Kebun Teh Kemuning Ngargoyoso Atraksi Wisata Pertanian dan Arus Karanganyar

Kebun Teh Kemuning Ngargoyoso Karanganyar merupakan destinasi wisata alam peninggalan kolonial Belanda. Lahan tersebut dibuat setelah adanya kesepakatan Belanda dengan pemerintah Mangkunegaran.

Suasana perkebunan teh yang segar bisa menjadi tempat berlibur. Sehingga wisatawan dapat melepas penat dengan aktivitasnya sehari-hari. Kebun teh ini menjadi tujuan wisata yang sangat populer karena memiliki banyak atraksi dan hal menarik.

Tempat Wisata di Kebun Teh Kemuning Ngargoyoso

Sebelum melakukan perjalanan atau liburan ke objek wisata alam ini, ada baiknya mengetahui tempat wisata dan aktivitas yang bisa Anda lakukan.

Kebun Teh Kemuning terletak di lereng Gunung Lau dengan ketinggian 800 hingga 1.540 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, ia mempertahankan suhu yang cukup dingin sekitar 21 derajat Celcius.

Perkebunan teh ini didirikan pada tahun 1925 dan dikelola oleh NV, sebuah perusahaan milik pemerintah Belanda. Kebudayaan Maatschappij Kemuning. Luas areal perkebunan teh mencapai 1.501 hektar dan dibagi menjadi beberapa wilayah tergantung penggunaan wilayah.

Saat ini dikelola oleh PT. Sumber Abadi Tirta Sentosa sejak tahun 2004. Ada banyak fasilitas wisata di sekitar perkebunan teh karena dikelola oleh manajemen yang berbeda.

Spot Foto Instagramable Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Tak ayal, banyak sekali karya-karya hits dan spot foto Instagram yang disiapkan pengelola. Untuk memungkinkan pengunjung memotret kegiatan liburan mereka. Hasilnya kemudian dapat dibagikan di akun Instagram Anda. Berbagai zona foto dengan tema berbeda membuktikan pesona tempat ini.

Panorama alam yang indah dari kawasan pertanian inilah yang membuat tempat ini begitu berkesan bagi para wisatawan. Saat pertama kali masuk, Anda bisa melihat deretan pohon teh.

Outbound di sekitar Kebun Teh Kemuning Ngargoyoso

Pengelola menyediakan arena outbond di area ini. Salah satunya menawarkan kegiatan outbond dengan harga terjangkau. Nikmati wahana seperti Flying Fox, ATV, Paralayang dan Painball.

Flying Fox bisa mencapai tinggi 9 m dan panjang sekitar 70 m. Berguna untuk adrenalin memberikan kesenangan tersendiri saat bermain Flying Fox. Sedangkan ATV dapat digunakan untuk melintasi area seluas sekitar 500m2.

Berkemah di Perkebunan Teh Kemuning

Objek wisata perkebunan teh ini juga memiliki area camping, dan yang populer adalah Segara Gunung Camp. Perkemahan ini sejuk dan tempat yang bagus untuk berkemah karena banyak pohon pinus yang lebat.

Wisatawan yang ingin berkemah di Bumi Perkemahan Segara Gunung dapat mengambil jalan dari pusat desa Kemuning. Kemudian pergi ke Candi Sukuh, sekitar 5m jauhnya.

Berkemah bersama teman-teman di sekitar api unggun di Kebun Teh Kemuning adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Naiki jalur sepeda atau nikmati ATV di sekitar perkebunan teh.

Wisatawan bersepeda bisa menaiki jalur sepeda di sini. Sayangnya di sini tidak ada persewaan sepeda, jadi semuanya harus dibawa sendiri. Jika ingin berolahraga, bersepeda di sekitar peternakan tidak buruk.

Anda juga dapat menjelajah ke area off-road yang kasar dengan jip. Selain jeep, wisatawan juga bisa menggunakan ATV untuk berkeliling. Tanah berlumpur dan tanah licin adalah jalur yang bisa dicoba sebagian besar pengunjung.

Baca Juga:  Coba Emerging River Tubing Semarang

Minum teh di area perkebunan teh Kemuning

Jika wisatawan ingin bersantai, mereka bisa menikmati teh khas sambil melihat pemandangan alam yang menawan di Laushan.

Ada beberapa kedai teh terkenal di sekitar destinasi wisata ini, seperti Ndoro Donker, Kemuning Resto, Omah Kodok dan Bale Brandti.

Jenis teh yang mereka tawarkan sangat beragam, seperti teh hijau, teh hitam, chamomile, peach, mint dan buah. Secangkir teh berharga Rp. 8.000-Rp. 30.000, tergantung jenis teh yang dipesan.

Tiket Masuk Tea Garden 2022 mendatang

Tiket ke Tea Garden tahun 2022 ke atas adalah Rp 5.000 per orang. Selain itu, biaya parkir sebesar Rp2.000 per sepeda motor dan Rp5.000 per kendaraan.

Biaya lainnya dapat ditemukan di bawah.

  • Sewa jeep mulai dari Rp 350.000
  • Paintball membayar Rp 40.000/orang.
  • Rubah Terbang: 000
  • Lembah Katresnan: Rp 5.000
  • Taman Bintang 000
  • Naik Paralayang Rp 350.000

Jam Operasional Kebun Teh Kemuning Wisata pertanian kebun teh ini buka Senin-Minggu 06:00-18:00 WIB. Bagi pecinta sunset atau pemburu sunset bisa datang pada pukul 16.00 WIB. Selain sunset, pengunjung bisa menyaksikan sunrise yang sangat mempesona. Jika ingin menikmati matahari terbit, Anda bisa datang pada pukul 04.00 WIB.

Artikel Menarik Lainnya: Tempat Wisata Tomohon dari Valentine Hills hingga Extreme Market

Di mana Kebun Teh Kemuning berada?

Wisata pertanian kebun teh ini berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Solo di Jalan Kemuning, Kabupaten Karanganyar, Ngargoyoso, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 41 km dari pusat kota Surakarta dan memakan waktu sekitar 1 jam 10 menit. Untuk rute terbaik menuju perkebunan teh ini, lihat petunjuk Google Maps.

Perkebunan ini merupakan daerah perbukitan dengan ketinggian bervariasi antara 800 sampai 1500 mdpl dan meliputi luas kurang lebih 437 hektar. Menariknya, pengunjung bisa menikmati pemandangan puncak Gunung Lau dari objek wisata alam di Solo ini.

Jalan menuju tempat wisata Kebun Teh Solo Kemuning dapat ditempuh dengan sepeda motor, mobil dan kendaraan umum. Namun karena merupakan daerah perbukitan, jalan di lokasi sangat berkelok-kelok dan menanjak. Jika menggunakan transportasi umum, pilih transportasi melalui Jalan Karangpandan, Ngargoyoso dan Jenawi.

Satu hal yang perlu diingat ketika bepergian ke tempat ini adalah memakai sepatu jika ada banyak bukit. Bawalah uang tunai yang cukup dan Anda tidak perlu mencari mesin ATM. Jangan lupa untuk pergi berlibur dan bersenang-senang di lain waktu.

Artikel menarik lainnya: Wisata Krabyakan Suwon, Destinasi Terjangkau di Tengah Bukit, Kecamatan Lawang, Malang

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kebun Teh Kemuning Ngargoyoso Atraksi Wisata Pertanian dan Arus Karanganyar

Dari Situs Fikrirasy ID