Makanan Khas Riau Paling Enak dan Terkenal

Fikrirasy.id – Makanan Khas Riau paling enak dan terkenal ini mungkin belum pernah kamu cicipi, bahkan kamu juga tak pernah mendengar sebelumnya. Jika demikian, hari ini Fikri akan mengajak mu untuk berkenalan dengan makanan khas tersebut. Hal ini berguna agar kamu tak lupa menyantapnya ketika berkunjung ke Riau.

Makanan Khas Riau

Berikut ini adalah deretan makanan khas Riau yang patut buat kamu coba agar bisa merasakan lezatnya kuliner saat berwisata ke salah satu tempat di Riau:

1. Sub Tunjang

Sup Tunjang sendiri merupakan kuliner asli dari Indonesia yang biasanya tersaji bersama kuah yang gurih dan di dukung dengan kaldu dengan aneka rasa. Tunjang, dalam kuliner makanan khas Riau berarti kaldu yang terbuat dari bahan dasar tulang dari kaki sapi. Rasanya sangat khas, bahkan sangat gurih yang mampu membuat kamu tak rela berhenti mencicipi hidangan khas yang satu ini.

Nah jika suatu saat kamu berkunjung ke Riau, sebaiknya nikmati semangkuk Sup ini bersama keluarga yang saat itu bersama mu. Meskipun cuma satu mangkuk untuk bersama, tetap saja Sup Tunjang bisa membuat diri kamu segar kembali setelah menempuh perjalanan jauh.

Meskipun pada dasarnya terbuat dari bahan tulang kaki sapi, tetap saja kamu bisa menemukan sedikit daging yang masih menempel pada tulang tersebut. Uniknya lagi, semua bagian ini sengaja di rendam dalam kaldu yang bercampur rempah-rempah. Akibatnya, kualitas rasanya menjadi sangat empuk dan lembut buat kamu rasakan di lidah.

Tak hanya itu saja Guys, ketika kamu mendapatkan tulang kaki sapi, tentu saja kamu juga akan mendapat bagian sum sum didalamnya. Tentu saja, ini adalah hidangan yang sangat cocok buat kamu yang suka semua bagian dari daging kaki sapi.

2. Gulai Ikan Patin

Gulai yang lezat dengan sajian kuah yang kental selalu identik dengan citra kuliner khas Riau. Sajian makanan khas ini sudah banyak mengundang minat orang, dan bisa dikatakan bahwa ini adalah salah satu makanan khas Riau terkenal dan populer sepanjang masa.

Gulai ini mulanya berasal dari Pekan Baru Riau yang sekarang menjadi sajian khas penduduk setempat. Ikan patin yang sengaja dibiarkan dalam potongan besar membuatnya gulai ini terlihat lebih unik daripada Sup lainnya.

Baca Juga:  Makanan Khas Sumatera yang Bikin Lidah makin Bergoyang

Jika kamu datang ke Riau dan ingin mencicipi hidangan Sup ikan patin, maka kamu dapat membelinya langsung di Resto atau warung makan yang kamu temui di kota Pekan Baru. Tak jarang pula sebagian besar penjual menggunakan campuran kecombrang kedalam sup yang satu ini agar rasanya lebih lezat dan enak buat kamu santap.

3. Gulai Belacan

Kalau orang Jawa datang ke Riau dan mendengar Gulai Belacan, pasti tidak akan membeli makanan khas Riau yang satu ini. Alasannya karena kata belacan sendiri adalah nama kucing liar yang sangat agresif. Bisa jadi, orang jawa menganggap bahwa ini adalah gulai dari seekor kucing tersebut, hehe.

Ops, Tunggu dulu Guys. Jangan salah mengartikan nama Gulai belacan yang satu ini ya. Karena, bahan dasar yang ikut menyertai makanan ini bukan kucing liar seperti yang kamu pikirkan, tetapi udang.

Kamu tahu kan seperti apa rasanya? Jelas sangat nikmat karena biasanya dihidangkan bersama kuah kental dari bahan dasar santan kelapa asli. Pada dasarnya, yang menjadikan gulai ini begitu nikmat adalah kuah yang turut menyertai makanan khas ini.

Banyak bumbu yang berperan kedalamnya yakni kemiri, asam jawa dan lada. Sementara itu, udang yang digunakan terdiri dari dua jenis yakni udang laut dan udang asli air tawar. Semuanya di campur menjadi satu, sehingga menghasilkan gulai belacan yang memiliki citra rasa khas dan nikmat.

4. Gulai Cipuik

Pernahkah kamu mendengar makanan khas Riau yang satu ini? Mungkin masih terdengar asing kan. Nah ternyata, Gulai Cipuik ini adalah hasil olahan Siput kecil Guys. Tentu makanan ini terdengar sangat unik dan sebagian besar orang mungkin akan jijik ketika melihatnya. Namun jangan salah, rasanya sangat unik dan nikmat. Sehingga, banyak pula orang yang terus mencari hidangan ini.

Mungkin terdengar janggal, namun ketahui lah bahwa siput yang digunakan sebelumnya telah di bersihkan sampai benar-benar bersih. Selain itu, proses pengolahan makanan menjadi cipuik ini juga sangat baik. Oleh karena itu, makanan ini menghasilkan tekstur yang empuk dan pas buat kamu nikmati bersama keluarga.

Gulai Cipuik memang terbuat dari bahan dasar yang tak cukup familiar. Namun ketika kamu menikmati makanan khas Riau ini, kamu akan menemukan rasa yang begitu kenyal dan memiliki sensasi berbeda dari gulai lainnya.

Baca Juga: Makanan Khas Bali Kekinian yang Bikin Penasaran

Demikian ulasan dari Fikrirasy.id terkait makanan khas Riau yang bisa kamu pahami. Nantikan update berita terbaru lainnya, sampai jumpa.