Cara Mudah Perawatan Mobil Listrik Agar awet performanya

Fikrirasy.id – Perawatan Mobil listrik ini mencakup banyak tahap yang perlu kamu perhatikan dengan baik, dan semuanya sudah saya rangkum di artikel berikut.

Banyak alasan yang membuat banyak orang sampai hari ini tak suka menggunakan mobil listrik. Semuanya tidak lepas dari komponen dari mobil tersebut yang bisa dibilang agak sulit untuk di jangkau. Bahkan, sebagian orang juga menganggap bahwa perawatan mobil listrik sendiri cukup merepotkan.

Misalnya; harga komponen yang masih cukup mahal, terbatasnya ketersediaan infrastruktur dan bahkan sulitnya melakukan perawatan yang tidak semua bengkel bisa menyelesaikan masalah layaknya mobil konvensional.

Tak cuma itu saja yang kerap membuat banyak orang tak jadi memilih mobil listrik. Komponen penggerak motor yang cukup rentan pun menjadi salah satu faktor sumber masalah terbesar sampai sekarang.

Namun setidaknya dengan memahami semua informasi terkait perawatan mobil listrik di bawah, kamu bisa mempertimbangkan kembali niat mu untuk membeli mobil yang ramah lingkungan satu ini.

Lantas seperti apa teknis perawatan mobil listrik  yang benar? Sebelum kamu benar-benar meninggalkan pencarian untuk kendaraan ramah lingkungan, pastikan kamu sudah familiar dengan semua metode berikut untuk menjaga mobil listrik dalam keadaan baik:

Jaga Kapasitas Baterai Tidak Kurang 40%

Komponen terpenting yang sering menjadi masalah adalah sumber tenaga, yang mana dalam hal ini adalah daya Baterai. Supaya baterai bisa bertahan lama, sebaiknya kontrol daya baterai sesering mungkin. Paling tidak, kondisi baterai menyimpan daya minimal 40% sampai 50%.

Hal ini berlaku jika mobil listrik yang kamu miliki tidak terpakai dalam periode yang tak sebentar. Jangka pemeriksaan daya baterai sendiri dapat kamu terapkan setidaknya satu kali dalam tiga bulan terakhir.

Masih dalam keadaan mobil yang tak terpakai. Batas maksimal daya yang ideal untuk memperpanjang masa pakai baterai adalah 80% sampai maksimal 90%-. Hal ini bertujuan agar mobil mu tidak degradasi dan tentu saja berguna untuk meminimalkan kerusakan pada baterai.

Jadi jika sebelumnya kamu mengisi daya sampai penuh (100%), maka mulai sekarang, kurangi kebiasaan tersebut. Terutama jika mobil yang kamu punya jarang keluar dari garasi.

Parkir di Tempat yang Sejuk

Perawatan mobil listrik selanjutnya yaitu dengan menempatkan mobil Anda pada tempat yang memiliki udara sejuk. Jika tempat parkir yang kamu gunakan saat itu terlalu panas, sebaiknya pindahkan secepat mungkin. Hal ini berguna agar kapasitas dan masa pakai baterai tetap stabil.

Memang tak bisa disangkal lagi, ketika kamu memilih untuk membeli mobil listrik, berarti kamu harus siap memberi perawatan extra yang terkadang membuat sebagian orang lebih memilih menggunakan mobil jenis konvensional.

Ilustrasi-nya begini! Ketika mobil listrik yang kamu punya berada dalam tempat parkir yang ber-suhu panas, atau terkena matahari langsung, Dalam waktu beberapa menit bagian exterior dan bahkan interior tentu saja akan berubah menjadi panas.

Ketika kamu membiarkan hal itu terjadi tanpa melakukan tindakan apa pun, menutupnya dengan kain cover mobil misalnya, maka lama-kelamaan mobil tersebut akan mengalami overheat. Bukan hanya bagian luarnya saja, bahkan komponen utama seperti baterai pun bisa mengalami overheat. Akibatnya, masa pakai baterai akan menjadi berkurang.

Cek Software Mobil Listrik Secara Berkala

Pengecekan software dan sejumlah teknologi lainnya secara berkala juga masuk dalam kategori perawatan mobil listrik yang perlu kamu pertimbangkan secara matang. Terkadang beberapa mobil listrik menggunakan teknologi tinggi yang di dukung oleh perangkat lunak sebagai salah satu sistem penggerak-nya.

Ketika kamu memiliki mobil listrik, itu artinya kamu juga perlu memahami berbagai teknologi dan juga perangkat lunak pendukungnya, terutama pada bagian spesifikasi teknologi tersebut.

Baca Juga:  Top 3 Techno News Hari Ini: Manusia Disuntik 10 Vaksin, Danau Maninjau

Oleh karena itu, ada baiknya jika pengecekan pada semua teknologi tersebut kamu lakukan secara berkala. Hal ini berguna agar kamu tidak tertinggal update teknologi terbaru dari perangkat lunak yang ikut mendukung mobil milik mu. Sementara itu, tujuan adanya pembaruan pada perangkat lunak tersebut tentu saja agar mobil yang kamu miliki bisa tetap berjalan secara optimal.

Buatlah Jadwal Pengisian Baterai

Cara perawatan mobil listrik selanjutnya yaitu membuat jadwal pengisian baterai yang tepat. Hal ini bertujuan agar baterai mobil tetap dalam kondisi normal.

Lantas kapan waktu pengisian daya baterai yang benar? Pengisian baterai yang baik tentu saja tidak dilakukan setiap hari. Namun setidaknya kamu perlu melakukan pengisian ulang selama 2 hari sekali.

Ketika kamu membuat jadwal pengisian baterai yang tidak tepat atau melebihi batas maksimum, biasanya kondisi baterai akan menjadi tidak stabil. Kasus yang sering terjadi adalah adanya penurunan pada arus (Tegangan) daya pada baterai yang berakibat buruk, yakni menurun bahkan rusak.

Salah satu upaya agar baterai pada mobil listrik yang kamu miliki tetap bisa bertahan dalam jangka panjang yaitu menerapkan metode pengisian slow Charging. Meskipun membutuhkan banyak waktu, setidaknya upaya seperti ini dapat membuat usia baterai menjadi lebih panjang.  Tindakan Perawatan mobil listrik dengan metode ini harus benar-benar kamu perhatikan sebaik mungkin.

Cek Pula Radiator, Filter AC, dan Kampas Rem

Pada dasarnya mobil satu ini tidak beda jauh dengan mobil berbahan dasar konvensional yang juga membutuhkan perawat pada bagian filter AC, radiator, dan bahkan kampas rem. Oleh karena itu, terapkan pula jenis perawatan mobil listrik layaknya mobil konvensional termasuk:

  1. Kontrol air Radiator. Tindakan semacam ini perlu kamu lakukan agar suhu pada mobil listrik tetap optimal dan sejuk. Jangan pernah menghiraukan perawatan yang satu ini, karena dapat berdampak pada penurunan sistem kerja dan bahkan rusak. Idealnya, penggantian air radiator ini bisa kamu lakukan setiap mobil yang kamu miliki telah menempuh jarak 60 km.
  2. Cek pula Filter AC. Memang secara tidak langsung AC berperan penting terhadap performa, karena komponen satu ini bagian dari sumber kenyamanan ketika berkendara. Ole karena itu, adakalanya melakukan pengecekan. Bahkan jika kondisinya sudah tak lagi baik, mengganti filter AC baru mungkin langkah tepat agar sirkulasi udara tetap terjaga.
  3. Perhatikan Kampas Rem. Demi keselamatan diri, kamu juga perlu melakukan pengecekan terhadap perangkat rem karena hal ini masuk dalam faktor pendukung keamanan dalam perawatan mobil listrik. Kamu bisa mengeceknya kapan pun secara rutin dan langsung di bengkel resmi terdekat. Jika kondisinya membuat kamu merasa tak nyaman, segera gantilah dengan rem baru. Di satu sisi, periksa pula bagian minyak rem supaya tetap terkontrol dan membuat kinerjanya makin stabil.

Kesimpulan

Nah dengan membaca semua informasi di atas, tentu saja kamu tak perlu lagi bertanya Perawatan apa saja pada mobil listrik yang perlu kamu terapkan. Di satu sisi, kamu juga peru memahami komponen perangkat lunak pada mobil yang kamu miliki. Hal ini berguna agar semua masalah  perawatan bisa kamu atasi dengan mudah dan benar.

Demikian informasi dari fikrirasy.id terkait cara perawatan mobil listrik terbaik yang kami rilis dari sumber Nissan. Jangan lupa nantikan update terbaru lainnya dari kami, sampai jumpa.