Review Situ Mustika, Harga Tiket Masuk, Fasilitas dan Atraksi Wisata Banjar

Situ Mustika yang juga dikenal dengan Wana Wisata Situ Mustika atau Mustika Taman Anggrek merupakan wisata alam edukatif dan Instagramable yang terletak di dekat jantung Kota Banjar.

Situ Mustika yang dikelola oleh Perum Perhutani mengalami pasang surut dalam pengelolaan dan kunjungan. Namun, kini Situ Mustika terus berbenah menjadi destinasi wisata yang sangat nyaman di Banjar Patroman.

kawasan wisata mustika
Di kawasan wisata ada mustika. Google Maps. sumber: Riyadi Tarabala

Lihat juga: Akhir Aspal Purwakarta

Pada dasarnya, situasi ini tidak hanya dialami oleh Situ Mustika Banjar, tetapi hampir semua tempat wisata di Indonesia mengalami pasang surut, terutama saat wabah.

Juga, jika Anda berencana untuk mengunjungi objek wisata kapan saja, di mana saja, harap perbarui informasi status zonasi tujuan wisata terlebih dahulu selama periode PPKM.

Hal ini karena mempengaruhi pembukaan atau penutupan destinasi wisata. Meski buka, pengunjung tetap harus mematuhi protokol kesehatan…

Yuk simak informasi tentang Situ Mustika Banjar yang telah kami siapkan untuk Anda.

lokasi mustika

Lokasi Situ Mustika beralamat di Desa Karang Panimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar Patroman, Negara Bagian Jawa Barat.

Kota militer Mustika
Desa militer adalah mustika. Google Maps. sumber: anisa lucu

Lihat juga: Hidden Valley Hills

Jalan menuju Wana Wisata Situ Mustika Banjar dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat menuju tempat parkir utama. Jarak dari pusat Kota Banjar juga sangat dekat.

Dari Alun-Alun Kota Banjar, jaraknya sekitar 3 km. Dari Ciamis, dibutuhkan waktu sekitar 30 hingga 45 menit.

Harga tiket Mustika Situ

  • Situ Mustika Rp. 10.000 won per orang.
  • Ada biaya tindak lanjut untuk setiap perjalanan.

Jam Operasional Mustika Situ

  • Situ Mustika buka dari pukul 08.00 – 18.00.
  • Wana Wisata Situ Mustika buka setiap hari.
suasana sejuk
suasana sejuk. Google Maps. sumber: Harry Permana

Lihat juga: Tempat Wisata di Garut

Fasilitas Mustika

Fasilitas wisata di Wana Wisata Situ Mustika Banjar antara lain:

  • tempat parkir,
  • kamar kecil,
  • karyawan,
  • Kafe,
  • Danau,
  • Kebun,
  • daerah keluar,
  • Observatorium.

Daya Tarik Mustika Situ

1. Danau yang Indah

danau yang indah
danau yang indah. Google Maps. sumber: Andy Muliadi

Lihat juga: Air Terjun Chiastana

Daya tarik pertama Situ Mustika adalah adanya danau yang indah, di tengahnya terdapat pulau kecil yang dihubungkan oleh jembatan gantung.

Situ Mustika memiliki luas 8,5 hektar dan terbagi menjadi dua wilayah. 3,5 hektar untuk area danau atau danau, 5 hektar untuk area taman atau tanah.

Danau atau Situ Mustika merupakan danau buatan yang salah satu fungsinya untuk menjaga ketersediaan air kemudian disulap menjadi objek wisata alam.

Juga dikenal sebagai kendaraan wisata yang populer di kawasan danau, yaitu becak air atau perahu bebek.

2. Taman Indah

taman anggrek
taman anggrek. Google Maps. sumber: memotong

Lihat juga: Masjid Kubah Emas

Daya tarik selanjutnya di Wana Wisata Situ Mustika adalah jalur trekking, ornamen modern, dan taman yang terawat dengan bunga terutama anggrek.

Pepohonan di sekitar taman juga memberikan keteduhan bagi pengunjung saat berjalan di jalur trekking. Jangan curiga dengan perburuan foto Instagramable.

Saat ini ada banyak objek wisata yang terletak di alam yang sangat indah. Cocok untuk Anda yang ingin beristirahat, hang out atau jalan-jalan bersamanya.

3. Area keberangkatan

Lihat juga: Atraksi di Siamis

Obyek wisata Situ Mustika juga menyuguhkan konsep wisata edukasi keluarga, ditegaskan dengan adanya titik outbond dengan berbagai wahana ketangkasan.

Ini memiliki perasaan yang sangat terbuka dan suasananya sangat bagus. Biaya selanjutnya akan dikenakan untuk pengunjung yang masuk.

4. Kafe yang Nyaman

tempat makan yang nyaman
Tempat makan yang nyaman. Google Maps. sumber: Asep Dudy

Tak berhenti sampai di situ, Situ Mustika juga menawarkan wisata kuliner bertema alam yang didesain kekinian. Sehingga membuat Anda betah berlama-lama di kawasan tersebut.

Selain itu, di wilayah Situ Mustika sering diadakan festival tahunan, terutama menjelang awal masa wabah. Mulai dari festival seni hingga festival budaya. Biasanya diadakan hanya pada akhir tahun atau pada tanggal-tanggal tertentu.

Yang terpenting, pengunjung harus selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Karena musuh terbesar destinasi wisata adalah sampah.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Review Situ Mustika, Harga Tiket Masuk, Fasilitas dan Atraksi Wisata Banjar

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Kebun Teh Kemuning Ngargoyoso Atraksi Wisata Pertanian dan Arus Karanganyar

Leave a Comment