Perbedaan Lantai Granit dan Keramik untuk Rumah

Perbedaan Lantai Granit dan Keramik untuk Rumah

Fikrirasy.id -Perbedaan Lantai Granit dan Keramik untuk Rumah. Jika dilihat sepintas perbedaan antara granit dan keramik sulit untuk dilihat. Padahal bahan-bahan tersebut merupakan bagian penting agar rumah terlihat indah, dan pemilihan bahan-bahan tersebut juga harus benar-benar diperhatikan.

Perbedaan Lantai Granit dan Keramik untuk Rumah

Keduanya memiliki karakteristik yang kuat dan dapat bertahan lama. Bagi kamu yang belum mengetahui perbedaannya, simak informasinya berikut ini.

Perbedaan antara Keramik dan Granit untuk Lantai

Penampilan

Lantai keramik memiliki berbagai gaya, motif, dan warna. Hal ini tentu berbeda dengan granit yang notabene lebih terbatas. Granit berasal dari batuan alam sehingga dari segi warna akan jauh lebih natural dan tidak banyak pilihan.

Perbedaan lain dapat dilihat dari segi tampilan dimana keramik jauh lebih berkilau daripada granit. Untuk granit akan lebih presisi sedangkan keramik jauh lebih licin.

Perawatan

Lantai keramik membutuhkan perawatan yang lebih rendah karena tidak mudah tergores dan tidak mudah meninggalkan noda kotoran.

Untuk lantai granit cukup sulit perawatannya karena mudah keropos. Bahkan bila terkena noda akan cenderung sulit dihilangkan.

Harga penjualan

Berbicara mengenai harga tentunya keramik jauh lebih murah dibandingkan dengan granit. Namun dari segi kualitas tentu saja granit lebih baik dari keramik. Ini adalah perbedaan penting antara granit dan keramik.

Instalasi

Pemasangan pada lantai granit membutuhkan mesin dan teknik khusus yang jauh lebih komprehensif. Jadi ketika kamu memilih granit sebagai lantai rumah, kamu harus siap merogoh kocek lebih dalam.

Pemasangan lantai keramik tidak memerlukan teknik khusus, sehingga dari segi biaya pemasangan tentu akan jauh lebih hemat.

Daya tahan

Untuk ini tentunya lantai granit berada jauh di atas lantai keramik. Hal ini karena granit lebih tahan terhadap gesekan dan benturan. Maka tak heran jika harganya cukup mahal.

Cara Memilih Lantai Granit dan Keramik

Setelah mengetahui perbedaan antara granit dan keramik, langkah selanjutnya adalah bagaimana memilih kedua jenis lantai tersebut. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak informasi berikut ini.

Sesuaikan dengan desain rumah

Hal pertama yang dibutuhkan saat memilih bahan lantai adalah desainnya. Pastikan memilih jenis lantai yang sesuai dengan gaya yang akan diusung agar lebih serasi nantinya.

Ukuran lantai

Hal lain yang perlu diperhatikan tentang ukuran. Untuk lantai dengan ukuran kecil umumnya cocok digunakan di area hunian kecil seperti kamar mandi, dapur, dan toilet. Untuk ukuran yang lebih besar, sangat cocok dipasang di ruang tamu atau ruang keluarga.

Baca Juga:  Solusi Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect Wifi, Cek 12 Cara Mudah Ini

Ukuran ruangan

Tentu saja lantai yang besar akan membuat ruangan menjadi lebih lega dan lapang. Menggunakan granit atau keramik pada dinding tentu saja membuat ruangan lebih kohesif, namun kamu tidak bisa menggunakan lantai khusus untuk dinding pada lantai tersebut.

Perlu kamu ketahui bahwa keramik atau granit untuk lantai memiliki tekstur yang lebih keras karena bahan pembuatannya juga lebih keras karena akan terinjak setiap hari.

Pada ruangan yang kecil, tentunya granit atau keramik dengan warna terang akan memberikan kesan ruangan yang lebih besar.

Warna

Warna merupakan elemen penting dalam pemilihan keramik dan granit untuk lantai. Meski bukan fokus utama ruangan, lantai bisa melengkapi fitur desain ruangan lain.

Untuk kamar mandi tentunya menginginkan suasana yang santai dan tenang, maka pilihlah warna yang dapat menyatu dengan baik. Dapur biasanya menginginkan suasana yang lebih hidup jadi pilihlah warna yang kontras.

kamu juga harus memastikan bahwa warna yang kamu pilih sesuai dengan ruangan. Misalnya, saat memilih dapur, usahakan untuk memilih warna alami untuk menciptakan suasana yang lebih ringan dan nyaman saat memasak.

Meski bukan menjadi fokus utama, namun jangan remehkan warna granit atau keramik karena sangat berpengaruh pada ruangan di dalam rumah.

Nat (Semen Pemisah Lantai)

Tidak hanya memperhatikan pilihan warna untuk granit atau keramik. Pastikan juga kamu memilih warna nat yang tepat. Nat kontras akan menentukan desain dan garis, sedangkan nat warna pelengkap seperti lantai akan menciptakan efek halus.

Tekstur dan Pola

Masalah pola dan tekstur juga harus menjadi perhatian penting. Jangan sampai salah memilih dua hal ini membuat ruangan menjadi tidak indah. Untuk kamar mandi, coba gunakan tekstur yang mudah dibersihkan, begitu juga dengan dapurnya.

Cara Mengetahui Kualitas Granit dan Keramik

Keramik setara granit memiliki grade yang dapat dipilih untuk menentukan kualitasnya. Keramik memiliki grade 1 sampai 3 tentunya semakin kecil angkanya semakin bagus kualitasnya dan juga melihat hasil pemotongannya karena akan sangat berbeda.

Untuk granit yang memiliki grade 1 sampai 4. Tentunya grade 1 adalah granit dengan kualitas terbaik. Hal ini terlihat pada intensitas warna yang cukup tajam jika dibandingkan dengan grade 4.

Itulah beberapa perbedaan granit dan keramik yang bisa kalian ketahui serta bagaimana cara memilihnya.

Leave a Comment