5 Desa Wisata Yogyakarta Menawarkan Rekreasi Bersejarah dan Edukasi – Fikrirasy.ID

Terletak di kawasan Kotagede, desa wisata Prenggan ini menampilkan rumah-rumah tradisional berarsitektur Jawa-Belanda. Beberapa bangunan di kota wisata ini juga telah ditetapkan sebagai situs cagar budaya. Bangunan bergaya Jawa-Belanda ini sangat cocok untuk mengabadikan foto dan videonya.

Selain mengenalkan bangunan peninggalan Kerajaan Mataram dan Belanda, pengunjung desa Frengan dapat menyaksikan tangan-tangan kreatif pengrajin batik dan perak. Wisatawan juga dapat melihat berbagai pertunjukan seni Karawitan, Jathilan dan Gejong Lesung. Desa Prenggan juga terkenal dengan hidangan legendarisnya, kippo.

Untuk oleh-oleh, wisatawan bisa mampir ke Pasar Tradisional Kotagede. Wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa tempat wisata terdekat seperti Masjid Gedhe Mataram Kotagede, Makam Raja Mataram, Desa Wisata Purbayan dan Situs Warungboto.

Jika Anda mencari akomodasi, banyak hotel dan hostel di sekitar Frengan atau Kotagde dengan harga yang relatif murah mulai dari Rp100.000 hingga Rp300.000 per hari, tergantung fasilitas yang ditawarkan oleh pihak penginapan.

2. Desa Wisata Purbayan

Desa wisata Purbayan dapat dicapai melalui Pasar Legi Kotagede. Di sebelah kanan perempatan pasar adalah arah menuju Desa Wisata Purbayan. Desa wisata ini memiliki beberapa bangunan sejarah dan budaya yang memamerkan arsitektur khas Jawa, serta suasana desa yang asri dan ramah bagi pengunjung.

Berkunjung ke desa wisata Purbayan akan membuat wisatawan serasa kembali ke masa kejayaan kerajaan Mataram. Wisatawan dapat menikmati benteng Cepuri dan Watu Gilang di Desa Ndalem. Wisatawan juga dapat mengunjungi Situs Bokong Semar, Batu Gatheng atau Cantheng, Tembok Pecah Raden Ronggo dan kompleks makam Raja Panembahan Senopati.

Baca Juga:  Wisata Taman Bunga Santerra-Malang Wisata Flora

Dibutuhkan sekitar 2 jam untuk menjelajahi setiap sudut Desa Wisata Purbayan. Wisatawan dapat menjelajah sendiri atau menyewa pemandu lokal di Kotagede yang berpengetahuan luas dan berpengalaman di kota wisata Purbayan.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 5 Desa Wisata Yogyakarta Menawarkan Rekreasi Bersejarah dan Edukasi – Fikrirasy.ID

Dari Situs Fikrirasy ID