Makanan Khas Sumatera yang Bikin Lidah makin Bergoyang

Fikrirasy.id – Banyak jenis Makanan Khas Sumatera yang Bikin Lidah mu makin Bergoyang. Semunya memiliki cita rasa yang berbeda dan tentu saja Lezat. Apakah kamu tahu apa itu? Simak selengkapnya dengan membaca daftar listicle berikut ini.

Saat jalan-jalan mengeksplorasi ke tempat wisata di Sumatera, tentunya kamu akan menemukan banyak sekali pilihan makanan, baik yang besar maupun yang ringan. Nah, selain menatap pesona alam yang indah dan sejuk, kamu juga bisa menikmati salah satu kuliner makanan khas Sumatera yang kamu temui di sana.

Ada banyak opsi yang bisa kamu pilih saat tiba di gerai makanan atau restoran terdekat, beberapa di antaranya telah saya rangkum langsung dalam daftar masakan khas Sumatera di bawah ini.

Makanan Khas Sumatera

Berikut ini sajian makanan Khas Sumatera yang bisa kamu cicipi saat berwisata kuliner ke salah satu tempat:

1. Rendang

Untuk mengawali review sajian Sumatera, saya memilih dari makanan yang tergolong paling legendaris berikut ini; Rendang, ya itu dia nama makanan khas Sumatera yang paling terkenal di sana. Seperti Rendang yang biasa kamu makan di wilayah mu sendiri yakni terbuat dari daging sapi yang selanjutnya di olah menggunakan berbagai bumbu dan rempah-rempah.

Nah ternyata, Rendang Khas Sumatera barat ini pernah masuk dalam peringkat pertama kelas dunia dari nominasi 50 hidangan yang diikutsertakan beberapa tahun lalu. Bahkan, media besar seperti CNN International pernah membahas berita tersebut.

Nah meskipun pada dasarnya Rendang mudah di dapat, tetap saja, rendang asal Minangkabau ini menjadi Rendang paling lezat dan terkenal. Tentu saja semua itu tidak lepas dari rempah-rempah yang selalu menyertai hidangan ini.

Apakah kamu tahu, ternyata rendang khas Sumatera ini selalu memanfaatkan Antiseptik yang terkandung dalam rempah-rempahnya. Hal ini membuat makanan khas satu ini menjadi lebih nikmat dan bertahan sampai sekarang.

2. Sate Padang

Masih setia dengan hasil olahan daging? Kenapa tidak memilih sate padang saja Guys. Nah, sebagian besar masyarakat luas sampai detik ini merasa sulit untuk membedakan mana sate asli dari Sumatera dan mana yang bukan. Tentu saja, semua itu tidak lepas dari bentuknya yang tampak mirip. Sebenarnya sih membedakan antara yang asli dan bukan itu tidak terlalu sulit jika kamu memahami tiga jenis sate asli Padang berikut ini:

  • Sate Padang.
  • Sate Padang Panjang.
  • Sate Padang Pariaman.
Baca Juga:  Makanan Khas Riau Paling Enak dan Terkenal

Ketiga jenis sate di atas memiliki daerah asal yang berbeda dan bahkan bumbu kacang yang menyertai makanan khas sumatera tersebut juga berbeda. Seperti halnya sate padang, selalu identik dengan bumbu saus kacang yang bertekstur kental dan tampak seperti bubur.

Sementara itu, untuk sate padang pariaman di dukung dengan kuah dengan warna merah. Dan terakhir yakni sate padang panjang yang biasanya tersaji bersama bumbu sate kuning. Sangat mencolok sekali kan perbedaan ketiga sate padang di atas? Jadi, jangan salah pilih ya.

3. Lontong Sayur

Sumatera juga punya menu sajian khas bernama Lontong sayur yang tak kalah populer dengan dua sajian di atas. Makanan ini kerap menjadi sajian sehari-hari untuk menu sarapan di Minang. Penggunaan bumbu rempah-rempah dalam sajian ini membuat Lontong sayur menjadi begitu Khas dan nikmat.

Memang lontong sayur saat ini mudah buat kamu temui, namun tentu saja itu tidak senikmat seperti khas Minang yang satu ini. Tahukah kamu, lontong ini selalu disajkan bersama kuah yang kental dan gurih. Tentu saja, ini membedakan antara lontong sayur yang mungkin pernah kamu temui di Jawa Barat yang mayoritas menggunakan kuah encer.

Nah, jika kamu ingin mencicipi makanan khas yang satu ini, setidaknya kamu perlu berkunjung langsung ke tempat tersebut sambil menghabiskan waktu untuk melihat pesona alam di Sumatera.

4. Ayam Pop

Ayam Pop sangat ideal buat kamu pilih saat berkunjung ke Sumatera, dan tentu saja ini menjadi salah satu solusi terbaik bagi kamu yang memang tak suka mengkonsumsi daging sapi. Seperti namanya “Ayam Pop” merupakan makanan khas Sumatera yang berbahan dasar daging ayam. Memang sih terdengar aneh, namun justru karena keunikan tersebut, sajian ini menjadi populer dan membuat banyak orang penasaran dengannya.

Selain namanya yang tergolong unik, warna daging nya pun juga unik lho Guys. Jika pada umumnya ayam yang digoreng akan berubah warna menjadi cokelat, namun ayam pop ini tidak. Warnanya masih tetap sama seperti daging mentah yakni putih pucat meskipun sudah digoreng. Unik banget kan?

Baca Juga: Makanan Khas Riau Paling Enak dan Terkenal

Demikian review dari Fikrirasy.id terkait Makanan Khas Sumatera yang bisa kamu pahami sekarang, jangan lupa nantikan update terbaru lainnya, sampai jumpa.