Makanan Khas Bali Kekinian yang Bikin Penasaran

Fikrirasy.id – Makanan Khas bali yang bisa membuat kamu penasaran dan bahkan bisa ketagihan ketika berkunjung ke tempat wisata di bali.

Sudah tidak asing lagi bahwa bali memang menyimpan banyak pesona alam yang indah, tak heran jika sampai detik ini, waisatawan luar terus memenuhi tempat ini. Namun apakah kamu tahu, selain pesonan dan kekayaan alamnya yang luar biasa, ternyata bali juga menyimpan banyak makanan khas yang patut kamu pertimbangkan.

Tidak ada alasan lain selain rasanya yang begitu lezat dan bervariasi yang mampu menarik minat banyak orang dari semua penjuru wilayah. Nah, jika kamu berwisata ke bali, jangan sampai melewatkan makanan Khas bali ya Guys.

Asalkan kamu tahu saja, bahwa makanan khas bali ini ternyata juga berperan utama dalam menarik wisatawan asing untuk berkunjung ke tempat ini. Yakin, rela tidak ingin mencicipnya?

Sebagai pengetahuan saja; Ternyata, makanan khas bali ini adalah hasil perpaduan kuliner dari budaya kuliner China, Timur Tengah dan India. Akibatnya, bumbu yang ikut menyertai kuliner di tempat ini tidak pernah lepas dari ketiga negara tersebut.

Biasanya, kamu dan orang lain yang mengkonsumsi makanan khas bali akan menemui aneka bumbu termasuk bawang merah, cabai, bawang putih, dan bahkan minyak kelapa sebagai penguat rasa. Makin penasaran kan dengan makanan tersebut? Yuk Simak langsung review Fikrirasy berikut ini!

Makanan Khas Bali

Tak bisa kita sangkal lagi bahwa makanan khas bali memang unik. Bukan hanya sekedar dari kualitas rasa saja, namun namanya saja juga termasuk unik dan sangat asing. Berikut beberapa makanan khas Bali yang perlu kamu cicipi:

1. Ayam betutu

Jika sebelumnya kamu pernah berkunjung ke Bali, tentu ayam betutu sudah tak asing lagi. Namun, sebagai besar masyarakat Indonesia belum memahami apa itu Ayam betutu. Jadi, ayam betutu sendiri adalah makanan hasil olahan ayam yang memiliki cita rasa khas.

Di wilayah bali, Ayam betutu di buat dengan memanfaatkan berbagai bumbu dapur dan bumbu rempah-rempah lainnya. Semua bumbu tersebut ialah: daun jeruk, jahe, bawang merah, bawang putih, kemiri, serai, dan rempah-rempah.

Sementara itu, proses pembuatan ayam betutu biasanya dengan cara di kukus menggunakan daun pisang. Saya pikir, tidak perlu pembahasan lebih detail mengenai proses pembuatannya, karena sudah banyak tersedia di Internet.

2. Sate Lilit

Sate Lilit merupakan salah satu makanan khas Bali yang tak kalah populer selain Ayam betutu. Jadi, ketika kamu berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Baca Juga:  Makanan Khas Riau Paling Enak dan Terkenal

Di lihat dari bentuknya, sate lilit ini memang berbeda dari sate yang pernah kamu temui di abang-abang penjual sate.

Perbedaan ini terlihat dari daging yang di cincang selanjutnya di lilitkan pada batang serai. Nah, biasanya, tusuk yang ikut berperan adalah bambu, namun pada sate lilit ini, justru batang serai sebagai tusuk sate, unik kan.

Sementara itu, bumbu yang digunakan pun berbeda jauh, yaitu memanfaatkan bumbu khusus dari bali yang mana akan menghasilkan cita rasa unik dan nikmat. Tak heran, sate lilit makin di kenal dan banyak orang yang menyikainya.

3. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo masuk dalam daftar makanan khas bali yang biasa di sebut pula dengan nasi campur bali. Rasanya enak dan penyajiannya juga unik yakni di atas daun pisang.

Beberapa orang yang baru pertama melihat nasi jinggo menyebut bahwa nasi ini masuk dalam kategorinasi kucing. Porsinya yang kecil, membuat keduanya semakin terlihat tampak mirip. Namun ketahui lah bahwa kedunya tetap berbeda.

Di Bali, Nasi Jinggo kerap mejadi hidangan khusus pada acara tertentu. Termasuk sajian untuk keagaamaan, meting, atau bahkan kegiatan tertentu di sekitar bali.

Yang membedakan antara nasi kucing dan nasi jinggo ini terlihat dari lauk pauk dan pengemasannya. Misalnya, nasi Jinggo, disajikan langsung menggunakan dau pisang. Selanjutnya, dilengkapi dengan berbagai lauk seperti oreg, ayam suwir dan mie.

Tak hanya itu saja lauk yang ikut menyertai Nasi Jinggo. Biasanya, beberapa penjual menambahkan lauk pelngkap seperti hal nya serung kelapa, dan juga telur dadar potong.

Selain sebagai hidangan untuk acara tertentu, masyarakat bali kerap menjadikan nasi jinggo sebagai sajian sarapan pagi dengan lauk daging sapi bercampur daging sapi.

4. Bebek Bengil

Namanya memang sangat unik yakni bebek bengil, dan makanan khas bali terakhir ini bisa kamu cicipi ketika membutuhkan makanan halal saat berwisata ke Bali.

Selain baik untuk orang muslim, Bebek bengil memiliki rasa yang sangat lezat. Ini merupakan sajian bebek goreng yang katanya berasal dari Ubud, selanjutnya diolah dengan berbagai bumbu khas dengan hasil yang begitu gurih dan nikmat.

Baca Juga: Makanan Khas Sunda Legendaris, Dijamin Bikin Ketagihan!

Demikian ulasan dari Fikrirasy.id terkait makanan khas bali yang begitu populer dan mampu bikin kamu ketagian. Nantikan update terbari lainnya guys, sampai jumpa.