Bisakah Makan Kacang Menyebabkan Jerawat, Kesalahpahaman atau Fakta?

Fikrirasy.ID – Banyak orang percaya bahwa makan kacang dapat menyebabkan jerawat di wajah. Kacang tanah adalah makanan populer di Indonesia, tapi

Kacang-kacangan diolah menjadi berbagai masakan yang lezat. Misalnya kacang tanah yang bisa dijadikan bumbu kacang, bahkan kacang hijau yang bisa dijadikan sisa snack.

Namun, ada anggapan masyarakat bahwa makan kacang bisa menyebabkan jerawat. Tapi apakah itu benar-benar?

Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita mulai dengan penyebab umum jerawat. Masalah jerawat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari genetika, infeksi, penumpukan keratin, produksi minyak berlebih, hingga stres.

Baca juga:
Makan kedelai sering membuat wanita Asia lebih kecil kemungkinannya terkena kanker payudara

Ilustrasi kacang.  (awalan)
Ilustrasi kacang. (awalan)

Kacang dikaitkan dengan jerawat karena kaya akan lemak dan protein. Padahal, kacang tidak menyebabkan jerawat. Kacang sendiri bisa menjadi camilan bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology, cokelat, kacang-kacangan dan es krim bukanlah penyebab jerawat.

Namun, makan terlalu banyak makanan manis bisa menyebabkan jerawat muncul. Makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat adalah makanan yang tinggi gula dan karbohidrat. Ketika ada kelebihan gula dalam darah, tubuh meningkatkan kadar insulin, memicu produksi hormon androgen dan meningkatkan produksi minyak.

Kacang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti vitamin A, B3 dan B6, C, dan E. Vitamin E menjaga kulit tetap terhidrasi, membuatnya lembut dan melindunginya dari kekeringan.

Baca Juga:  Lihat Keindahan Kaligrafi Bambu Milenial di Desa Rompio – GARUDA TV

Kacang dengan manfaat lebih banyak adalah kacang almond dan kacang mete. Keduanya mengandung asam oksalat, yang membantu menyembuhkan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Kacang mete mengandung selenium dan seng, yang membantu melawan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit.

Baca juga:
7 Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan yang Lezat dan Lembut

Kedelai juga mengandung asam omega-3, yang membantu mempercantik kulit, mencegah peradangan dan mencegah kulit kering.

Kesimpulannya, kacang memiliki berbagai efek menguntungkan pada metabolisme tubuh dan kesehatan kulit.

Karena itu, makan kacang akan membantu Anda menjaga kesehatan kulit. Di sisi lain, makanan penyebab jerawat adalah makanan yang tinggi gula.

Kontributor: Anisa Piani Sisma



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Bisakah Makan Kacang Menyebabkan Jerawat, Kesalahpahaman atau Fakta?

Dari Situs Fikrirasy ID