3 Makanan Khas Palembang Yang Tak Pernah kamu Makan Tetapi populer

Fikrirasy.id – Tidak hanya pempek dan sambal tempoyak saja yang populer di Palembang, tetapi ada juga makanan Kahas Palembang lain yang tidak kalah enaknya. Sehingga dengan banyaknya pilihan, kamu bisa membaa pulang aneka makanan Khas yang tak pernah kamu nikmati sebelumnya. Lalu kira-kira apa saja ya Guys?

Mengenal makanan Khas Palembang memang tak bisa kita sepelekan, terutama ketika hendak mencicipi hidangan yang bervariasi.

Palembang ternyata punya banyak makanan berat dan makanan ringan yang tak kalah populer dan enak. Jadi, jangan sampai kamu melewatkan aneka hidangan tersebut yang mana bisa membuat mu semakin penasaran. Terutama ketika kamu berkunjung ke salah satu tempat wisata di kota tersebut.

Atau paling tidak, kamu dapat membawa oleh-oleh dari Palembang setelah berkunjung ke rumah sadara mungkin.

Nah, sebenarnya, banyak jenis hidangan yang bisa kamu pilih. Namun dalam ulasan ini, Fikrirasy hanya akan mengulas beberapa varian saja yang memang populer namun sulit ditemui. Bahkan, di sekitar lokasi kamu tinggal pun belum tentu tersedia aneka hidangan berikut ini.

Makanan Khas Palembang Yang perlu kamu Cicipi

Berikut ini adalah aneka Makanan khas Palembang yang tak kalah populer dan enak yang perlu kamu cicipi saat berkunjung ke kota Palembang:

1. Ikan salai

Ini merupakan jenis makanan ringan yang sebenarnya telah tersedia sejak dahulu yang kini menjadi salah satu makanan Khas Palembang. Mengapa? Meskipun hanya sekedar makanan ringan, iklan salai kerap menjadi makanan khas palembang yang berperan sebagai oleh-oleh bagi sejumlah wisatawan yang bekunjung ke palembang.

seperti namanya yakni Ikan Salai, yang terbuta dari bahan dasar ikan. Namun uniknya, tidak sembarang ikan yang ikut menyertai makanan khas ini, tetapi hanya ikan patin, gabus, atau baung saja yang sering digunakan sebagai bahan dasar. Alasan pemanfaatan jenis ikan tersebut sebenarnya sangat sederhana, yakni karena memang mudah dutemui di sekitar wilayah Palembang.

Sedangkan proses pembuatan ikan salai sendiri tergolong simpel banget. Bahkan tidak membutuhkan waktu lama Guys. Umumnya, pengolahan ikan salai ini dengan cara di goreng hingga kering. Selanjutnya disajikan bersama sambal cocol.

Namun seiring berjalannya waktu, pengolahan ikan salai ini menjadi bervariasi. Kamu dapat menemukan makanan khas Palembang ikan salai yang di oleh dengan cara dibuat pindang, sayur ikan dan bahkan pindang.

2. Lempok durian

Jika kamu baru pertama kali melihat Lempok durian, mungkin saja akan berfikir ini adalah dodol seperti yang pernah kamu temui sebelumnya. Namun dalam kenyataannya itu jelas berbeda, karena Lempok durian ini memiliki warna yang cenderung pekat.

Baca Juga:  Makanan Khas Sumatera yang Bikin Lidah makin Bergoyang

Tak cuma itu saja lho Guys, Bahkan, rasanya pun cenderung lebih manis dan legit di lidah. Sehingga, mampu membuat banyak orang ketagihan ketika mengonsimsi makanan khas yang satu ini.

Yang membedakan antara dodol dan Lempok durian lainnya adalah bahan baku yang mana Lempok durian ini memanfaatkan bahan daging dan buah durian yang kemudian di padu dengan gula. Hmm, kira-kira seperti apa ya rasanya Guys, makin penasaran kan? Makanya, jangan lewatkan makanan khas Palembang yang satu ini.

Proses pengolahan Lempok durian ini juga cenderung unik dan tidak semua orang bisa membuatnya sendiri di rumah. Pertama, semua bahan di campur menjadi satu, selanjutnya di oleh dengan cara dibakar dengan kayu hingga meleleh layaknya karamel.

Selanjutnya, pemanfaatan gula sendiri berguna sebagai pengawet supaya Lempok durian ini tidak mudah busuk. Lempok durian. di wilayah asalnya selalu tersaji dalam kemasan kudapan manis, sehingga kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh Palembang.

3. Kue 8 jam

Namanya memang sangat unik danmembuat banyak orang penasaran. Lalu apa itu Kue 8 jam tersebut? Perlu kamu ketahui, ini adalah makanan khas palembang yang berbentuk kue. Sedangkan nama 8 jam sendiri di ambil dari lamanya proses pengolahan makanan yang satu ini yang mana membutuhkan waktu hingga 8 jam.

Bahan bahan yang selalu berperang dalam pembuatan kue delapan jam sendiri yakni Bubuk vanilla, telur ayam, margarin, susu SKM dan gula pasir. Sedangkan proses pengolahannya dengan cara di cetak langsung pada loyang yang berbentuk kotak.

Bicara soal kualitas rasa, tentu saja kue 8 jam sudah tak tertandingi lagi, sangat enak manis dan kenyal. Tak heran jika banyak wisatawan yang juga melirik makanan khas ini untuk oleh-oleh setelah berwisata.

Selain wisatawan, penduduk setempat sampai detik ini mengaggap bahwa kue 8 jam ini sangat istimewa. Karena tidak semua penduduk lokal dapat membuatnya sendiri rumah.

Namun, bukan berarti kamu tidak dapat menemui kue 8 jam di palembang, justru kamu bisa menemukan banyak porsi kue 8 jam pada saat ada hajatan atau pesta tertentu di sekitar wilayah tersebut.

Baca Juga: 4 Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib kamu Nikmati

Demikian ulasan dari Fikrirasy.id terkait makanan khas Palembang terkenal yang jarang kamu cicipi sampai detik ini, Sampai jumpa.